Wednesday, August 12, 2015

DIY Foto Kehamilan



Mungkin, salah satu hal yang diinginkan oleh ibu hamil selain kesehatan, kelancaran, dan kehamilan yang nggak banyak rewel adalah... FOTO HAMIL CETHAR. Atau, bahasa kerennya, maternity photo. Eh, iya nggak sih? Hehehe. Selain untuk mengabadikan momen kehamilan (Yes, every pregnancy is amazing!), juga biar eksis dong. Hahaha. -___-

Zaman sekarang foto hamil mah gampang yah. Sudah banyak kok jasa fotografi yang punya paket foto, baik indoor maupun outdoor, untuk ibu hamil yang kepengin momen kehamilannya terekam. Tapi, nggak semua ibu hamil nyaman ya difoto oleh orang asing. Kalau saya mah, alasannya nggak pakai jasa fotografi adalah karena... BOKEK. Biar bokek, eksis adalah teteup. Jadi, yuk mari kita ber-DIY foto hamil ajah! :D

Apa bedanya DIY (do it yourself) maternity shoot dengan jasa foto studio? Menurut saya, bedanya ya kalau DIY kita benar-benar melakukan semuanya sendiri berdua suami. Nggak pakai bantuan orang lain baik untuk mencarikan ide, make-up in, motoin, dan mengedit. Mungkin ada yang punya definisi lain tentang DIY foto hamil? Monggo yah kalau punya definisi lain. ^__^

One thing is certain: IT'S FUUUNN!


Libur Lebaran kemarin (dan baru sempet dibikin blogpost sekarang, haish), saya dan Adit melakukan proyek DIY maternity shoots ini. Idenya dari saya, alhamdulillah Adit mau walau terpaksa. And, these are steps that we did in the project.

STEPS:
  1. Membujuk suami, mengiming-iminginya dengan traktiran makanan favoritnya supaya dia mau. Kalau suami udah kooperatif dari awal, lewati langkah ini.
  2. Googling cari referensi foto-foto gaya apa saja yang bisa dilakukan dengan peralatan, tempat, dan properti seadanya. Less is more! \m/
  3. Obrolkan dengan suami, supaya kita tau bahwa dia juga nggak keberatan dengan ide-ide pose yang kita sudah pilih. Kalau yang kita inginkan hanya foto ibu hamil saja, berarti peran suami di sini hanya tukang jepret. Kalau kita kepengin foto couple dengan suami, minta ACC-nya dulu. Kemarin sih di bagian ini, Adit malah jadi usul ide dengan sendirinya. Sayang, akhirnya nggak jadi dieksekusi karena ketiadaan properti. Meh.
  4. Suami sudah oke, mulai ngobrol tentang perkiraan lokasi. Kalau fotonya di rumah saja, ya cari kira-kira di mana sudut rumah yang agak cantik kalau difoto (baca: nggak berantakan-berantakan amat, LOL). Kalau sudah, coba aja dulu foto di situ dan lihat hasilnya, oke enggak.
  5. Pilih-pilih outfit mana yang kira-kira mau dipakai. Siapkan make up juga kalau ingin ber-make up. 
  6. Siapkan properti yang dibutuhkan dalam setiap pose (kalau ada). 
  7. Kalau ada ide foto maternity couple bareng suami, jangan lupa memikirkan mau jepret pakai apa. Kemarin saya akhirnya beli mini tripod dulu demi DIY foto hamil ini. Beli yang murmer aja, nggak sampai cepek. Hehehehe.

*Notes*
Untuk mommies yang mengenakan hijab, berarti kan nggak boleh menampakkan perut ya. Kalau mau cari referensi pose, coba dengan keyword ini: "maternity photo for hijab"


WHAT I PREPARED & USED:
  1. Handphone berkamera
  2. Mini tripod
  3. Laptop (untuk photobooth nya)
  4. Baju (of course!)
  5. Kemben (karena ada pose yang menampakkan perut)
  6. Aplikasi foto editor gretong. Hahaha. Saya pakai PicsArt saja.
  7. Property: eyeliner, outfit for baby boy, sepatu bayi, buku cerita anak, sign Baby On Board, wall sticker papan tulis dan kapurnya (thanks to Mak Echa for the info), dan hasil USG.

Foto kehamilan itu bisa macam-macam ya tema-nya. Kalau kepengin yang sophisticated gitu, jangan lupa ya, ini DIY. Jadi, saya bener-bener carinya cuman yang doable saja. Hehehe. Ini hasil foto-foto DIY hamil saya beserta sumber inspirasinya, saya urutkan sesuai tema nya ya.. :D


AKU HAMIL!! :))

Pose standard dan outfit juga yang seadanya dan udah sering dipakai. Hehehe. Pakai prop sign Baby on Board. Ini nggak beli khusus untuk foto-foto. Emang kebetulan aja sudah punya cukup lama jadi tinggal dilepas, terus dipasang lagi deh begitu sesi foto selesai. :D



Sumber inspirasinya:

BAYIKU (LAKI-LAKI)! 

Karena beberapa hasil USG terakhir menunjukkan jenis kelamin janin saya adalah laki-laki, jadi ceritanya itu dijadikan tema. Properti nya pakai outfit bayi laki-laki yang kebetulan juga sudah ada sebelum membuat foto ini. Kalau jenis kelamin janin nya perempuan, tinggal ganti properti nya dengan dress atau baju-baju cewek deh. 



Nah, terus saya menemukan ini juga:

Nggak sulit, jadi kepengin ikutan juga. Saya belum punya sepatu untuk bayi laki-laki. Tapi, Ubii punya nih sepatu yang (tumben) nggak girly. Jadi pinjem sepatu Ubii untuk foto ini. LOL.




BARENG HASIL USG

Properti wajib jelas print out USG yah. Posenya terserah kepengin yang kayak gimana. Pose saya sih standard banget. Heuheuheu.




USIA KEHAMILANKU (31) MINGGU 

Untuk bikin goresan yang menunjukkan usia kehamilan ini, saya pakai eye liner. Supaya lebih gampang dibersihkan saja sih daripada kalau pakai bolpen atau spidol. Hehehe. This wasn't originally my idea. Tapi, maaf, saya lupa membookmark sumber referensi ide ini. Kalau ada yang menemukan, boleh colek-colek supaya bisa saya tambahkan link nya di sini yaaa.




CALON NAMA BAYIKU: (AIDEN)

Kalau kepengin kasih clue tentang calon nama bayi, bisa pakai ide simple ini. Posenya juga bisa dibikin lebih variatif kalau mau. Ceritanya ini sedang mensortir beberapa pilihan nama bayi laki-laki yang sempat membuat saya dan suami jatuh hati. Adit dari awal suggest 'Tristan' tapi begitu mendengar nama itu, saya teringat GGS euy gara-gara pecinta GGS kelas berat, Pungky Prayitno! Blame it to Pungky! Jadi, opsi itu kami coret. Lalu, Adit suggest 'Genesis' tapi saya kurang sreg karena bingung apa nick name nya nanti. 'Einar' juga dari Adit - saya lupa apa artinya. LOL. Lupa juga kenapa nggak sreg nya. LOL lagi. 'Dexter' dari saya, terinspirasi dari serial favorit saya dan Adit yang berjudul sama. Tapi, setelah dipikir-pikir, Dexter dalam serial favorit kami tersebut adalah pembunuh berantai dan ending serialnya kok ngenes T___T Ada yang nonton juga nggak? Saya nangis banget nonton episode terakhirnya *too much information, Gesi!* - akhirnya coret deh. 

Jadi, pilihan kami saat melakukan DIY foto hamil ini mengerucut pada Aiden dan Dastan. Tapi kayaknya lama-lama cenderung ke Aiden nih. Hehehe. Inspirasinya dari serial Revenge. Hadooh. Eh, tapi artinya bagus kok makanya lanjut. :D




BARENG SUAMI & ANAK PERTAMA

Kalau ini kehamilan si Adik, pasti rasanya kepengin melibatkan si Kakak dalam maternity photos. Itu yang saya rasakan. Pengeeenn banget Ubii bisa ikut mejeng narsis. Sempat pesimis karena Ubii kan masih belum memahami instruksi sama sekali karena kognisi nya yang terlambat. Jadi, akhirnya pilih pose-pose standard saja. Yang Ubii nggak perlu gimana-gimana. Tinggal duduk dan 'nurut' sama pose yang saya posisikan. Hehehe.

Nggak pakai banyak properti di tema ini. Namanya juga pose standard. Heuheu hiks hiks. Cuma menyiapkan kaos yang sewarna untuk saya, Adit, dan Ubii. Kalau kamu punya anak balita yang sudah bisa memahami instruksi pose, plus bonus suka difoto-foto, gampang senyum di depan kamera - pasti tema ini jadi sangat mengasyikkan loh. Coba deh googling 'Maternity photo ideas with kids' - aaakkk seru-seruuuuuu!


Pose ini betulan diatur oleh Adit. Ubii tinggal diam dan mengikuti. Tapi, mimik wajahnya nggak asik. Hahaha.
Ini salah satu foto hamil keluarga yang saya suka. Ubii terlihat cukup ceria.
Ini juga Ubii lumayan ceria. Hehehe.
Wajah Ubii bete euy!


BARENG SUAMI

Ini sih request saya. Biar romantis aja. Banyak failed nya tapi, hahaha. Karena kami suka awkward terus jadi ketawa sendiri -___-

Saya pernah menemukan referensi ini dan kepengin 2 pose dari kolase foto ini:

Credits
Ini agak failed yah. Ada shower bag lupa dipinggirin *___*
Nggak sebagus di contoh yah. Hihihi.

Foto dengan pose ini ceritanya adalah Adit yang sedang membacakan buku untuk Baby Aiden. Jadi bukan hanya saya si ibu yang care sama si jabang bayi, bapaknya juga care. Gitu harapannya. Ahay!



Ini garis besar ceritanya masih sama sih dengan pose sebelumnya, tapi sebenarnya saya kepengin supaya judul bukunya lebih terlihat. Kan judul bukunya 'Di Manakah Ada Cinta?' - nah maksudnya Baby Aiden inilah 'cinta' nya. Walaupun pada awalnya kami limbung saat tau tentang keberadaannya, walaupun awalnya kami nggak siap, dan bahkan nggak berani membayangkan ke depannya - tapi semoga ia adalah cinta. Begitchu. Sayang nih judul bukunya nggak kelihatan. Hiks.



BARENG SI KAKAK

Berfoto bersama Ubii dan calon adiknya adalah hal yang saya inginkan banget. Alasan sentimentil sih. Hehehe. Seperti tema Bareng Suami dan Anak Pertama - pose Ubii standard sekali dan saya lah yang memposisikannya. Kalau si Kakak sudah pintar gaya, ada banyaaaak sekali pose lucu-lucu loh. Coba deh googling, dijamin mupeng! :D




***

Buat saya, DIY foto kehamilan alias foto hamil sendiri itu mengasyikkan sekali. TAPI, perlu diingat yah - yang jadi goal kami adalah keseruannya (dan ngiritnya!). Kalau kamu kurang puas dengan pose, kostum, make up, dan lokasi sederhana - ya mungkin lebih baik maternity photo shoots di studio saja. Malah bisa pilih indoor atau outdoor dan ada pengarah gaya nya pula.

Ini nih yang (menurut saya dan Adit) menjadi nilai plus dari DIY Maternity Photo Shoot:
  1. Lebih fun karena dari awal dilakukan sendiri mulai dari mencari ide foto, memilih outfit, membayangkan sudut rumah mana yang lumayan caem, memilih properti, make up, edit foto, dan lain-lain.
  2. Lumayan banget untuk dijadikan agenda kegiatan yang bisa dilakukan bersama suami karena biasanya di tengah sesi pastiiii ada aja ketawa-ketiwi nggak jelasnya. Seru aja saat mentertawakan foto-foto yang failed sama-sama.
  3. Yang jelas banget, jauh lebih irit daripada paket foto di studio. Dengan catatan bahwa properti-properti yang digunakan juga memang yang sudah kita miliki, bukan yang harus dibeli-beli dulu semuanya. Walaupun kalau memang mau beli dulu beberapa printilan, juga completely fine sih. Be flexible saja.
  4. Sesi foto nya lebih relaxed karena nggak pakai acara canggung bin grogi berhubung yang fotoin juga suami sendiri.
  5. Bisa minta cekrek sepuasnya sampai kita merasa sudah mendapat hasil terbaik di setiap pose. Saya pernah tuh foto di studio. Foto sendiri sih, bukan foto kehamilan. Biasanya dibatasi kan berapa kali boleh cekrek. Jadi walau saya merasa belum mendapat hasil yang paling caem, juga pasrah. (Karena nggak mau disuruh nambah extra fee, hehehe).

Tapi, bukan berarti nggak ada hal-hal yang nggak asyik loh. Ini nih yang nggak asyik menurut kami dengan DIY Foto Kehamilan:
  1. Hasil foto (mulai dari segi editing, lighting, anything you name it!) tentu nggak secethar hasil foto studio.
  2. Udah sih itu aja. Hehehe. Soalnya beneran, I found these DIY Maternity Photo Shoots were super fun and enjoyable!


Siapa yang sekarang sedang hamil? You really should try this thing, Mommies! Ini beberapa tips kalau kepengin melakukan Do-It-Yourself Foto Kehamilan yah:
  1. Siapkan banyak properti seru. Kalau ada budget tambahan / nggak keberatan untuk beli-beli properti dulu, bisa juga pakai balon huruf, papan tulis, pita, kain satin, dan lain-lain.
  2. Saat menyiapkan properti, lebih enak sih disiapkan dari awal saja semua. Kemarin saya menyiapkan baru saat tiap ganti pose. Jadi ribet mondar-mandir cari-cari dulu.
  3. Jangan berkecil hati kalau kepengin mencoba tapi nggak punya DSLR. Bener deh, saya juga cuman pakai hape kok.
  4. Download beberapa photo editor app di gadget barangkali pengen coba-coba dulu photo editor mana yang paling disuka / gampang dipakai / banyak photo effect nya. 
  5. Foto-foto begini lebih cethar saat perut sudah mulai showing off ya. Kalau belum terlihat buncit, agak kurang seru, IMHO. :)
  6. Kalau mau menunjukkan bagian perut, sebetulnya lebih oke kalau linea nigra / pregnancy line / garis kehamilan nya sudah mulai terlihat. Saat saya foto-foto ini, linea nigra saya belum kelihatan.
  7. Jangan cuman foto indoor kayak saya kalau mau lebih fun lagi. Coba foto-foto outdoor juga. Di taman, depan rumah sakit, dan lain-lain. Kalau dilihatin, cuek aja. Hehehe.

Selamat mencoba. Kalau ada yang cobain, tag atau mention saya yaaaaahhh ^__^





Love,






64 comments:

  1. Mupeng... inspiring gessie jd sedihh g pny foto hamil dulu hiksss

    ReplyDelete
  2. APALAH AKOH DIBAWA BAWAK SEBAGAI FANS GGS GARIS KERAS

    ReplyDelete
    Replies
    1. LHAH EMANG IYA KAAANNNNNNNN. KAMU LUPA JATI DIRIMU ADIK????

      Delete
  3. wah ubii bakalan punya adek baru, namanya bagus aiden :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Oom, Ubii bakal punya tukang pukul nih buat ngejagain :p

      Delete
  4. waa bagusnyaa :)) kreatip mak.
    iya mak, jng dexter. itu jg paporitkuh. nonton endingnya ampe nangisss *dibahas*

    ReplyDelete
  5. Wah seru mbak, aku 2 kalo hamil gak pernah maternity photo :D, yang ketiga mungkin *lho*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya loh seru loh, yuk nanti buat yang ke-3 yaaa mbaa :D

      Delete
  6. Waahh jadi inget aku dulu juga foto2 heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti foto lagi pas adiknya Noofa :))

      Delete
  7. pakai hape ajaa bagus ya...
    favorite yang nulis 32 minggu di perut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bikin bagus photo editor app nya kayaknya, mbak. Gratiisss padahal app nya. Hahaha. Kalo belum diedit sebenernya biasaaa bingit :v

      Delete
  8. kucu2 banget,itu yang usia kehamilan,lucu bangetttt mak hehehehe...seru ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga fave ku, Mak. Mak Hana udah berapa week sekarang?

      Delete
  9. Yang bacain buku cerita buat baby Aiden so sweet banget. Patut dicoba nih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide nya sukaak, tapi kayaknya hasilnya kurang oke ya mba T___T

      Delete
  10. Lucuuuuuuuu~ jadi pengen juga bikin d.i.y foto bumil bareng suami.. Hahahaa kalo bujuk suami ku bukan makanan biar bisa fotoin, bujuk yang lain hihihii.. But thanks for sharing. Congrats atas kehamilannya

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bujuk yang lain itu kira-kira apa yaaahh... jadi bayangin loh ini. Hihihi. Thanks for visiting, Mak Asti ^^

      Delete
  11. Fotonya keyeeeeeeennn bingit Mbak Geesss,,,mau mau mau ah nyobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yay, cobaiiinn, tag aku ya kalau sudah coba :D

      Delete
  12. Aku rencana2 mulu gk jadi2 mau bikim foto hamil. Hih

    ReplyDelete
  13. waaahh kayaknya seruuu banget ya...duh suami mana suami....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeeettt! Bagian ngakak awkward dan ngakak liat hasil failed nya yang bikin seru, ehehehe. Silakan dicobaaa mbaaa ^^

      Delete
  14. Mau nyobaaaa. Tapi entar kalo perut udah rada gedean aja kali ya :)))
    Dan, semoga suamiku mau fotoin istrinya inih karena udah 2x hamil ga punya foto yg bagusan -___-
    Btw, foto2 diy-mu bagus, Ges. Aku suka yg temanya milih nama anak. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang masih belum buncit kan soalnya. Aminnn semoga kang Jefri mau ikutan yaaa ^^ Makasiii pujiannya. Izinkan aku terbang melayang kegeeran BAHAHAHA

      Delete
  15. "killian"? inspirasinya dr dua film loh, One Upon a Time sama Witches of East End ... :D asik euy yg foto hamil, foto hamilku cuma pas anak pertama itupun ga bisa dipublis. begitu hamil ketiga mah boro2 ... mungkin saya harus buat DIY foto keluarga :P nice pictures mamii ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iyaa... DIY foto keluarga sounds fun, too! Bikin donnngg mbaaa, nanti aku ngintip gantiaann hehehe

      Delete
  16. Aku ikut ngakak kaya Adit pas liat foto yang failed nya, hahaha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Oktiiii kapan atuh main ke Jogja lagii teeh?

      Delete
  17. Ahahaaa lucu2 pose and fotonya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senengnya bisa bikin Mak Oline ketawa hihihi :p

      Delete
  18. ih yang failed pertama itu baguuusss. candid jadi dapet banget ekspresinyaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada jadinya yg baguuus tapi gak berani post di sini hahahaha *cemen*

      Delete
  19. Wuidiiih...
    Foto2nya keren-keren ih Mami Ubiiii :))
    Dan dirimu terlihat glowing sekali di kehamilan ini....cantiiiik :))

    Tapi..tapi..dulu pas jaman hamil baik Kayla maupun Fathir aku selaluuuu hindarin yang namanya foto lhooo...
    Sepertinya aku gak punya satu pun foto waktu lagi hamil, soalnya aku kalo lagi hamil suka gembel banget bhahaha...males dandan dan sukanya pake baju rombeng gitu hehehe..

    Eh, sekarang juga masih sering nge-gembel sih...ya udah lah hehe...

    ReplyDelete
  20. luucuuuuu mami ubiiiii..
    aku pengen cobaaa tapi suamiku nggak doyan foto T_T *kemudian mengendapkan kepala di bantal guling*

    ReplyDelete
  21. hihi, seru ya mak, kompak sekeluarga :D

    ReplyDelete
  22. Asyik banget. Semoga lancar yaa persalinannya.

    ReplyDelete
  23. Seruuuu yaa...kudu dicobain nanti kl uda hamil...bikin prewed DIY jg bisa ya...ntar nyobain jg lah hahhaa...Makasih idenya mba :)

    ReplyDelete
  24. Aku baru tau kalo mami Ubii lagi isi lagi, maapkeunnn.... Sing lancar ya lahirannya..

    Btw, aku juga suka photoshoot sndiri pake tripod, tapi jarang kalo ngelakangin jendela kayak mami ubii gitu, ga berani sama backlight hehehe...

    ReplyDelete
  25. selamat ya mami ubii bisa membujuk misoa tersayang, betewai yang Failed gitu kok bisa natural sih *eeits siapa yang bisa jepret gitu ..hehehe

    ReplyDelete
  26. Aisshhh...keren Bumil bisa keren gitu. Bedewey selamat ya atas kehamilannya semoga lancar dan dua2nya sehat...

    ReplyDelete
  27. patut dicoba niiiyyy kereeenn,ngirit pastinya hehe :D

    ReplyDelete
  28. keren fotonya mbak. gak perlu repot-repot ke studio foto dan pastinya lebih hemat \^^/

    ReplyDelete
  29. Keren. Kreatif banget. Bacanya ikutan senyum2. He

    ReplyDelete
  30. Mbak Ges, setauku malah Dexter itu monyet di film Night at the Museum. Eheheheeee

    Asik banget Mbak punya bagian rumah bertirai. Emang bagus buat foto-foto. Berkat saran Mbak Gesi, sekarang aku lagi ngumpulin ide buat DIY prewed hhihi

    ReplyDelete
  31. Hahaha fotonya bagus, kreatif, dan pastinya kamu gak keliatan bengkak.
    Aku tambahin 1 lagi ya, photo hamil itu akan keliatan bagus jika
    (paling penting) bumilnya ga overweight.
    Its true! Aku jelas orang yang ga bisa photo maternity, karena difoto darimanapun keliatan kayak badak bengkak.

    ReplyDelete
  32. seneng kalo liat semuanya kompak buat bikin DIY family :D

    oya, mak sekalian mau info, aku lagi syukuran blogku, ikutan yuk give-away nya, diperpanjang waktunya http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma :)

    ReplyDelete
  33. bisa dicoba nih :D
    Semoga lancar yaa persalinannya.

    ReplyDelete
  34. Yang failed apik malahan hahahaha
    aku kok naksir sepatunya Ubii ya. Ada yang ukuran 40 kah? *meksoo* :D :D

    ReplyDelete
  35. konsep, ide, properti, pemilihan tempat, hehe... penting neh :)

    ReplyDelete
  36. kreatif banget tuh
    pemilihan nama bagus Aiden :)

    ReplyDelete
  37. lucunyaaa. sehat terus yaa dan semoga dilancarkan selalu :))

    ReplyDelete
  38. waahhh baguuuus mba ^o^... Momennya dapet bgttt.... ga perlulah ke foto studio yg mahal2 itu ya... ;) Aku jg lg hamil, tapi memang ga doyan sih di foto2 gitu ;p makanya ga pernah kepikiran utk bikin foto maternity

    ReplyDelete
  39. malah nih yah yang failed nya yang bagus .. keren foto yang pegang perut :D

    ReplyDelete
  40. Wah ini inspirasi... Keren-keren banget hasilnya padahal pake hp doang ya.... lagi nyari2 studio tapi sayang dompet ga memungkinkan... Makasih idenya mba... Salam kenal :)

    ReplyDelete
  41. Inspired bangets !!
    Ga sengaja nyasar kesini tapi ternyata seruuu..
    Makasih sharinya maak :)

    ReplyDelete
  42. Inspired bangets !!
    Ga sengaja nyasar kesini tapi ternyata seruuu..
    Makasih sharinya maak :)

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...