Wednesday, June 27, 2018

Nanny 101

Hai gengs. Jadi Minggu malem kemarin saya stories banyak banget tentang nanny karena abis terima banyak DM yang nanyain agennya Mbak Nur itu di mana, job desc nanny di rumah saya itu apa aja, etc. Terus saya sayang aja kalau storiesnya nggak sekalian diabadikan di blog hahah.


So I wanna compile them here yah. This post is just a compilation of nanny related posts. Klik judulnya kalo mau baca.

Ibu Yang Menitipkan Anak Pada Pengasuh

Tentang mengapa sih kita harus judge ibu-ibu yang hire pengasuh untuk momong anak as mothers yang nggak sepenuhnya menjalani peran ibu? Serta beberapa tips menjaga bonding dengan anak walaupun misal anak lebih banyak sama nanny ketimbang sama ibu.


Tentang beberapa parenting rules yang beda antara ibu dan pengasuh. Kadang ada intervensi dari pengasuh yang nggak cocok sama ibu. Lalu anak jadi menganggap pengasuh lebih 'asyik' karena lebih longgar rules nya.



Tentang pertanyaan-pertanyaan yang bisa kamu tanyakan saat interview calon nanny sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk hire dia. Ibaratnya, biar nggak beli kucing dalam karung banget.


Udah jelas kan tentang apa, lol. Specifically, tentang apa saja yang bikin saya ngerasa cocok sama Mbak Nur.

Kesepakatan Pola Asuh Antara Orangtua Dan Nanny

Tentang saya yang ngejembreng parenting rules di dalam kontrak kerjasama dengan Mbak Nur agar pola asuh kami pada Ubii dan Aiden lebih kompak. Dan kenapa sih butuh kompak juga sama nanny.



Sharing yang di Instastories, saya tulis ulang beberapa poin yaa.

Banyak loh yang bilang pengin ambil pengasuh dari agen tempat saya ketemu Mbak Nur biar bisa dapet babysitter yang sebaik dan setelaten Mbak Nur. Oke, saya nggak masalah kok menginfokan nama agennya. PT Esma Aliya Utama. Untuk kontaknya silakan googling.

But I have to make this clear:

Saya cocok sama Mbak Nur itu karena ngepasin / I'm lucky / dia personalnya baik. Jadi bukan lantas jaminan kalo ambil dari agen tersebut maka sudah pasti akan dapet yang baik. Soalnya dulu saya pernah ambil pengasuh dari agen itu dan mertua saya juga pernah ambil ART dari situ, ternyata ga cocok dan kurang baik. 

Sebaliknya, temen saya yang ngambil nanny dari agen itu juga ada dapet yang baik dan super telaten.

So my point is:

Jangan jadi expect too much. Takutnya kalian jadi berlebihan ekspektasinya. Padahal pengasuh atau ART itu cocok-cocokan dan balik lagi ke orangnya masing-masing.

Saya juga share di stories kalo saya bikin kontrak kerjasama sendiri. Selain hal pokok seperti gaji, jatah day off, dan jam kerja, saya juga ngelist hal-hal lain di kontrak kaya ini:

💁 T&C Mbak Nur dalam me time yang keluar rumah. Boleh keluar start jam berapa dan jam berapa sudah harus kembali. Me time dia itu latihan silat (atau karate yah, pokoknya ciat ciat deh).

💁 T&C dalam me time di luar kegiatan rutin, kalo misal komunitas silatnya ada event yang lamaan atau nginep gitu, maka dia harus inform aku H- berapa.

💁 Ketentuan uang lembur. Ini biasanya applied kalau aku ke luar kota nitip anak. Aku statue juga di kontrak nominalnya sekian kalau jaga satu anak, dan nominalnya sekian kalau jaga dua anak. Jadi dibedain karena pasti capeknya beda kan ngejagain satu dan dua anak itu.

💁 Ketentuan nominal yang aku berikan untuk kepentingan berobatnya dalam satu bulan, kalau sakitnya perlu ke dokter. Dan state bahwa ini tidak bisa diuangkan.

💁 Fasilitas yang berhak dia dapatkan seperti obat-obatan harian (parasetamol, madu, tolak angin, sari kurma, vitamin C, etc), toiletries (including lotion dan pembalut), wifi, pinjaman motor, dan pijat badan sebulan sekali barengan kalau saya pas manggil jasa pijat. Ini masuknya ke pasal hak tenaga kerja.

💁 Kewajibannya apa aja juga saya state di kontrak dengan detil.

💁 State that she works for me, BUKAN untuk keluarga saya yang lain. Jadi kalau misal orangtua/mertua saya menyuruh dia melakukan sesuatu, ya inform ke saya dulu. Atau, rules orangtua/mertua saya selaku eyang ke cucu nya beda sama rules parenting saya, ya maka ikuti rules saya, BUKAN rules mereka.

💁 Parenting rules, do's and don'ts dalam pengasuhan anak-anak biar kompak.

Enaknya dengan ada kontrak yang jelas dan detil begini adalah:

💕 Semua jadi jelas. Jobdesc utama dan sampingan apa saja. Apa yang saya harapkan, apa yang saya appreciate, yang saya tidak berlakukan, etc. Nggak perlu lagi dikit-dikit ngasih tahu hal baru sehingga terkesan cerewet atau demanding karena kan semua udah distate di kontrak. Jadi tinggal mengacu aja pada kontrak. Saling ngingetin.

💕 Parenting rules yang saya state di kontrak juga efeknya baik buat saya. As a reminder biar saya juga lebih disiplin melakukan. Misalnya, saya state Mbak Nur harus mengajak Aiden beresin mainan. Ya otomatis saya JUGA harus melakukan dong. Kan malu dan lucu masa saya nyuruh orang lain tapi sendirinya nggak lakuin juga.

💕 Poin hak tenaga kerja, I think, bisa bikin Mbak Nur ngerasa appreciated sesuai porsinya dan tidak bikin aku semena-mena. Misal dengan 'seenaknya' nitip anak lalu saya tinggal nginep tanpa saya kasih extra bonus/uang lembur dengan dalih "kan nanny emang tugasnya jaga anak, wajar dong aku nitip-nitip."

💕 Hak untuk me time juga biar dia tahu bahwa dia dimanusiakan, bahwa saya ngeliat dia as a human being yang butuh hiburan juga. Bukan sekedar robot yang harus selalu stand by hanya karena saya membayar dia.

💕 And most importantly, supaya dia juga tetap paham bahwa meskipun ada waktu me time dan fasilitas, tetap ada certain rules yang berlaku di rumah ini.

Nah terus jadi banyak yang ngisi poll kepengin sof copy kontraknya seperti apa, pengin nyontek. Boleeehh. Saya upload ke Google Drive nih, soalnya kalo kirim email atu-atu ribet daripada molor-molor. Silakan download sendiri aja ya.

DI SINI.

Tips: Kasih waktu pada pengasuh/asisten untuk membaca dan memahami semua poin dalam kontrak. Kalau perlu, duduk bareng, bacakan satu per satu poinnya sambil dijelasin, lalu tanya mereka udah paham atau belum, baru sign.


Apa lagi yaaa. Itu dulu deh. Sebenernya saya jawab-jawabin juga sih beberapa pertanyaan yang nanny related via DM di Instastory, tapi capek ya bok nulis ulang hahaha. Cek aja ya di Instagram. Udah saya compile di Highlight kok. Search "NANNY 101" di Highlight IG @grace.melia yak cus.


Mau tips-tips ringan biar pengasuh atau asisten betah kerja di rumah?

Mau nggak?

Mau nggak?

Mau?

Beli buku Indahnya Susahnya Jadi Ibu yaaa makanya! HAHAHAHAHA PROMOSI TETAP JALAN YA GENGS. Soalnya di situ udah saya jembreng tuh tips-tips nya di Part 12 Daycare and Nanny. Di situ, juga ada tips-tips cari daycare dari Icha.


Tipsnya dan semua cerita lain dikemas dengan sangat ringan dan full ilustrasi berwarna. Jadi kalian nggak akan capek deh qujamin. Malah banyak yang DM bilang, "Kok nggak kerasa udah kelar bacanya" hahaha. BELI YAAAAA.

Available di Gramedia seluruh Indonesia seharga 75.000. Cari di rak Parenting. Kalau nggak nemu, search di komputer dengan keyword "indah susahnya jadi ibu" atau lebih gampang search by Author aja dan ketik Grace Melia. Atau ya panggil aja mas/mbak staff nya minta dibantuin cari yaaaa.

Kalo udah beli, mau ngereview di IG atau mau sharing-sharing tentang parenting keidean setelah baca bukunya, silakan loh, terus pakai #superhoremom yaa biar saya dan Icha bisa search dan ikut ngeramein postingan kelen.

Sekian promosi hari ini hahahaha.

Kalian hari ini pada libur kan yak? Have a nice day off, then!




Love,






9 comments:

  1. Orang tua memang harus selektif memilih nanny buat anaknya

    ReplyDelete
  2. Memilih nanny yang cocok buat anak memang bukan perkara mudah

    ReplyDelete
  3. Kesepakatan pola asuh memang sangatlah penting.

    ReplyDelete
  4. Banyak orang yang menggunakan jasa nanny harus membaca ulasan ini hehe

    ReplyDelete
  5. Ulasannya sangat bermanfaat mom, terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Detil banget ya, Mii. Tapi emang harusnya gini sih, jadi sama sama eak dan lebih profesionala ja. Karena yang kita titipin itu kan anak.

    ReplyDelete
  7. Waktu di Tasik bukunya kak gesi dan teh icha belom ada di rak aku sampe nanya ke CSnya loh dan dicariin bukunyaaaaaaaa hahaha.

    ReplyDelete
  8. Jangan berharap lebih karena nanny juga manusia biasa yg kadang lelah dan khilaf, T&C nya keceh deh, bisa adop nih semoga pengasuh betah ya

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^