Thursday, June 23, 2016

6 Alasan Memilih Nissan Grand Livina untuk Mobil Keluarga Saya

Keluarga dengan mobilitas cukup tinggi seperti keluarga saya mau nggak mau membutuhkan mobil yang nyaman. Dulu, motor masih bisa dijadikan alternatif saat kami masih belum memiliki anak. Tapi, sekarang, dengan ada dua anak; yang mana satunya berkebutuhan khusus dan ke mana-mana butuh bawa kursi roda, rasanya motor sudah nggak bisa jadi solusi.

Mobilitas keluarga saya yang tinggi dikarenakan oleh jadwal terapi Aubrey, anak pertama saya yang padat. Jadwal terapi Aubrey adalah lima kali dalam seminggu. Dalam perjalanan menuju tempat terapinya, kadang ia tidur di mobil atau harus saya suapi di mobil saat makanannya belum habis di rumah. 


Otomatis, mobil yang nyaman untuk keluarga, khususnya Aubrey, sudah nggak bisa ditawar lagi.

Dari tahun 2012, beruntung saya mendapat pinjaman mobil dari mertua. Sebuah mobil tipe MPV yang sudah dibeli pada tahun 2011. Mobil berplat nomor B ini dibeli atas nama saudara yang kini sudah almarhum. Tahun ini masa berlaku nomor kendaraan dan STNKnya sudah akan habis dan tentu kami akan kerepotan mengurus perpanjangan. Plus, usia mobil ini juga sudah cukup tua sehingga akhirnya muncul wacana menjual mobil ini dan membeli yang baru.

Wacana membeli mobil baru memang cukup exciting, namun sekaligus membuat kami harus melakukan survey dulu. Kriteria mobil keluarga saya haruslah yang sesuai dan nyaman untuk kebutuhan keluarga kami, bukan sekedar faktor keren nya saja. Safety juga jadi poin penting karena mobil sudah ibarat rumah kedua kami lima hari dalam seminggu. Tapi, kriteria kami tersebut tentunya juga harus dibarengi harga yang masuk akal. Maksudnya, yang pas untuk kantong kami.

Sebelum kami sepakat menjual mobil MPV kami yang sekarang, kami (saya, suami, dan mertua) merasa perlu mencari pilihan mobil sampai klik dulu. And we did the searching already by googling. 

Poin-poin kriteria dan budget membuat kami sepakat menjadikan Nissan Grand Livina Mobil Pilihan Keluarga.

Well, sebenarnya kami membuat tiga pilihan. Just in case saja kalau ternyata nanti Nissan Grand Livina sebagai top priority kami harus indent cukup lama padahal kami segera butuh. Tapi, semoga sih enggak ya.

Mertua saya adalah orang di keluarga kami yang paling mengerti soal mobil dan spesifikasinya. Jadi, beliau lah sumber kami berkonsultasi. Berikut adalah poin-poin yang membuat kami klik dengan Nissan Grand Livina sebagai mobil keluarga:

1) 4 Lounge Mode

Yang jadi concern penting buat kami adalah area kabin harus cukup luas supaya barang bawaan kami bisa terangkut. Dengan fold down 3rd row, kami bisa melipat kursi paling belakang sehingga ruang bagasi jadi lebar. Kalau hanya untuk tujuan terapi ke rumah sakit dengan penumpang saya, Aubrey, dan driver, fitur ini akan terasa biasa. Tapi, kalau saya pergi sekeluarga dengan penumpang saya, suami, Aubrey, Aiden (anak kedua saya - 9 bulan), dan ART, fitur ini akan terasa sangat membantu. Mengapa? Karena saat kami bepergian sekeluarga, bagasi harus bisa memuat kursi roda Aubrey dan stroller Aiden.

Nah, kursi roda dan stroller ini jadi bawaan wajib jika bepergian dengan seluruh anggota keluarga

Jika bepergian sekeluarga kami untuk kepentingan belanja bulan, berarti bagasi harus muat untuk kedua hal tersebut plus barang-barang belanjaan.



2) Sliding-Folding 2nd Row Seat with Arm Rest & Cup Holder

Fitur ini saya rasa akan mempermudah rutinitas menyuapi Aubrey di dalam mobil. Biasanya saya mengemas makanan Aubrey dalam wadah berbentuk cup yang ada tutupnya supaya nggak terlalu makan tempat dalam tas. Dengan membawa makanan Aubrey memakai wadah berbentuk cup, saya bisa menjejalkannya ke kantong tas samping atau depan sehingga bagian dalam tas nggak terlalu padat. 

Wadah makanan anak-anak saya bentuknya cup seperti ini

Mobil MPV kami yang sekarang nggak punya sliding-folding arm rest and cup holder, jadi kadang-kadang tangan saya terasa pegal saat menyuapi Aubrey di mobil karena satu tangan pegang sendok dan satu tangan pegang cup wadah makanan. Selain itu, juga terasa riweuh karena saya harus sesekali mengelap ceceran makanan di area mulut dan dagu Aubrey (refleks mengunyah Aubrey belum begitu baik). Riweuhnya karena dua tangan saya sudah pas untuk memegang sendok dan wadah sehingga kalau ada ceceran makanan di dagu, saya harus meletakkan salah satu dulu untuk ambil tissue lalu menyeka ceceran makanan itu, kemudian lanjut menyuapi lagi. Pernah saya nggak langsung mengelap dan kuah nasinya menetesi car seat belt sehingga jadi malah makin PR lagi untuk membersihkan car seat.


Makanya fitur ini buat saya menjadi poin penting. Dengan fitur ini, wadah makanan bisa saya letakkan di cup holder sementara saya hanya pakai satu tangan untuk menyuapi sementara tangan satunya lagi lebih bebas bergerak dan sigap mengelap mulut atau dagunya.


3) Video System

Wah, fitur ini adalah poin yang bikin saya excited, lho. Mobil MPV kami saat ini nggak memiliki fitur ini. Yang namanya anak-anak, pasti ada kalanya rewel di jalan ya. Apalagi anak dengan kebutuhan khusus itu lebih sensitif emosinya. Di perjalanan menuju rumah sakit untuk terapi, kalau Aubrey rewel, saya harus menyetel animasi atau kartun supaya ia terhibur. Kerewelannya harus segera distop karena kalau rewel berkepanjangan, bisa-bisa moodnya berantakan saat terapi dan sesi terapi menjadi kurang optimal. Selama ini saya hanya menunjukkan animasi lewat gadget saya, tapi pegel euy kalau harus memegangi terus, sementara Aubrey belum bisa pegang sendiri.

Nah, makanya dengan video system ini, Aubrey akan bisa mendapat hiburan jika ia rewel tanpa saya harus berpegal-pegal ria. Saya sudah kebayang bakal menyimpan animasi apa saja di flash disk nantinya. Hehehe.



(Untuk kenyamanan anak-anak, tiga hal di atas yang paling saya perhatikan, karena saya kurang paham tentang spesifikasi lain yang menyangkut safety atau performa. Jadi, alasan-alasan selanjutnya adalah buah pemikiran suami dan mertua saya, ya).



4) Dual SRS Airbag

Saya baru ngeh, ternyata mobil MPV kami selama ini nggak punya airbag sama sekali.


(Kami menyebut mobil kami dengan sebutan tkv karena tiga huruf belakang platnya bertuliskan tkv).

Padahal, airbag itu penting sekali ya, kalau-kalau ada accident yang nggak diinginkan. Jadi, menurut suami saya, fitur dual SRS airbag di Nissan Grand Livina ini jadi poin unggulan kalau dibandingkan dengan mobil kami sekarang.


5) Anti-Lock Breaking System (ABS)

Saya ingat mertua saya sering sekali bilang (sambil agak jengkel),

"Zaman sekarang, kalau mau selamat di jalan itu nggak cukup cuma dengan hati-hati aja. Karena kadang kita nya udah hati-hati, tapi ada pengendara jalan lain yang ngawur dan kita kena imbasnya!"

Mau nggak mau, saya membenarkan omongan mertua karena saya dan suami pernah mengalami kejadian pengendara jalan lain ngawur dan kami kena getahnya. Jadi kejadiannya saat itu selepas maghrib. Kami on the way ke dokter syaraf anak langganan untuk konsultasi bulanan Aubrey. Tiba-tiba tanpa kami duga, ada motor nyelonong ke depan kami karena hendak putar balik. Gila! Kami benar-benar sudah hampir menabrak pengendara motor ngawur itu. Sumpah, demi apa pun, kejadian ini nggak saya ada-adakan. Untung, suami saya masih keburu mengerem, walau setelah ia mengerem laju mobil kami sempat jadi oleng-oleng (maaf, saya nggak tahu istilah tepatnya). Intinya ban mobil kami sampai berdecit-decit dan laju mobil kami jadi agak miring-miring.

Sampai sekarang, saya masih dagdigdug kalau ingat pengalaman itu. Puji syukur banget, kami masih diberi selamat nggak menabrak si pengendara motor. Coba, kalau sampai beneran nabrak, gimana? Mobil kami nggak ada airbag sama sekali. Laju kendaraan juga jadi oleng-oleng saat direm mendadak. Plus, pasti kami yang ketiban pulung karena di mana-mana selalu mobil yang disalahkan walaupun motor yang ngawur. Ya kalau hanya disalahkan saja, lhah kalau si pengendara motor luka parah, gimana? Wong dia dengan cerobohnya nggak pakai helm kok, padahal di jalan raya besar lho, saudara-saudara!

Nah, dengan anti-lock breaking (ABS) ini, semoga keselamatan kami semakin terjaga karena ABS Nissan Grand Livina akan memompa rem puluhan kali saat ada rem mendadak agar roda nggak mengunci sehingga laju mobil pun tetap under control.



6) Harga Masuk Akal

Budget kami untuk membeli mobil tipe MPV adalah di angka sekitar 200 juta-an, dengan tambahan dari menjual mobil lama kami. Untuk MPV dengan spesifikasi dan fitur seperti yang dimiliki oleh Nissan Grand Livina, saya rasa harga (mulai) Rp. 200,900,000 (mengacu pada website Nissan Indonesia) adalah harga yang pantas dan masuk akal. Ini poin yang nggak boleh ketinggalan. Kalau kita sudah mengincar mobil tertentu tapi ternyata budget nggak sesuai kan malah membuat kita baper, kan.

***

Nah itu lah 6 alasan utama saya lebih condong memilih Nissan Grand Livina untuk mobil keluarga saya sebagai ganti mobil kami saat ini.


Saya bertambah mantap karena testimoni dari teman saya ini. Kebetulan anaknya juga memakai kursi roda, jadi saya merasa cocok tanya-tanya pada beliau.


Ke-6 alasan tersebut saya rangkum dalam ilustrasi berikut:


Saat ini hanya tinggal getol mengiklankan mobil lama kami sambil lanjut menabung supaya kami bisa memiliki mobil yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan kami.

Incaran saya yang warna putih seperti ini

Doakan ya, supaya cepat laku. Hehehe.

Ada kah yang punya pengalaman hendak membeli mobil baru? Biasanya poin-poin apa saja yang menjadi bahan pertimbangan kalian? Share yuk.


^____^



Love,







*Postingan ini saya tulis berdasarkan opini personal keluarga saya yang membandingkan Nissan Grand Livina dengan mobil MPV kami saat ini dengan tambahan informasi yang bersumber dari website dan media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube) Nissan Indonesia untuk diikutsertakan pada Nissan Jago Nulis Blog Competition*



39 comments:

  1. aku mobil juga masih pinjam, Mi... hehe
    tapi kalau sekarang buat keluarga aku, mobil belum pokok2 banget
    masih bisalah pakai motor, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, kalo anak 1 dan apalagi sehat ceria seperti Juna, masih bisa pakai motor ^^

      Delete
  2. Aku juga pakai Nissan, mba. Aman dan nyaman. Tapi aku pakai yang Nissan March :) Sukses lombanya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mbaaaa. Amiinn. Doain ya, hihihi

      Delete
  3. Aduuuh, Livina ini beneran kece mempesona tiada tara lahhh
    Adik iparku juga punya anak yg aktif banget, dan doi hepi pake Livina, karena membantu parents masa kini :)

    Thanks for sharing ya :)

    ReplyDelete
  4. ternyata keren yah, smoga ada rejeki juga biar bisa beli juga kyk mami ubi.. aamiinnn.. hihi.. berhubung masih berdua, alhamdulillah mobil yg skrg masih bisa bantu mobilitas jauh, krn kalo yg deket kita lbh milih naik kereta atau kendaraan umum lain.. you know jakarta XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinnn uni Nisa! Amin amin, semoga yah. Iyes, Jakarta, never ending traffic jam yah, Uni. Huks. Pukpuk. I feel you!

      Delete
  5. Wah wah wah...baca postingan ini kok saya mulai galau wkwkwk...
    Galau untuk pindah ke Livina (meski sama sama ngincer Nissan)
    Semoga sukses lombanya yaa mami Ubii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Aya ngincer Nissan yang mana nih? :D

      Delete
  6. detail pisannnnn, sesuai banget buat kalian! didoakan semoga cepat laku mobilnya dan bisa ganti sama Nisan Livina. Yeaayyy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin, Kak Ayu, haturnuhun doanya. Atau Kak Ayu minat nih beli mobil kita? Xixixixixi *modus*

      Delete
  7. semoga cepat laku mobilnya dan dapat yg baru :-)

    Aku jg naksir sama nissan grand livina, bentuknya cakep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn, makasih Mba Lia dibantu doa. Iya bentuknya kece yaaaaa. Buat family oke, buat ngeceng juga oke hahaha *emang kita masih butuh ngeceng?!*

      Delete
  8. Cakep cakep cakep lengkaaaappp. Jadi pengen beli livina juga iiihhhhhh. Makasi infonya ya mami Ubiiiii. Good luck ;)

    ReplyDelete
  9. Good luck, Mami Ubii..useful banget reviewnya.. :)

    ReplyDelete
  10. Semoga mbl lama segera laku dan mobil impian cepet kebeli ya mak. Bulan ini mbl baru suamiku udh masuk garasi rmh...pertimbangan ganti mbl sedan dia ke mobil MPV yg baru krn mobil buat wara wiri yg biasa aku pake, city car mungil. Kami butuh mobil besar yg muatnya banyak, nyaman buat bepergian jauh sprti mudik lebaran. Trus selera jg...itu pertimbangan saat ganti mobil mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuu, Mba Ir dibantuin doa. Amiinnn. Mobil sedan emang anggun ya. Aku juga suka banget liat mobil-mobil sedan. Sayang buat keluarga yg anaknya masih kicik-kicik kayak aku, nggak cucookk T___T

      Delete
  11. Semoga mobil yg lama cepet laku 😊 dan semoga menang lombamya😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinnn!! Semangat banget nih ngaminin doanya. Hehehehe. Makasih ya mba Ritaaa ^^

      Delete
  12. Terjawab sudah kenapa kemarin ada postingan foto mami ttg mobil. Rupanya mami lagi cari mobil. Miga dilancarkan dan dipermudah 'jodoh'nya dengan grand livina ya mi. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahaha duh jadi malu akika. Itu salah settingan, lupa dibikin private T___T Amin doanyaaa tengkiyuuu mak Dibaaa :*

      Delete
  13. Mobil idaman keluarga kecilku juga ini, pas dan lega. Awal mupengnya karena sering nebeng sama temen yang mobilnya Livina juga,hahaha. Ah, iya, kesannya juga mewah ya mobil ini.
    Goodluck untuk lombanya, Mamii :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku awalnya juga karena liat Livina tetangga hahaha. Ternyata jatuh cinta beneran. Thanks yaa nyak Rotun :*

      Delete
  14. Mak ges, astaga saya sukak sekali infografisnya!!
    Dan nissan ini ABS nya menurut saya bagus banget ya, inovasi yang baik. Terus pas banget untuk keluarga kecil maacam kita nih punya dua anak dan segudang bawaan :D harganya pun masih masuk diakal ya..

    Semoga laku cepeet ya mak mobilnya bisa ganti yang ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMiinnn doanya, Mak Ranny, thanks ya. Yuk yuk dibeli dibeliii :p

      Delete
  15. Grand Livina ini mobil impianku banget mbak Ges, apalagi yang warna merah marun itu cantik banget. Semoga suatu saat bisa dimampukan buat beli ini. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku naksirnya sama yg warna putih. Entah kenapa sukaaa banget kalau lihat mobil warna putih, meskipun katanya jadi gampang keliatan ya kalau kotor? Amin, semoga rezeki kita dilancarkan untuk beli mobil impian ya mba Riska :)

      Delete
  16. hahahaha...ngakak baca "matek" . aku belum nyoba naik livinaaa..ikuttttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau ikut, ke Jogja dulu dooonggggggggg :P

      Delete
  17. emang enak naik livina *nebeng kmana mana sama Livina nya Mba Alaika hahahah.
    aku belom kepengen beli mobil mak, masih cinta ngojek hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buahahah mba Alaika mobilnya Livina ya ternyata? Tau gitu aku juga ikut nebeng :p Teh Hani apa kabar? Kangen euyy!!

      Delete
  18. mbl bapakku jg nissan grand livina hws...
    wah cepernya itu lho cocok buat abege sevel.. tp bpkku gayanya seperti abege maunya mobil yg ceper...
    pokokny mantap deh pake livina..
    tp sygnya 1 si livina jarak kaki untuk tmpt dudukny trllu deketan. jd klo mudik atau jalan jalan jauh dan penumpang bnyk pegel ampun deh kaki.. tp all out semua okelah livina itu...
    pelayanan service ny di showroom ny jg bgs.. malah suka di ksh welcome drink n snack gitu. lumayan buat ganjel perut..hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu malah cocok buat penumpang pendek macam aku, hahahaha. Oh ada welcome drink and snack gitu ya di showroom? Asik banget, bener tuh lumayan buat ganjel perut sambil nanya-nanya mobil. Hahaha. Bapaknya gaul pisan euy. Salam untuk bapak ya, mba Hayu :)

      Delete
  19. Wah... semoga saja tercapai impiannua utk memmiliki mobiltersebut ya, Mami...

    Apalagi memudahkan Ubi ketika berada di dalam mobil. kerenbanget nih Grand Livinanya, mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin aminnn, semoga. Biar bawa-bawa barang anak-anak juga makin enak. Thanks doanya ya mbaaaa. Nanti kalo udah rezeki, aku ajak jalan-jalan deh :p

      Delete
  20. Semoga cepet nyusul punya All New Grand Livina warna putih mbak... terutama yg CVT biar lebih nyaman kemana2.. ^_^

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...