Thursday, September 3, 2015

Usia Kehamilan 36 Minggu

FIUH! Nggak terasa Baby Aiden di perut sudah berusia 36 minggu. Kayaknya baru kemarin tau kalau hamil, lalu mewek karena galau belum siap, lalu drama, drama, dan drama lagi. 


Syukurlah, masa-masa galau berhasil terlewati. Seperti lagu bilang 'badai pasti berlalu' yesyuk. So, I'd really would like to share how's my 36 week preggo feels like. 


Oh ya, ini adalah kehamilan kedua saya, jadi otomatis saya suka membanding-bandingkan kehamilan Baby Aiden ini dengan kehamilan Kakak Ubii. Lesson learned: Kehamilan itu beneran beda-beda bangeeeet. Walaupun sama-sama anak saya semua, sama-sama ada di rahim saya semua, tapi super beda. Lesson learned lagi: Lhah kalau sama kehamilan anak sendiri yang sebelumnya aja bisa beda banget, apalagi dengan kehamilan orang lain? Jadi, nggak usah deh banding-bandingkan dengan kehamilan mama lain. Kalau kehamilan mama lain happens to be lebih lancar, dijamin kamu stres dan galau sendiri. LOL.


Berikut beberapa perbedaan yang paling terasa:

Kakak Ubii: Setrong. Ke mana-mana masih bawa motor sendiri sampai trimester ketiga.

Baby Aiden: Lemesan. Naik motor suka sakit di area paha dan genital.

Kakak Ubii: Jarang pegel. Pegel pun paling-paling hanya kaki.

Baby Aiden: Pegel all the time. Mungkin karena sambil banyak gendong Kakak Ubii juga yah. Yang jelas sekarang pegelnya komplit. Ya di kaki, punggung, pinggang, pantat, paha, genital, semuanya deh.

Kakak Ubii: Hampir nggak pernah kram kaki.

Baby Aiden: Sering banget mengalami kaki kram pagi-pagi jam 4an. Sampai lagi tidur pun terbangun karena kaki kram dan sakit sekali.

Kakak Ubii: Banyak leyeh-leyehnya sambil nonton TV dan ngemil. Hehehe. Saya inget banget saat saya hamil Kakak Ubii itu adalah masa nya audisi Indonesian Idol generasi nya Sean, Indra, Regina, dll. Jadi tontonan saya RCTI terus dan selalu mantengin terutama audisi nya. 

*sekilas info pamer nggak penting: saya pernah loh pas zaman kuliah nekat ikut audisi Indonesian Idol demi ketemu VJ DANIEL. Bisa ditebak kan hasilnya: terdepak. Pas audisi saya nyanyi lagu nya D'Cinammons yang Selamanya Cinta. Baru nyanyi 2 baris, disuruh KELUAR *pahit* - Tapi, puji syukur, berhasil foto bareng VJ Daniel dong, sayang fotonya entah di mana - super pahit*

Baby Aiden: Jarang leyeh-leyeh T_______T Apalagi pasca pindah ke Jakarta nemenin Kakak Ubii operasi penanaman implan koklea. 


Kakak Ubii: Porsi makan biasa aja.

Baby Aiden: Starving is my middle name.

Kakak Ubii: Ketek tetap mulus dan nggak berubah warna.

Baby Aiden: Ketek jadi hitam banget. Ihiks.

Kakak Ubii: Saya naik 14 kilo-an.

Baby Aiden: Sampai saat ini, 'baru' naik 7 kilo-an.

Kakak Ubii: Perutnya biasa aja kayaknya.

Baby Aiden: Perutnya kayaknya kok lebih besar yah (?) Katanya kalau hamilnya cowok memang begitu yah (?)

Kakak Ubii: Tendangan Kakak Ubii biasa aja -entah karena Kakak Ubii cewek atau karena dia terinfeksi virus sejak dalam kandungan saya-

Baby Aiden: Tendangan Baby Aiden mauuut. Kerasaaa banget dan saya masih sangat amat amazed sendiri sampai sekarang. Bahkan kadang kalau pas keras banget, bisa nyeplak gitu di perut saya.

Ini penampakan saya saat hamil Kakak Ubii, lebih chubby yah. 14 kg bok.



Saat hamil Baby Aiden lebih glowing yah (kata orang-orang). Hehehe. Eh, tapi saya sendiri juga ngerasa saya lebih fresh di kehamilan kedua ini sih. LOL. Ini pas bikin do-it-yourself maternity photos.




***

Karena beberapa teman menilai saya tetap keliatan fresh di kehamilan Baby Aiden ini, mereka jadi nanya-nanya tipsnya. Berikut saya rangkum yah, walaupun sebetulnya saya juga nggak punya tips ritual yang gimana-gimana.

Tanya: Kok bisa nggak ada stretch mark nya?

Jawab: Kalau ditanya itu suer saya bingung. Mungkin, mungkiiiinnn loh ya, karena saya suka olesi perut saya dengan VCO (Virgin Coconut Oil) sebelum mandi. Jadi, di kamar mandi gitu, saya sedia VCO. Sebelum mandi saya olesi dulu perut saya dan saya diamkan kira-kira 5 menitan. Setelah itu baru deh mulai mandi. Setelah mandi, saya pakai lotion. Biasanya kan pakai lotion hanya di tangan dan kaki. Setelah hamil ini, saya suka pakai juga di perut. 

Tanya: Kok bisa nggak bengkak kaki nya?

Jawab: Nggak tau. Sumpah, nggak tau. Dulu saat hamil Kakak Ubii juga rasanya kaki saya memang nggak bengkak-bengkak amat deh. Mungkin karena saya sering jalan(?) Dulu saat hamil Kakak Ubii, saya rutin jalan pagi tiap jam 6 sambil cari sarapan. Sekarang saat hamil Baby Aiden kan sering wara-wiri karena harus antar Kakak Ubii terapi. Jadi sama aja tetap sering jalan. Apakah karena ituuuh?

Tanya: Kok bisa wajahnya nggak jadi jerawatan?

Jawab: Jerawatan kok.. Di punggung. Tapi jangan minta difotoin yah. Maluuuuk.

Tanya: Kok bisa yang endut cuma perutnya?

Jawab: Saya juga bingung, soalnya saya nggak olahraga apa-apa di kehamilan kedua ini. Saya memang masih sering pegang Kakak Ubii, gendong-gendong dia dan sebagainya. Apa karena itu bagian tubuh selain perut bisa nggak endut, saya nggak tau juga deh.

Tanya: Kok bisa berat badannya naiknya 'cuma' 7 kilo?

Jawab: Kayaknya nggak bisa dibilang saya cuma gain a little weight juga deh. Soalnya saat saya pertama kali sadar saya hamil Baby Aiden ini berat badan saya masih endut. Masih belum berat badan gadis. Setelah melahirkan Kakak Ubii sampai Kakak Ubii 3 tahun, saya tuh baru turun 7 kg (dari pertambahan 14 kg). Jadi, sama aja kan. 14 kg juga akhirnya. Hehehe.

Tanya: Kok bisa kayaknya masih kuat ngapa-ngapain?

Jawab: Sebenernya saya banyak istirahatnya juga loh. Nggak yang sestrong itu juga. Kalau pas keliatan bisa ngapa-ngapain mungkin karena saya rutin aja minum vitamin kehamilannya. Nggak ada tips lain deh. Cuman rutin minum vitamin dari dokter saja. Dan rajin makan dan minum air. Hehehe.

TAPI, above all, whatever your shape is and how many kilos you gain during your pregnancy, just enjoy it. Karena kehamilan itu memang bener-bener sendiri-sendiri. Nggak bisa disamaratakan. Segendut apa pun, kehamilan itu sendiri bikin kita cantik kok. Percaya deh :))) Apalagi kalau kehamilan nya diisi dengan pikiran-pikiran positif. So, don't worry too much yah.

***

What is happening in 36 weeks of pregnancy in general?

Menurut Baby Center, berat janin sekarang kurang lebih 2700 gram. Ibu biasanya mulai merasa tekanan yang lebih besar di perut bagian bawah dan rasanya kayak bayi udah mau keluar. Karena janin sudah mulai makin turun, jadi kesulitan bernafas yang kita rasakan sebelumnya mulai berkurang pelan-pelan. Tapii, jalan juga makin susah dan makin berat. Di akhir minggu ke-36 ini, kehamilan kita bakal memasuki full-term dan kita bisa aja loh lahiran kapan pun (di bagian ini saya agak serem soalnya saya belum kelar setrika baju bayi dan cuci-cuci perlengkapannya. HAHAHA). 


Bayi yang lahir sometime between UK 37 minggu sampai 42 minggu itu dikatakan full-term. Bayi yang lahir sebelum UK 37 minggu disebut prematur dan bayi yang lahir setelah UK 42 minggu disebut post-term. Di usia kehamilan 36 minggu ini, kelenjar ASI juga sudah mulai berproduksi, which is a normal thing to happen. Saat ini kelenjar ASI tersebut sedang memproduksi kolostrum yang akan menjadi asupan pertama bayi kita nanti. 

Sumber


What is happening in MY 36 weeks of pregnancy?

Kurang lebih cocok sih dengan ulasan di atas. Berat Baby Aiden 2800 gram. Tekanan di perut bagian bawah sudah kerasa pake banget. Sesak nafas memang sudah mulai berkurang. Kolostrum juga sudah mulai keluar.

Puji syukur, hasil pemantauan Baby Aiden selama ini melalui USG menunjukkan hasil yang baik. Saya memang cerewet dan banyak bertanya tentang printilan Baby Aiden saat sedang menjalani USG. Menurut obsgyn saya di RS Hermina Podomoro, dr. Paul Wirawan, Baby Aiden sehat. Penis dan kantong pelirnya baik. Jantungnya normal dan memiliki 4 bilik. Lensa mata nya ada. Nggak terdapat tanda-tanda kalsifikasi/pengapuran di otak kecilnya. Bagian tubuh lengkap. Pertambahan berat badan sesuai kurva. Pergerakan Baby Aiden baik. Tekanan darah saya baik. Indeks air ketuban saya juga masih cukup.



Eh, nanti saya bikinkan list saja yah apa-apa saja yang perlu ditanyakan pada obsgyn ketika sedang mengandung. ;)

Kalau secara psikologis, puji syukur sekarang sudah ikhlas dan legowo dikasih kepercayaan menambah satu momongan lagi. Sudah nggak kalut dan nggak merutuk. Ada segelintir kekhawatiran sih memang, tapi kayaknya masih lumrah. *menilai diri sendiri* Masih suka khawatir apakah nanti terapi dan melatih Ubii di rumah nya masih kepegang atau enggak karena Ubii kan masih harus rutin latihan, baik itu latihan motorik dan mendengar. Khawatir kalau ternyata habit rewel Ubii malam-malam tetap nggak hilang. Terus nanti Baby Aiden keberisikan terus nangis rewel bareng gituuuu? Hadeuh. Bayangan itu vivid sekali sampai pusing pala babih. Lainnya sih paling khawatir makin nggak bisa nabung. T_____T *kekep buku tabungan* Tapi, ya udahlah. Hadapi aja kan yah.

Jadi yaaah, sekarang waktunya dag-dig-dug dan banyak istirahat. Saya sudah mengurangi aktivitas pergendongan Kakak Ubii. Sekarang sudah banyak diambil alih oleh PRT dan Adit. Dan memperbanyak positive thinking especially.

Semoga semua lancar. Berharap banget nget nget Baby Aiden sehat wal'afiat supaya bisa membantu perkembangan Kakak Ubii yang berkebutuhan khusus. AMIN. Bantu aminkan yaaaa. Kakak Ubii udah siap-siap loh menyambut Baby Aiden. Bahahaha. *khayalan emaknya*



Ada yang lagi hamil juga kah? Berapa minggu sekarang usia kehamilannya? Ada cerita apa niihh? :))

*betewe blogpost ini sudah di draft sejak minggu lalu, kalau sekarang sih UK saya sudah 37 minggu hehehe*



Love,






45 comments:

  1. Aku jg lg ngedraft cerita kehamilan tp entah ya kpn publish...qiqiqi...aku bantu aminkan semua doanya ya mak. Btw ngg usah kuatir ngg bs nabung, setiap anak tu bw rejeki sendiri2 kok...sehat terus ya sampe lahiran..semangaat mak ges :)

    ReplyDelete
  2. Iya dirimu lebih fresh kehamilan kedua ini.

    ReplyDelete
  3. semoga lancar sampai persalinan mbak...

    ReplyDelete
  4. udah 37 minggu aja... cucian dan setrikaan baju bayi udah beres kan. hehehee.. lancar-lancar ya Mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Aduh pertanyaaannyaaa :'))) Kok tau aja sih. Ada yang masih belum krn lupa dimasukkin mesin cuci, Mak. Hahahaha -___-

      Delete
  5. biasanya kalo hamil anak co, bbrp bagian bdn emg menghitam mba... kaka iparku jg gitu dulu... muka ama lehernya jd coklat, pdahal dasarnya dia putih bangettt... tp abis itu lgs balik normal sih...

    aku sndri lg hamil 3 bln.. kebablasan ini sih -__-.. tapi ya sudahlah...blm kliatan apa kelaminnya, tp ake kepengen ce lagi... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaatt, Maak. Aku juga kebablasan inii. Semoga semua dilancarkan yaaa. Anak cewe emang imut-imuutt ^^

      Delete
  6. tiap kehamilan memang beda maak... heee

    ReplyDelete
  7. Memang setiap kehamilan biasanya beda sih...
    Tapi ada kesamaan juga kok, setiap hamil baik Kayla atau Fathir aku selaluu males dandan dan perasaan terlihat kucel banget...
    Trus setiap hamil, gak pernah bisa nonton drama korea lho..aneh aku juga...
    Masih jadi misteri sih ini kenapa hehehe...

    Sehat2 terus dan semoga dilancarkan sampe kelahiran yaaah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nanti di kehamilan selanjutnya, Mak Ti. Masih males nonton drama Korea nggak :p Makasihh doanyaaa dan kunjungannyaaaa :*

      Delete
  8. Aku jg lagi hamil anak kedua, mak Ges. Meskipun lebih ngalem daripada anak pertama, tp ya dinikmati aja. Dan lebih banyak tidurnya yg kali ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, congrats yaaa, Mak. Semoga semua dilancarkan. Ibu dan bayi disehatkan terus. Amiiinnn :))

      Delete
  9. sehat sehat ya mamiii ubbiii sampe lahiran.. :)

    ReplyDelete
  10. Graceeee, sayang euy ga ketemu Ubi pas ke Bandung. Wah baru tau pernah ikut audisi Indonesian Idol ^_^. Sehat selalu ya, Grace.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa yaa, sayang. Ditunggu kunjungannya di Jogja klo gitu yah, Mak Ef :*

      Delete
  11. Replies
    1. AMIN AMIN AMIN, makasihh doanya yaa :))

      Delete
  12. Mba grace .. .aq juga lagi hamil nih. . .sering bangett kram kaki d pagi buta .. .share pertanyaan2 yg harus d tanyain k dokter kandungan dong mba. . . đŸ˜„

    ReplyDelete
  13. Jd kangen hamil.
    Tp masih suram bayanginnya. Hamilnya mau tp parno mau melahirkannya. Mana boe sebelum bobok musti mentil.. kebayang kl py dedekkan moso kanan kiri okee.. PD kanan mamasnya (boe) PD kiri dedeknya.. wkwkwkwk...
    Bentar lg baby aiden launching.. semoga lancar2 ya mami.. semua sehat.. aminnnnnn..
    Tp tetep aku mupeng hamil lg.. hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah sok dijadiin :'))) *ngemeng aja gampang Gesiii!* hehehehe

      Delete
  14. Katanya emang gitu, hamil cwok perutnya lebih besar. Ngga tau krn apa, sih.

    Semoga besok lahirannya lancar ya, Mbak. Sudah menghitung harìiiiii. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya lebih besar. Ada yang bilang lebih mancung. Coba nanti kita liat peyutmu yaakk :D

      Delete
  15. wuihh..si kakak udah latihan ngurus adik nih :) Senang ya kak, sebentar lagi udah yang temenin main.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah. Tapi si Kakak ternyata jeles niihh X___X

      Delete
  16. Tiap kehamilan emang beda-beda, saya 3x hamil beda banget, hasilnya juga jadi anak-anak yang beda karakter. Suasana emosi ibu saat hamil turut membentuk karakter anak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak. Yang terakhir itu aku juga pernah baca sekilas. Hiks. Deg2an. Di kehamilan Aiden ini aku mellow dan suka galau. Gampang emosi juga. Semoga nggak menurun2 amat ke karakter Aiden T___T *tsurhat*

      Delete
  17. Iya, 2x hamil juga beda.
    Sehat terus , yaaa. Semoga lancar persalinannya.

    ReplyDelete
  18. Nice info mba,,
    kebetulan januari awal baru mau married.
    ihhiy dapat tips gratisan..

    kira-kira kalo istri ane hamil pertama gejala umum yang sering di alami apa ya mba..mungkin semacam kaki bengkak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cihuy. Selamat untuk rencana pernikahannya yah, Mas. Turut bahagia :))
      Kalau hamil pertama ku dulu nggak terlalu rewel sih, Mas. Tapi, biasanya keluhan seputar kehamilan ya itu. Kaki bengkak, morning sickness, moody. Semoga dilancarkan semuanya yaa ^^

      Delete
  19. aaahh emaknya ubi niy selalu tampil keceh n menggemaskan *tak uyel2 pipinya n perutnya xixiixix..
    moga sehat selalu ya mak, sehat dan dilancarkan persalinannya

    ReplyDelete
  20. Amiiinnnn...sehat selalu ya miubi, baby aiden jg, kakak ubi jg, si papa, si prtjuga, semuanya dah, amiinnn..
    Yeayyy..sebentar lagiiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut doakan juga kak.. semoga bayinya sehat.. aamiinn

      Delete
  21. infonya sangat membantu sekali buat yang lagi hamil nih :D

    ReplyDelete
  22. Moga sehat2 ya, mak. sampai lahiran. semangat :D

    ReplyDelete
  23. Congratulatiooonss atas kelahiran baby Aiden yaaa, syelamaaat :)

    ReplyDelete
  24. Waw selamat ya... moga2 baby yg kedua ini lahir dengan selamat dan semuanya lancar. Eh anaknya laki-laki ya? sama, aku juga bikin ketek item banget hikkkssss. padahal awalnya gak lhooo, aku juga alhamdulillah gak ada strechmark, hihihii
    Sehat2 terus ya, mg kakak Ubii ntar gak rewel.

    salam kenal

    ReplyDelete
  25. biasanya kalo hamil anak co, bbrp bagian bdn emg menghitam mba... kaka iparku jg gitu dulu... muka ama lehernya jd coklat, pdahal dasarnya dia putih bangettt... tp abis itu lgs balik normal sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha :D mbaknya udah punya anak berapa emang? hahaha

      Delete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...