Tuesday, June 7, 2016

Book Launching dan Review: Montessori di Rumah

Untuk ibu-ibu pecinta metode Montessori, mungkin sudah pada familiar yah dengan Elvina Lim Kusumo pemilik akun IG @indonesiamontessori. Mama Caleb yang akrab saya panggil Ci Vina ini adalah pendiri IMC atau Indonesia Montessori Club. Selama ini mungkin kita menyerap ilmu dan informasi dari Ci Vina melalui IG atau website nya di www.indonesiamontessori.com.

Kini kita juga bisa belajar banyak tentang Montessori dari Ci Vina lewat bukunya yang baru saja launching Sabtu (4 Juni 2016) lalu. Puji syukur, saya berkesempatan hadir di acara book launching nya. Seneng banget bisa ketemu langsung sama sosok mama yang saya kagumi selama ini. 


Dan di postingan ini, saya kepengin cerita tentang buku nya yang berjudul Montessori di Rumah.

Kira-kira bulan Mei gitu kalau nggak salah, Ci Vina sudah menyampaikan undangan untuk hadir ke acara book launching nya. 


Awalnya saya nggak yakin bisa datang (walau kepengin banget nget nget!) karena kan acaranya di Jakarta sedangkan saya di Jogja. Jodoh tuh nggak ke mana yah. Ndilalah tanggal 3 Juni nya saya malah dapet tawaran jadi guest speaker di talkshow tentang pencegahan penyakit di Jakarta Pusat.


So I could come! Hurray!

Rencananya saya bakal dateng pukul 11 pagi saat Ci Vina mulai mengisi talkshow. Sayang banget, saya telat sekali datengnya karena saya dan Adit nyasar. Padahal kami sudah pakai Waze loh, tapi bisa gitu kami nyasar dan cari puteran balik susahnya bukan main. Adit memang baru per Januari di Jakarta, jadi dia masih nggak paham jalan. Hiks. I'm so sorry ya, Ci Vina... T___T

Sampai di lokasi, rada ribet pula cari parkiran. Jadi makin lama. Pas saya dateng, sesi talkshow Ci Vina udah kelar T___T


THE EVENT

Dan pas saya sampai lokasi, wuih rame banget di dalam.

Rame banget!

Ada backdrop gede untuk foto di depan pintu masuk.

Goodie bag nya lucu banget. It says: Keep Calm & Follow The Child

Tapi saya nggak mau ketinggalan buat foto bareng Ci Vina dong yah. Foto bareng sambil pegang buku, checked!

Minta tanda tangan, checked!

I got my book signed! Yeay!

Saya memang nggak banyak ngobrol dengan Ci Vina di sana karena banyak ibu lain yang juga antre untuk bisa foto bareng. Kami cuman bisa say hi dan chitchat sebentar banget. But, I can tell that she is really really smart and humble. Plus, she is really beautiful, too! 

Ci Vina's signing her book

Ternyata di sana ada banyak hal yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Ada banyak booth jualan mainan dan promosi sekolah.

Salah satu booth yang jual mainan edukatif

Ada juga playground, area untuk mewarnai, dan main-main untuk anak-anak. Jadi, anak tenang ibu senang deh kemaren itu.

Playground was supported by Bebeclub
The exciting playground area
Kids can do coloring in this corner

Saya juga seneng karena bisa ketemu beberapa teman yang selama ini cuman saya tau di dunia per-IG-an. Thank you mommies sudah menyapa dengan amat sangat ramah. Seneng banget bisa ketemu kalian in person!

@momopururu, @bungacecillia, @bolinbee, @dewitampenawas, @florencemayasari, @verryc, @wiekecunardi, @marsiamarvin - Friendly and great moms that I met, you can say Hi on their IG ^^
@haloibu.id, @karmenitaridwan - Lovely energetic mommies!
Ini pasti tau siapa. Doc cantik di dr. OZ ^^

Besoknya saat saya flight balik ke Jogja, langsung deh saya baca buku Montessori di Rumah. And let's have a little bit of a review now.


THE BOOK: Montessori di Rumah

Bahas judulnya dulu yah. I think Ci Vina is really smart in choosing the title for her book. Montessori di Rumah itu kan selama ini sudah ada hestek nya di IG. Jadi para pengikut setia Ci Vina, pasti sudah familiar banget sama frasa ini. Cek aja deh #montessoridirumah di IG, sudah ribuan banget posts nya.

Tampilan buku nya keren banget! Didominasi warna orange yang (kata Ci Vina di pengantarnya) ditujukan agar para pembaca merasakan atmosfer ceria dan semangat, saya memang jadi beneran ngerasa excited saat buka-buka bukunya. Buku ini full color. Jadi gambar kegiatan atau aparatus Montessori yang ingin ditunjukkan Ci Vina menjadi bisa kita nikmati dengan jelas. Cool!

Tentang konten nya. Ci Vina nggak serta-merta jembrengin macam-macam kegiatan Montessori dalam bukunya. Instead, dia kasih penjelasan dulu tentang sejarah metode Montessori ini, Montessori itu seperti apa sih sebenernya, dan juga pemahaman sederhana tentang poin-poin yang dipegang teguh dalam metode ini. Kita jadi bisa ngerti seluk-beluknya sebelum mempraktikkan deh. Bahasa yang Ci Vina pakai ringan kok. Very much understandable. 

Setelah penjelasan blablabla tentang Montessori, baru lah Ci Vina masuk ke ragam aktivitas Montessori. Ini nih bagian yang paling bikin excited. Bawaannya langsung kepengin buru-buru praktik di rumah sama anak. Hehehe.

Banyak kegiatan Montessori yang diulas sama Ci Vina, lengkap dengan gambar sehingga kita nggak bingung-bingung membayangkan. Beberapa kegiatan pernah saya lakukan dan ulas juga loh di blog Diari Mami Ubii ini! ^__^




SNEAK PEEK

Supaya nggak penasaran, saya kasih sneak peek nya yah:

Daftar isi. You can check what's inside the book from this ya.
4 tahap perkembangan anak, ilmu penting nih.
Salah satu contoh kegiatan Montessori. You can see that it goes with picture.
Ilmu baru juga nih.
About Elvina Lim Kusumo
What public figures say about the book

Total ada 55 kegiatan Montessori yang diceritakan Ci Vina di buku ini. Tapi, saya sengaja cuman kasih sneak peek 1 kegiatan aja ya supaya nanti mommies bisa belajar langsung about the rest directly from the book ^___^

Kepengin belajar Montessori? Buku Montessori di Rumah ini adalah a must have item then. I guess buku ini cocok juga dijadikan kado untuk para orangtua, guru, dan pemerhati anak.

Buku Montessori di Rumah ini dijual seharga Rp. 135.000 (belum ongkos kirim). Kalau mau order langsung ke Ci Vina, sila ke http://indonesiamontessori.com/beli-buku-montessori-di-rumah-elvina-lim-kusumo/ yah. Grab yours!

Sementara menunggu beli bukunya, kalau kepengin coba-coba beberapa kegiatan Montessori, boleh loh mampir ke postingan saya. Hehehe, teuteup yah.

Apakah kalian juga suka melakukan aktivitas Montessori sama si kecil, moms? Paling suka kegiatan apa nih? Boleh yuk share sama-sama.

Sharing is caring! ^___^


Love,






16 comments:

  1. Aku dtg on time tp cabut duluan. Jd ga tau klo ada byk tmn2 disana. Isi bukunya menarik yaa.. bisa jadi contekan banget. Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, pantes nggak ketemu. Semoga next time bisa kupdaran sama mbak Jade Ayu ^^ Iya bukunya kereeennnn bangeett. Kayak kitab suci parenting hahaha.

      Delete
  2. Sayangnya acaranya bentrok sama acara workshop masak yang aku udah daftar duluaaannn. Huhuhhuuuu. Padahal aku tertarik banget nih sama montessori giniii. Sekarang tapi ank-anak dah gede sih dah pada main berdua, *emang mamanya aja males ngajak main x)* Bukunya dijual di gramed nggak sih mam? Kan aku jadi bisa ngelongok isinya dulu kalo dijual di gramed. Hihihii. Makasi reviewnya ya mami Ubiii <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih dijual karena ini terbitan Esensi, coba aja intip ke website Gramed, maakk ^^

      Delete
  3. Kalau saya sebatas tahu dulu, belum bisa praktek sama anak, cari bapaknya dulu.. hahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, semangat mencari bapakkk. Semoga nanti si bapak juga semangat diajak montessori :p

      Delete
  4. Wah perlu nih punya bukunya, berapa ya harganya? keren deh bukunya ya

    ReplyDelete
  5. Iiihh...jadi mupeng deehh...
    Kayanya bakal butuh banyak aktivitas, secara di rumah banyak anak wkwkwkwk
    TFS mami Ubii

    ReplyDelete
  6. Makasi sneak peak nya yaa Mami Ubii, worth it bgt ya bukunya, krn harganya msh terjangkau tapi muatannya premium. Masuk list belanja bulan depan ah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, setuju. Untuk konten sebermanfaat dan sekaya ini, harga segitu masuknya terjangkau banget. Apalagi full color dan kertasnya glossy bagus juga loh :))

      Delete
  7. waaah, lengkap sekali ulasannya. aku nyesel banget gak nitip kemarin sama emak2 yg dateng. sedih juga ngga bisa dateng, tapi ngga sedih karena ngga kepoin IG yg pada posting acara hari itu. meski ternyata senin masih nemu postingan hr sabtu dan terpaksa ngepoin dan jd sedih lagi :D
    salam kenal mom grace, aku akrab sama kun IGnya, aku jg emak2 IG jg:

    @e.mahmudah
    @kelontong_elok

    salam kenal yah! dan makasih banget tulisan ini sangat membantu pas lagi cari dafsi bukunya ci vina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaahhh, Bunda Rizma abis seneng bisa ngepo malah jadi syedih lagi yah. Hihihi. Cepcepcep mbaakk. Yg penting bukunya bisa diorder jadi tetep bisa punya :D Salam kenal juga ya, Mbaakk. Kayaknya aku udah follow deh, tapi kalo belum, nanti aku follow ^^ Glad to know this post can be useful :D

      Delete
  8. Mami ubi, masih ada gak ya bukunya di gramed? Hehe telat nih, baru punya anak, jd baru tau 😂 atau ada aku bisa beli online? Thank you

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^