Wednesday, August 17, 2016

Staycation di Hotel Harper Mangkubumi Jogja


Beberapa saat lalu, saya dan Adit staycation berdua di Hotel Harper Mangkubumi, Jogja. Kemarin itu adalah kali kedua kami menginap di Harper Mangkubumi. Kami suka menginap di hotel ini lantaran lokasinya yang menurut kami strategis. Ke Malioboro dekat, banyak tempat makan enak mulai dari yang emperan sampai resto yang endes, dan mau ke bioskop juga nggak jauh-jauh amat.


Plusnya lagi, di Harper Mangkubumi ini ada resto di bagian luar yang bernama Roaster and Bear dan itu enak banget! Ngiler lagi deh saya. 

So, here's the review.

Kami menempati kamar Harper Suite yang dibanderol seharga Rp. 1.158.000,- with breakfast included. Alhamdulillah, kemarin itu kami bisa dapat setengah harga karena bantuan seorang teman. Jadi kami bisa menikmati kamar suite dengan Rp. 500.000,-an saja. Yeay!


Lobby

Lobby hotel ini terbilang spacious banget. Luas dan lega kesannya. 


Di pojok kanan, disediakan sofa untuk menunggu. Tapi, menurut saya ya, sofanya kurang banyak. Kalau sedang ada rombongan yang check-in bersama, pasti sofa ini akan langsung full deh. Di pengalaman menginap saya yang sebelumnya, saya pernah nggak kebagian duduk karena ya itu, full. But, it doesn't really matter sih, I guess.

Welcome drink nya dikasih semacam mocktail kemarin. Cuman satu rasa aja, we don't get to choose. Tapi seger banget welcome drink nya. Suer. Saya nggak yakin itu rasa apa, markisa kalau nggak salah.


Lift

Setiap lift dilengkapi dengan cermin, jadi enak bisa selfie. Hahaha.


Kamar

Kemarin kami menempati kamar nomor 700 di lantai 7, no-smoking area. We really love the room! Luas banget dan sangat bersih. 

Fasilitas di kamar kami ada TV layar datar gede, mini kitchen (komplit ada microwave, piring, gelas, sendok, garpu, dan pisau), serta ruang tamu yang berisi sofa dan meja pendek.


Nggak lama setelah kami check-in, ada petugas hotel mengetuk kamar untuk mengantarkan free fruit basket yang isinya 3 biji jeruk sunkist jumbo, sekotak mini bakpia, dan koran edisi hari itu disertai dengan welcoming letter.



Kamar mandi

Kamar mandinya juga luas banget. Ada bathtub, bilik toilet, dan bilik shower. Bilik-bilik tersebut dibatasi pintu kaca sehingga kamar mandi ini terkesan bright dan bersih.


Untuk washtafel, ada 2 biji. Nah, saya demen banget nih kalau ada 2 washtafel jadi saya bisa sikat gigi bareng sama Adit sambil ngobrol. Hehehe.

Amenities yang disediakan di kamar mandi juga cukup lengkap. Ada sikat gigi, sabun, sampo, cream cukur kumis, cukuran, dan hairdryer.

Plus nya dari kamar mandi ini: Air panas nya cepat keluar. Kan ada tuh ya hotel-hotel yang padahal berbintang, tapi kita harus nunggu lumayan lama setelah menyetel air panas. Nah, di Harper Mangkubumi ini, enggak. Air panasnya oke.

Minus nya: Di bilik toilet, di semacam rak dinding kecil di atas tissue gulung, terlihat ada 2 bekas cecekan rokok. Item-item gitu. Yah, bukan salah hotelnya sih ya. Salah tamu aja yang ngeyel merokok dalam kamar padahal itu kamar no-smoking dan ndilalah nggak hati-hati saat merokok dalam kamar mandi. 

Di bagian luar kamar mandi, ada cermin jumbo di mana kita bisa berkaca dari kepala sampai kaki.


Plus ada lemari baju yang berisi brankas, sandal hotel, hanger, dan bath-robe.


Minusnya, di situ lupa disertakan laundry bag. Biasanya laundry bag diletakkan di lemari gitu. Kemarin nggak ada. Saya dan Adit sudah mencari di kamar mandi dan semua laci. Hasilnya nihil. Mungkin petugas lupa kali ya.. Doesn't really matter though karena bisa minta kok sebenernya. Cuman karena kemarin kami check-out nya mepet, kayaknya buang waktu mau telp untuk minta laundry bag. Akhirnya kami bungkusin pakaian kotor kami dengan koran doank. Bahaha.


Breakfast buffet

Poin plus yang kami rasakan dari Harper Mangkubumi adalah breakfast buffet nya. Komplit banget dan restonya pun luas. Jadi walaupun banyak hotel guests yang rombongan sarapan, kayaknya nggak bakal ada yang nggak dapat meja kursi, karena beneran luas banget. 

Menu nya variatif banget. Ada fruit corner yang isinya potongan semangka, pepaya, dan melon dengan aneka dressing. Cake corner yang berisi aneka kue manis untuk dessert. Indonesian corner yang berisi gudeg dan jamu. Banyak pokoknya.


Sayangnya, saya nggak leluasa mau foto-foto karena hari itu ramai banget. Nggak enak aja hehehe.

Rame banget kaaann *__*

Ada juga smoking area di bagian luar. Kami sempat ngopi di smoking area ini karena hawanya pas lagi seger banget, plus bisa lihat langit. 



Swimming pool

Menurut saya, untuk hotel sebesar Harper Mangkubumi, poolnya terbilang kecil. Enak sih lokasinya. Modelnya infinity pool. Adem. Tapi, ya itu, kecil. Kalau ada 3 orang dewasa saja yang berenang, kayaknya udah langsung keliatan full ini pool nya.


Plus: Petugas yang stand by di pool super friendly. Walau kami nggak berenang dan cuma foto-foto aja, beliau tetap menanyakan hal-hal general untuk beramah-tamah.


Service

Overall, service nya memuaskan. Semua staff mulai dari resepsionis, petugas restoran, bell-boy, juru parkir, dan satpam sangat ramah. Resepsionis nya juga cak-cek saat memproses check-in dan check-out kami sehingga kami nggak menunggu lama. Two thumbs up!


What's Near The Hotel

Tadi saya bilang lokasi Harper Mangkubumi ini strategis. Why? Karena banyak spot oke yang bisa kita nikmati di sekitar hotel. 

Untuk yang suka foto-foto, tentu saja bisa foto-foto di Tugu Jogja. Tapi kalau Adit sih diajakin foto di sana nggak pernah mau. ZZZ. Cukup jalan kaki saja ke Tugu Jogja karena emang dekat.

Untuk tempat makan asyique, dengan jalan kaki kita bisa menemukan Honje Resto, Madame Tan, angkringan Gareng Petruk, dan resto baru di Jogja: Shabu Auce. Yang terakhir ini, saya belum pernah cobain. Katanya sih enak dan friendly harganya. Kalau ditanya rekomendasi, saya dan Adit paling suka di Madame Tan. Selain karena makananya enak banget dan ada beragam pilihan, porsinya banyak dan harganya masuk akal. Untuk Honje Resto, menurut kami agak kemahalan. Relatif deng ya untuk harga itu.

Untuk yang kepengin beli-beli perlengkapan mandi atau cemilan, dari hotel kita juga bisa jalan kaki menemukan Circle K, letaknya dekat dengan resto Madame Tan.

Nah, itu semua yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Yang agak jauhan, kalau misal kepengin ngemall, bisa ke Maliboro Mall naik becak.

Kepengin nonton? Bioskop XXI nggak terlalu jauh sih, meskipun jelas nggak bisa jalan kaki yah.


***

Di sepanjang jalan Mangkubumi, ada beberapa hotel. Tapi, kami merasa paling klik dengan Harper Mangkubumi ini. Buktinya, staycation kali ini kami lakukan di hotel yang sama dengan sebelumnya, kan. Hehehe. I guess there's no reason not to favor this hotel. Untuk kepentingan staycation bareng pasangan, saya dan Adit sepakat kasih 5 bintang untuk Harper Mangkubumi.



Ada yang pernah menginap di Hotel Harper Mangkubumi, Jogja ini? Bagaimana pengalaman kalian saat menginap di sini? Atau, kalau belum pernah, biasanya kalian nginepnya di mana? Bagi info dong, soalnya saya dan Adit suka coba-coba hotel. Hehehe.

Anyway, ini kali pertama saya ngereview hotel. Hohoho. Semoga nggak ancur-ancur banget yah. Saya belajar dari blogger yang sering bikin hotel review Fanny Fristhika Nila di blognya www.dcatqueen.com (mampir deh ke blog mba Fanny, banyak banget review bertebaran). Kalau ada yang kepengin kasih kritik saran masukan untuk review hotel saya, monggo ya. Malah seneng banget nih kalau ada yang mau berbagi ilmu. Hehehe. Haturnuhun sadayana!


Love,




50 comments:

  1. Saya belum pernah ngereview hotel hihihi.. udah kepikiran sih, foto juga sudah aja.. nanti ah ditulis juga :D

    ReplyDelete
  2. Grace....bisikin dong, gimana biar bisa dapat 50% off untuk kamar suites? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu temen Adit yang ngusahain, aku tinggal terima beres aja hahahaha

      Delete
  3. aku nyicip kolam renangnya aje kmrn pas kesana, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pas sepi sih enak ya main di pool nya, tapi kalo pas rame kayaknya melipir hehehe

      Delete
  4. aku nyicip kolam renangnya aje kmrn pas kesana, haha

    ReplyDelete
  5. Tq recomendednya..salam kenal yaa

    ReplyDelete
  6. Tq recomendednya..salam kenal yaa

    ReplyDelete
  7. Asik banget kamar suite cuma 500rb. Pengen sesekali nginep berdua aja kayak mami Ubii ini. Pacaran sama suami. ihik :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya alhamdulillah dibantuin temen kemaren, mba ^^ Selamat pacaran sama suami yaah

      Delete
  8. Kolam renangnya kece tuh mak, jadi pengen berenang disitu

    ReplyDelete
  9. Ihiwww mantap Mami Grace honeymoon lagi. Hotelnya keren bangeeettt... Sesuai harganya sih ya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, dan asyiknya di deket hotel banyak tempat makan enak. Jadi jalan kaki aja kenyang, lol

      Delete
  10. dari tadi baca, sambil mikir..
    (aiden dan ubi) ditinggal ni yee..
    aseknya yang bduaan, hanimun maning..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaha iya, mba Hani. Udah lama nggak pacaran berdua >.<

      Delete
  11. Barusan nyobak review tapi udah segini bagus ya Mak? Jadi terinspirasi, sesekali pengen nyobak ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa, makasiii. Ini karena merhatiin review hotel blogger lain aja kok ^^

      Delete
  12. saya pernah nginep di harper mangkubumi, tapi kamar yg biasa aja.. hehe
    kamarnya standar, tapi bersih, kamar mandinya juga enak. kemarin make poolnya buat maternity shoot hehe. breakfastnya emang mantap yah.. enak banget mami ubii bisa dapet kamar suite..
    coba citihub hotel di gejayan, crystal lotus di jl magelang, greenhost di prawirotaman mam. ditunggu reviewnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Breaky nya banyak pilihan, sampe mbelenger terutama kalau kita makannya beringas. Hahaha. Crystal Lotus udah, gak gitu suka. Greenhost udah, suka banget! Citihub nih yang belum, thanks infonya ya mbaaa! :)

      Delete
    2. iyaa.. saya nginep di harper pas hamil 8 bulan. kebayang dong beringasnya breakfast, hahaha!
      mau reviewnya greenhost dong.. btw salam kenal ya mami ubii :)

      Delete
  13. wah...bagus hotelnya...ada bathupnya pula...ini kalo ngajak anak2 seru nih...masuk catatan deh semoga ada rejeki bisa nginep di hotel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngajak anak-anak pasti seru. Amiinnn, mampir-mampir ya kalau ke Jogja ^^

      Delete
  14. Enaknya staycation ples hunimuun cos cuma berdua, kalo aku staycation ya tetep berempat. Momong jalan terus 😌😴

    ReplyDelete
  15. Lebih murah ya drpd Melia. Padahal semua seperti lebih baik harper kecuali kolam renangnya. Btw gak bareng anak2 mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, I guess. Harper ini memang kayaknya poolnya kurang cethar ya, untuk hotel sekelas ini. Melia poolnya asyik banget! Anak-anak betah main di sana. Anak-anak lagi dititipin, hihihi. Semalem doank kok ini :D

      Delete
  16. Tersanjung aku jadinyaa ;)

    Harper ini anaknya aston, jd ga heran servicenya sebagus 'ibunya' :D. Keren nih yg suitenya ada microwave segala..

    Eh kita sama ges, kalo di resto hotel lagi rame aku jg ga enak mw foto hahahaha... Takut ada org yg ga suka, tp mw nanya lgs juga sungkan hihihi.. sampe2 mw fotoin meja2 buffetnya aja malu sndiri.. makanya di blog kbanyakan foto makanannya yg udh aku ambil ke piring. Suka ngiri tuh ama blogger yg ngereview hotel bisa PD foto ruangannya walo rame, foto meja2 buffetnya :D. Pake kamera beneran lg, bukan hp kyk aku hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi aku juga nggak pakai microwave nya sih, hahahaha. Cuman buat bahan foto doank, pret. Kalau sepi enak yah, bebas fotoin. Sayang ini kemaren rame bener deh, sampai aku heran padahal weekend biasa, bukan weekend kecepit tanggal merah loh. Aku juga cuman pakai hape kok. Pede-pedein aja. Eh tapi review-review mba Fanny mah udah bagus mbaaaaa ^^

      Delete
  17. Iya ya mba, kalo lagi rame banget kadang rada sungkan mo jepret2 hihihi.

    Reviewnya menarik, sesuai dengan pilihan kamarnya yang enaaaaak banget sepertinya comfy ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sungkan banget.. hahaha. Soalnya kayaknya juga jadi gangguin arus lewat orang, yah. Ihiks.

      Delete
  18. ciyeee... ceritanya itu kemarin pacaran berdua toh?
    hehe.. kedip-kedip nih liat harganya.. wkwkw :)

    ReplyDelete
  19. Hotelnya bagus, jadi kepengen nginep di sana :)

    ReplyDelete
  20. bagus dan nyaman ya mbak, jadi mau deh nginep di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Semuanya asyik, minus poolnya yang menurutku kurang luas. Ihiks.

      Delete
  21. sarapannya heboh yaaaa..dan itu kaosnya matching hehehe. Jadi kangen Jogja aku, Ges :)

    ReplyDelete
  22. Mami Ubii, kapan2 review hotel Lokal Jogja yaa ditunggu. Terima kasih buat review hotel Harper Mangkubumi nya...bisa jadi alternatif pilihan klo ke Jogja...salam kenal

    ReplyDelete
  23. yeay...seneng bisa staycation berdua suami. Saya baru sekali tuh nyuri waktu semalam staycation di hotel sama suami.
    Reviewnya bagus, jadi penasaran letak hotel harper mangkubumi sebelah mana ya? belum pernah ke sana

    ReplyDelete
  24. Baguuus hotelnya. Itu mungkin kolamnnya hanya untuk main-main air aja bukan berenang atau buat properti foto hahaha

    ReplyDelete
  25. Blognya makin kece aja mbak ..
    makin betah lama2 disini haha..

    ReplyDelete
  26. Thanks for sharing here.
    I am very happy to read your review.
    I hope you give a useful topic for everyone.

    ReplyDelete
  27. Manja banget itu ada dapur nya dan kamar nya gede amir untuk kelar harper yaaa

    ReplyDelete
  28. Hallo.. Salam kenal.. Wah jd iri bs dpt price segitu utk kmr suites.. Keren kok mbak review hotelnya walaupun katanya baru pertama, mampir2 ya ke blog aku, suka review hotel n guesthouse jg tp kebanyakan yg affordable tp unique.. Jd kangen Jogja.. *huhuhu*

    ReplyDelete
  29. seruuuu banget mbak klo nginep disini, saya dan Ibu suka nginap di harper...tapi kadang cari hotel lain juga :D

    ReplyDelete
  30. Udah bagus kok mbak gees reviewnya, btw kebangetan yang ngrokok di kamar mandi. apa ga ngap kena asap rokoknya ya.

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^