Tuesday, June 28, 2016

DIY Doll House dari Botol Bekas Deterjen

Hola! Sudah lama banget nih kayaknya saya nggak ngepost cerita DIY mainan atau kegiatan anak. Kadang sudah bikin, tapi belum sempat nulisnya di blog. Kali ini disempet-sempetin biar vakumnya nggak kelamaan. Huehehe.


DIY mainan anak kali ini adalah doll house alias rumah boneka. Saya ngerasa pas aja bikin ini karena bisa saya jadikan untuk sarana story telling bareng Kakak Ubii dan Adik Aiden. Saya tuh rasanya lebih semangat saat mendongeng ada mainannya, daripada hanya membacakan buku karena saya bisa jadi bereksplorasi. Ceritanya pun bisa saya sesuaikan sama minat anak-anak dan nggak berpatok pada text di buku.

So, let's go!

Menyesuaikan minat anak-anak tuh buat saya maksudnya adalah menyesuaikan anak-anak sedang suka main-main/pegang-pegang apa at the moment. Kebetulan nih Kakak Ubii sekarang sedang seneng-senengnya mainan orang-orangan. Duh, saya nggak ngerti deh diksi yang pas. Hahaha.

Makanya saya kepikiran bikin rumah boneka untuk Kakak Ubii supaya mainan-mainannya jadi bisa punya rumah. Saya pun jadi bisa cerita tentang rumah saat story telling ke Kakak Ubii. Saya bikin pintu dan jendela di rumah bonekanya supaya saya bisa sekalian mengenalkan dua hal tersebut pada Kakak Ubii. Apalagi sekarang Kakak Ubii akrab banget sama yang namanya jendela karena dia suka latihan berdiri di situ. Cucok deh, bok.


Untuk Adik Aiden, belakangan ini saya sedang suka mengenalkan animals dan suaranya. Jadi saya kepengin sekalian bikinin rumah untuk mainan binatang Adik Aiden. Atau kandang yah, lebih tepatnya. Hehehe.

Saya nggak ngoyo kalau mau bikin mainan DIY. Apa aja yang ada di rumah, ya dipakai. Kalau misal ada yang kurang tapi saya nggak sempat ke luar untuk beli, yaudah pakai yang ada saja. Untuk rumah boneka dan rumah hewan ini, saya pakai botol bekas deterjen dan botol bekas sabun cuci tangan sebagai bahan utamanya. Kalau mau lebih wah dan lebih luas, bisa juga pakai kardus. 

Bahan:
  • Botol bekas deterjen dan sabun cuci tangan
  • Lem tembak
  • Kain flanel
  • Kawat hias
  • Hiasan-hiasan
  • Gunting dan cutter (lupa difotoin)

Kalau mau tau deterjen apa yang saya pakai untuk bikin DIY rumah boneka ini, mampir ke mari yah!

Baca: Mencuci dan Berkreasi dengan Deterjen Easy Liquid

Untuk hiasannya mau hiasan apa, fleksibel saja yah. Sesuaikan saja dengan kreativitas dan tentunya apa yang ada di rumah. Karena saya masih punya banyak hiasan bunga dan pita sisa jualan headband saya dulu, ya saya pakai itu.


Langkah-langkah:
  • Bentuk pola pintu dan jendela (or anything) di botol bekasnya.
  • Potong dengan cutter mengikuti pola.
  • Tempelin hiasan-hiasan sesuai keinginan.
  • Kawat hias saya tempel di pintu dan jendela, hiasan bunga, pompom, dan pita saya tempel untuk mempercantik.
  • Voila! There's your very own doll house!

Untuk rumah boneka Kakak Ubii jadinya girly banget nih, karena sisa bahan headband saya emang modelnya gitu semua. Untuk rumah binatang Adik Aiden, saya kasih kertas kelap-kelip dipotong panjang-panjang, pura-puranya itu jerami. Kain flanel saya masukkan dalam rumah Kakak Ubii, ceritanya itu karpet. LOL.

Udah deh, siap dilengkapi dengan orang-orangan dan binatang mainan.

Punya Kakak Ubii sih saya lengkapi dengan sembarang mainan. Pokoknya mainan yang sedang Kakak Ubii suka saat ini.


Kalau rumah binatang Adik Aiden, karena emang pengin mendongeng tentang binatang, jadi saya lengkapi dengan mainan binatang dan printilan peternakan. Lebih bertema sih punya Adik Aiden ini emang.


Dan inilah duo krucil saat mainin DIY rumah boneka dan rumah binatangnya.


Ternyata Kakak Ubii malah lebih minat sama rumah binatangnya.


Meanwhile Adik Aiden kepengin menjarah dua-duanya..

*____*



Semoga nggak lekas bosan yah, nak. Hahaha. LOL.

Gampang kan cara bikinnya? Tinggal potong-potong dan tempel-tempel aja kok. Nggak makan waktu lama. Saya bikin DIY dua rumah mainan ini nggak sampai satu jam. Asalkan botolnya sudah dicuci dan dikeringkan sebelumnya loh ya dan aneka hiasannya juga sudah disiapkan duluan.

Tertarik bikin nggak, moms? Ada yang punya ide DIY mainan buat anak-anak yang lain? Share dong supaya saya bisa contek. Yuk yuk kasih idenyaaa.

Kreasi DIY saya yang lain untuk mainan/kegiatan anak bisa diintip di sini.


^___^




Love,




30 comments:

  1. ya ampun kreatif banget, jadinya cantik doll house-nya. Mungkin bisa jg jadi mobil2an kali ya, tapi bingung rodanya pakai apaan ya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, bisa banget jadi mobil-mobilan. Banyak contohnya kok. Rodanya bisa pake tutup botol atau kardus yg rada tebel yah :)

      Delete
  2. warbiasyak. masih sempet ya ges bikin beginian. aku wis modyar nyampe rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaha. Soalnya emang suka, Win. Sama kayak kamu, sampe rumah masih bisa ikut lomba macem-macem. Aku wis ora sanggup sist T__T

      Delete
  3. Ugh. That grumpy face. Aiden suka pose manyun nih. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketularan mami nya. Eh padahal mami nya udah jarang loh sekarang :p

      Delete
  4. Kereeeen. Gak pernah kepikiran untuk membuat seperti ini Mbak. Banyak botol nganggur di rumah. Nyontek idenya ya Mbak sayaaaah. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha, Mas Danii coba deh bikin, sapa tau si krucil suka. Lumayan juga ngurang-ngurangin sampah :D

      Delete
  5. Aaaak, aku punya semua bahannya. Tinggal kawat paling buat ngeronce beads. Bikin aaah...Keren idenya Mamii :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gausah pakai kawat hias juga gak papa kok, Nyak Rotun kalo emang pengen keburu bikin tapi belom ada kawat hiasnya. Pakai yang ada aja daripada hasrat bikin keburu menguap :p

      Delete
  6. kreatif banget nih mami Ubii Aiden :), keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan kreatif, Mak Tian. Lebih tepatnya karena udah makin menumpuk nih rongsokan barkas di rumah sampai dimarahin Adit, hahaha.

      Delete
  7. mbak gessi sibuk tapi sempet aja kreatif begini.. tutup muka ah aku mah malu, suka males..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kan bikinnya cepet, Mba Tetty. 1 jam-an juga jadi. Kalo craft yg sophisticated dan lama, ya sama, aku pun males biasanya. Buahahaha.

      Delete
  8. aih cakep bener mainan barunya. hebat uyy maminya ubii n aiden

    ReplyDelete
  9. kreatif banget sih mami ubii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya, daripada barkas makin numpuk gak jelas padahal aku juga gak tega mau buangin >.<

      Delete
  10. keren mbak...kreatif banget. Dulu saya beberapa kali bikin mainan bekas, eh sama ibu saya malah dibuangin mainannya >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakitnya tuh di sini yaaaaa *nunjuk jidat* AKu juga pernah bikin-bikin mainan dari barkas. Dibuang sama ARTku. Yaampuunn, pedih sist rasanya T___T

      Delete
  11. Kreatif bener mamaknya Ubii Aiden nih. Keliatan gampang tapi pas dieksekusi susye booo! Tergantung bakat juga kali ye, dan tekad hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Rahmi udah cobain? Yang rada menantang tuh bagian motongin botol deterjennya, soalnya rada berat dan tebel. Apalagi kalau pisau/cutter nya nggak tajam, duh syusyaaahh. Itu kemaren motong-motong nya aku minta tolong satpam komplek hehehehe.

      Delete
  12. waa kreatif bangetttt....keren ah mami ubi,sempet ya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuman 1 jam kok mba Hana bikinnya. Asal sebelumnya botol-botol udah dibersihin dulu yaa. Gak lama kok :D

      Delete
  13. Izin nyontek idenya ya mbak

    ReplyDelete
  14. aduuuh gemesin banget dua bocah iniii ^o^.. ga sabar anakku yg baby agak gedean dikit biar bisa main ama kakanya :D.. kreatif bgt sih kamu mbak ;).. tapi memang dipikir2, toh anak2 itu cepet bosen.. rugi aja kalo kita harus beli mainannya di toko, palingan cuma dimainin sebentar, trs ya udh.. mnding bikin sendiri yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang pengen juga sih beli di toko, hahaha. Kalo aku sih. Suka lapar mata wkwkwk. Plus mainan begini cepet gupis-gupis. Kalo mainan toko beli yg oke sekalian malah awet plus bisa dijual lagi besok-besok :D

      Delete
  15. Setelah baca-baca jadi kepikiran mau bikin tempat barang2 yg kecil dari botol-botol bekas dari pada berserakan.. hmmm tengkyu mba tipsnya :D

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^