Friday, July 20, 2018

Anak Mengadu, Mari Cek & Ricek Dulu

Bersyukurnya dari Aiden yang udah mulai lancar berkomunikasi verbal itu salah satunya karena saya jadi tahu apa yang dia rasakan, butuhkan, dan inginkan dengan lebih jelas. Selain yaaa tiap hari ada aja celotehan-celotehan yang lucu, makanya saya abadikan dalam series Aiden's Story tentunya.


Bisa cerita itu tentunya jadi bisa mengadu juga. Mengadu yang saya maksud di sini adalah ngaduin kalau pas di daycare ada temen yang (dirasa Aiden) menyakiti fisik atau hatinya. 

Lega loh kalau anak bisa mengadu gini. Jadi misal ada yang sakit, saya bisa cek, bisa kasih obat, dan bisa menenangkan.

Baca: Mengajarkan Kejujuran

Namanya mamah-mamah, tiap Aiden ngadu abis 'dinakalin' temennya, hati saya langsung menjerit. HAH SIAPA YANG BERANI MENDZOLIMI ANAK AQU, TUNJUKKAN BATANG HIDUNGMU!

Tapi ternyata perlu banget yang namanya cek dan ricek, seperti judul infotainment jadoel itu.

Baca: Silly Convo #4 ― Stop Lambeturah 

Ini kejadiannya belum lama, baru kemarin lusa. Aiden pulang dari daycare dengan mood yang sangat nggak enak. Keseonggol dikit, marah. Ada yang nggak sesuai dikit, tersinggung. Diacuhin dikit soalnya lagi megang kerjaan rumah lain, nangis banget yang sampai berurai air mata.


Saya udah langsung ngebatin, ini anak kenapa ya. Dia abis ngalamin apa sih di daycare kok pulang-pulang mode senggol bacok amat. Soalnya yah, biasanya Aiden nggak begitu. Dia tuh kalo pulang mukanya sumringah. Abis pulang lalu makan sore sambil jalan-jalan muterin komplek, ngikutin saya nyiram taman, atau apapun itu mukanya berseri dan jahil.

Jadi saya tanya, "Aiden udah sekolah ya? Senang nggak hari ini?"

Biasanya juga nanya gitu tiap hari sih tapi malem pas mau bobo gitu cerita-cerita di kasur. Ini sore langsung ditanya demi mencari jawaban moodnya yang amburadul.

Baca: Pelajaran Berharga Dari Tayo The Little Bus

Aiden jawabnya gini, masih keputus-putus dia ceritanya:

"Kepala Aiden sakit. Kak Ali (nama samaran) nakal. Kak Ali dorong-dorong. Aiden jatuh. Sakit"

... sambil mecucu.

Itu saya tanggapinnya rada alakadar karena sambil siap-siap mau ke Hartono Mall. Pas di Gocar, muka Aiden masih bete dan ngaduin lagi bahwa Kak Ali nakal dorong-dorong sampai kepala Aiden sakit. Di mall makan dulu kan. Sambil makan juga mukanya masih cemberut dan ngaduin Kak Ali lagi.


Udah tiga-empat kali berarti Aiden mengadu sejak dia pulang dari daycare.

Tahu kan ya suka ada ujaran bahwa anak kecil itu adalah pribadi terjujur dan nggak pernah bohong. Jadi saya sempet yang ikut kesel sama Kak Ali, mengapa dia mendorong-dorong Aiden yang badannya seupil ini huhuhu.

Tapi di sisi lain, saya juga rada sangsi soalnya biasanya kalo Aiden rada berantem sama temennya itu (baik dengan ada luka kecil atau nggak ada sama sekali), pasti miss nya lapor. Ini miss nya nggak ada laporan apa-apa.

Baca: Suka Duka Menitipkan Anak Di Daycare

Jadi saya WA ke miss kepala daycare nya nanyain apa Aiden dan Kak Ali sempet main ala-ala smack down dan Aiden kepukul Kak Ali soalnya Aiden jadi bete berat dan bilang terus Kak Ali nakal.

Alhamdulillah, puji syukur loh miss-miss nya Aiden itu semuanya baik-baik dan pengertian. Miss kepala daycare nggak langsung jawab. Beliau minta waktu untuk tanya ke semua miss dulu yang tadi nemenin sesi sore anak-anak. Setelah dijelasin sama miss-miss baru deh beliau menjelaskan ke saya.


Ternyata kejadiannya itu gini.

Kak Ali lagi main kejar-kejaran sama Kak Ana (nama samaran juga). Mereka emang seumuran, sekitar 5 tahunan gitu kali ya. Nah, Aiden kepengin gabung sama anak besar jadi Aiden mendekat. Aiden mengarahnya ke Kak Ali dari belakang. Ndilalahnya, Kak Ali jatuh kejengkang. Kan pas tuh di belakangnya ada Aiden. Jadi ya Kak Ali ngejatuhin nimpa Aiden gitu.

OOOO GITCHU.

Lanjut, dijelasin sama miss nya kalau Aiden itu belum memahami yang namanya sengaja dan tidak sengaja. Makanya dia pas di daycare juga langsung ngambek sama Kak Ali karena mikirnya Kak Ali nakalin dia. Dan itu lumrah karena anak 2-3 tahun memang belum bisa membedakan kesengajaan dan ketidaksengajaan.

Padahal di daycare, kata miss nya, Aiden udah dikasih pengertian kalo Kak Ali itu nggak sengaja, bukannya mau maksud nakal. Ternyata sampai rumah masih sakit hati sampai malem lol. Jadi miss nya juga  minta saya ngasih pengertian lagi ke Aiden biar nggak lanjut sakit hatinya. Gini kata miss nya, "Minta tolong ya bun, kak Aiden diberi pengertian lagi. Kasihan juga kak Aiden nya kalau ternyata masih belum bisa menerima dan masih jengkel."

OK SIAP MISS.

Baca: Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak


Ya jadi gitu yah, gengs. Kalo anak kalian ngaduin dinakalin sama temennya gitu, cek dan ricek dulu. Siapa tahu kondisinya mirip sama Aiden yang belum bisa membedakan sengaja dan tidak sengaja. Biar kita juga bisa ngasih pengertian ke anak pelan-pelan. Biar anak nggak 'dendam' ke temennya. Dan biar nggak malu siapa tahu keburu marah-marah dan menuduh si anak lain ini, LOL.

Baca: Menegur Anak Orang Lain, Yay Or Nay?

Gitu dulu deh cerita kali ini. Abis ini mau siap-siap flight ke Jakarta jam 11.35 dan seperti biasa, Gesi belum packing ckckck.

See you in next post and have a nice day!





Luv,





6 comments:

  1. wii bagus banget ini, soalnya tahun depan ada rencana masukin Mukhlas ke Daycare dan ini bisa jadi pelajaran saya untuk selalu check and recheck dulu pengaduan anak :D

    ReplyDelete
  2. Saya tuh anak nangis gegara bapak nya aja , bapak nya saya interogasi ��
    Kalo sekarang sih lebih kalem , ke anak bilang yg menenangkan ,ke bapak nya juga bilang kalo bisa lebih alus lagi kalo ngingetin anak nya.

    ReplyDelete
  3. Hahaa aideeeen, kamu gemeciiin cekaliii :p. Ini wajar sih.. Krn bobski pun begituuu hahahah. Fylly juga termasuk suka ngaduin adeknya, tp kalo fylly cendrung sesuai kenyataan yg dilaporin.

    Nah kalo bobski, kebanyakan dilebihin hahahah. Kyak kemarin ngadu kalo mba Fyllynya ga mau bagi Yakult ke dia. Tp kenyataan, itu yakult udh dibagi rata, dan bobsky ternyata minta jatah mbak fylly nya wkwkwkwk.

    Jadi bener ges, apapun yg diaduin anak, perlu banget kita cek dan ricek :D

    ReplyDelete
  4. saya jadi gemar mengunjungi rekan2 blogger yang membahas parenting, karena ingin segera memiliki momongan.. :)

    ReplyDelete
  5. Jadi inget sama video ttg seorang bapak yg marah2 gara2 anaknya jatuh kedorong anak lain yg sedang main ayunan...

    ReplyDelete
  6. Hhhhhhaa kok gemesin sih den...ngadu2 smbil mecucu..aku jd ngebayangin nnti ank ku klo udh sekolah, tiap plng, cerita macem2 hhhaha

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^