Monday, August 13, 2018

'Menyindir' Anak Pakai Lagu Cican


Di saat cobaan berupa Aiden ogah-ogahan disuruh makan tiba dan pas banget main sama anak tetangga yang makannya lhap lhep, rasanya qu sungguh tergoda untuk nyeletuk nyindir, "Wah Sukro makannya pinter banget yaa. Aiden pinter juga dong kayak Sukro."


Apakah buibu sekalian ngerasain godaan yang sama? PLIS JAWAB IYA. Biar saya nggak ngerasa sendirian, hahaha.

Bahan tergoda buat nyindir Aiden gitu bisa macem-macem banget. Tentang biar makannya lahap, nggak nangisan, nggak pundungan, apa lagi ya. Kalo disuruh ngelist gini kok blank nih saya. Padahal sehari-hari rasanya sering banget urged untuk nyeletuk gitu loh hhh.
Intinya tuh sebenernya pengin ngomong, "Plis, makanlah seperti Sukro. Lahap dan mudah, serta cepat menelan biar cepet abis. Tirulah perilaku Sukro yang budiman itu loh" gituuu. Tapi kalau dirasa-rasain lagi (karena saya kan anaknya feeling banget), kok kedengerennya jadi kayak banding-bandingin anak yah.

Padahal sudah menanamkan mindset di mana pun dan kapan pun bahwa setiap anak itu unik dan berbeda, maka jangan dibandingkan.


Plus kadang kalau lagi feeling banget, saya jadi parno sendiri. Nanti kalau Aiden gantian banding-bandingin saya sama ibu temennya, gimanaaa. "Coba Mami seperti Bunda Sukro, kalau ngomong nggak pernah loh pakai otot" gitu misalnya. Kayaknya saya bakal sedih atau kesel deh.

Baca: What Does Being A Mother Mean To You?

Tapi gimanaa yhaaa~ 

Pengen banget gitu punya 'senjata' biar Aiden punya role model yang makannya nggak letoy, yang nggak marah-marah melulu (semingguan ini Aiden lagi sering banget marah btw, dia udah masuk fase threenager, would write it in another blogpost yah), endebre-endebre.

Susah kali ya jadi mamak-mamak, hoh!
KABAR BAIKNYA:

Sekarang saya sudah punya senjata untuk 'nyindir' Aiden tanpa harus banding-bandingin sama anak lain. Gaperlu lagi bandingin sama Sukro, Sukri, Sukun, dan Su-Su lainnya. 

Pakai apaaaa ... ?

PAKAI LAGU CICAN!

Saya termasuk telat tahu lagu-lagu Cican ini, padahal udah punya buku cerita Cican sejak mayan lama loh astaga. Baru punya sebiji sih, dan sampai sekarang masih selalu dipilih Aiden untuk dibaca bareng hampir tiap malam karena seri Cican yang kami punya adalah Andai Cican Jadi Polisi.


Buat yang belum tahu, Aiden itu tergila-gila banget sama polisi dan tetek bengek kepolisian.

(Jadi inget mau cerita pengalaman main ke Museum Polri di blog tapi belom jadi-jadi, bye)

A couple days ago, saya iseng banget mikir, "Eh Cican kan ada bukunya banyak. Jangan-jangan ada kartunnya juga deh" dan langsung cari di YouTube. Eh muncul dong yeaaayyyyy! Nggak semuanya animasi kartun sih. Tapi lumayan banget, ada 4 lagu animasi kartun Cican dan lirik-lirik lagunya sangat catchy plus COCOK BUAT 'NYINDIR' AIDEN!

Empat lagunya ini nih: 

🍆 Sayur dan Buah
😭 Nangis Dulu
👩 Demi Ibu
🏡 Berantakan

Dari 4 lagu itu, yang saya relate banget sama Aiden plus cucok buat 'nyindir' ada 2 lagu: Berantakan sama Nangis Dulu.

Nih ya liriknya, gila pas banget buat senjata hahaha.

Nangis Dulu


disuruh mandi
disuruh makan
NANGIS DULU
disuruh tidur
disuruh nurut
NANGIS DULU
huhuhuhu
hiks hiks hiks srot (ada sound umbel segala coba, cubanget ya!)

rumah banjir
banjir air mata
dunia gempar
aduh puyeng

disuruh nangis
disuruh makan
BILANG OKE
disuruh tidur
disuruh nurut
BILANG OKE
oke yes bos
oke yes bos


Berantakan


kumelihat pulang sekolah
ada sepatu
BERANTAKAN
kumelihat ada mainan
morat marit
BERANTAKAN

kumelihat ada boneka
kocar kacir
BERANTAKAN

kumelihat mobil-mobilan
tergeletak
BERANTAKAN

kakiku sakit
injak mainan
hampir terjatuh
karna boneka

BERANTAKAN BERANTAKAN
kamarku sperti kapal pecah

Cican, ingatlah
setelah bermain
jangan lupa dibereskan
agar damai rumah ini

kubereskan kamarku ini
agar bersih juga rapi
kubereskan semua mainan
agar damai rumah ini

Gilaaaa, bow down banget sama Mas Wahyu Aditya yang udah nyiptain karakter Cican, plus buku dan lagu nya, makasih banget loohhhh!


Dua lagu itu saya suka banget. Liriknya simple dan pakai diksi yang gampang dimengerti. Pun sarat sindiran bahahaha. Tapi juga sekalian mengandung ajakan buat anak untuk ngelakuin hal-hal yang diharapkan orangtua. Agar damai rumah ini kan katanya, lol.

Lagu-lagunya juga dibarengin sama animasi yang colorful dan super catchy. Ekspresi-ekspresi Cican dan teman-temannya di video tuh pada lebayatun semua. Sungguhlah menghibur. Jadi Aiden diajak nonton itu bisa betah banget. Malah Aiden yang jadi ngajak nontonin itu melulu. Baru dua kali nyetel, dia udah hapal beberapa lines lagunya loh.

Baca: Anak Nonton TV, Yay Or Nay?

Dan jadi lebih aman yaaa pakai lagu-lagu begini buat 'nyindir' Aiden ketimbang saya nyeletuk-nyeletuk comparing sama Sukro, Sukri, dan Sukun. 

Lagunya bisa dinikmati gretong di YouTube, ayo coba cari dan nyanyikan bareng anak. Seruuuu!

Kalo buku-bukunya, di Gramedia noh bejibun. Harganya 49 ribuan dan ada macem-macem serinya. Kalau mau ngadoin Aiden bulan depan, boleh lah kadoin buku Cican bahahaha #ujung-ujungnya malak, lolololol!


Abis keranjingan Cican, saya langsung impulsif beli stikernya. Ternyata ada stikernya juga di LINE seharga 12 ribu rupiah dan stikernya banyaaakkk. Mau impulsif juga beli kaos dan boneka nya, tapi masih rada mikir.

Beli nggak yaa enaknya, bagaimana menurut pemirsa? Tolong putuskanlah untukqu.

Selamat 'menyindir' anak pakai lagu Cican!




Love,






Pic buku Andai Cican jadi Polisi credits to Mizan Store
Stiker-stiker Cican di foto pertama dari LINE sticker

7 comments:

  1. Saya juga suka cician mami ubii, dari sebelum nikah malah. Karena baca bukunya mas Wahyu dan nonton video-videonya di youtube. Tapi kalau untuk lagu saya baru tahu juga karena udah lama nggak ngikutin. Asiik bisa nambah bahan untuk nyanyi-nyanyi sama Mukhlas. 😍

    ReplyDelete
  2. baru tau ttg Cican untung baca ini hahaha makasi mba Ges, cus ah nonton jadi biar anakku juga no drama pengen denegrin yang nangis dulu :D

    ReplyDelete
  3. Aku ngakak baca takut dibandingin sama ibu lain. Senjata itu kupakai dulu waktu ibu bandingin aku dengan temanku yang notabene maaf ajaaa, sebenernya masihh baik aku bangeetttt dari sisi manapun. Cuma dulu dari sisi penampilan menang dia, nah ibu nyindir aku tentang penampilan dooong

    Aku pun dengan entengnya bilang, "Oke bu, dia tuh sebulan dapet segini segini uang sakunya. segini segini buat beli endebra endebre. Ibu mau ngasih uang yang sama buat aku?

    Ajaib, sampe sekarang gak berani bandingin aku dengan siapapun. Kwkwkwkwk.

    Komennya OOT nihhh. Maapkeuunn pak pulici dan maminya pak puliciiii

    ReplyDelete
  4. Aku nggak tau Cican-Cican iniii. Siap meluncur ke Youtube!

    Kalo aku biasanya "nyindir" lewat iklan tv, kebetulan anakku seneng banget nontonin iklan. Waktu itu ada iklan produk madu, anaknya susah makan dan lama, terus si Agnez Mo muncul memberikan produk madunya tersebut ke si ibu, dan dalam sekejap anaknya napsu makan. Pas liat itu, aku ngomong deh ke bocah, "Tuh, anaknya habis minum madu makannya pinter banget. Kamu juga dong yang pinter makannya." Ehhh, anaknya malah salfok nunjuk madunya dan mau juga minum madu. Termakan iklan, sepertinya aku harus mulai membeli madu tersebut lol :P

    ReplyDelete
  5. makasih mami ubi, mudah-mudahan anakku dramanya jadi berkurang tinggal bilang ok yes bos gak nangis2 mluluuuu

    ReplyDelete
  6. Baru tau si Cican ini....boleh juga lah nyindir pakai ini, belajar mengurangi banding2i juga wkwkwkw. Tapi kadang aku suka merayu pakai lagu cicak atau kucing....jadi sepanjang ngasih makan aku akan nyanyi cicak atau bersuara Meong.......

    ReplyDelete
  7. Hey! “Would you write my thesis?” With us, you can order and receive your essay in as little as 24 hours.Our service is see online 24/7.

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^