Tuesday, January 30, 2018

Tempat Belanja Susu dan Popok Termurah


Hal terboros yang menyangkut kebutuhan primer (halah) anak-anak saya itu di susu dan popok. Karena belinya sering, otomatis saya pengin dong beli di tempat yang menawarkan harga termurah semaksimal mungkin. 


Ubii, hampir 6 tahun, yang berkebutuhan khusus ini masih pengguna popok all the time banget. Aiden, 2 tahunan, juga masih pakai popok walau nggak se 24 jam Ubii. Udah mulai rajin toilet training tapi belum berhasil. So, hail diapers! *krai*

Baca: That Kinda Challenge Called Toilet Training

Cerita terkini Aiden dengan toilet training nya saya ceritain kapan-kapan aja yah, di postingan yang lain, oke oce.


Dulu, saya selalu beli susu dan popok itu kalau nggak di supermarket, ya di minimarket. Di supermarket, plus nya adalah sekalian belanja kebutuhan rumah bulanan dan di supermarket sering banget ada bonusnya.

Baca: Tips Belanja Happy dan Asyique Ala Gesi

Bonus ini adalah sebuah poin yang maha penting buat saya, dulu.

Girang banget kalau beli popok dan susu beberapa sekaligus bisa dapet bonus kan. Pokoknya girang aja, walaupun ternyata nanti di rumah juga nggak bener-bener kepake. Di situlah seni nya menumpuk barang di rumah. Hidup barang bonusan. Lalu rumah penuh, kelebihan barang padahal rumah saya kecil, lalu kena omel Adit (dan mertua lol).

So far, dari kebiasaan beli popok dan susu di supermarket, saya sudah bisa mengumpulkan: tempat makan aneka rupa, tas aneka bentuk, dan kaos beberapa biji. 

Barbuk nya mana?


Udah cuman tinggal ini kayaknya yang beneran dipake. Sisanya dikasih orang atau hanya mangkrak begini. Menyedihkan. Marie Kondo akan kecewa.


Jeleknya, saya hampir nggak pernah titen (meneliti) harga. Liat struk belanja gitu saya puyeng banyak angka. Jadi yaudah, nggak ngeh beli popok dan susu di supermarket itu murah apa mahal.

Kadang-kadang saya belinya di minimarket merah biru atau merah biru kuning deket rumah. Biasanya beli di situ cuman kalau stok sudah habis padahal belum jatah belanja bulanan. Plus nya ya tentu saja dekat. Tinggal wer motoran nggak sampai 5 menit.

Di minimarket nggak pernah ada bonus. Dan lagi-lagi ya, saya nggak titen harga. Jadi nggak bisa bandingin antara beli di minimarket dan supermarket itu lebih irit yang mana.

Baca: Belajar Maaf, Terima Kasih, dan Tolong di Minimarket

Semuanya berubah sejak tahun lalu, 2017.

Ada temen saya semasa kuliah yang dulunya sempet kerja di supermarket inisial S (ketebak lah tetep hahaha) di Jakarta. Beberapa kali dia nginep di rumah saya kalau dia sedang main di Jogja. Suatu saat pernah tuh saya ajak nemenin saya belanja susu dan popok di supermarket.

Eh dia heran dong kenapa saya beli di supermarket.

Saya lebih heran ngeliat dia heran, emang apa yang salah dengan beli susu dan popok di supermarket, apalagi dapet bonus. Tetep bonus yang dipikirin kalo si Gesi mah.


Katanya saya lebih boros kalau beli susu dan popok di supermarket. Mendingan ke toko-toko yang khusus jual susu, popok, endebre-endebre lokal. Demi apa. Saya nggak percaya. Dan dia tantang saya untuk ngebuktiin sendiri.

Sejak itu, Gesi berubah menjadi sosok yang teliti terhadap harga. Susu dan popok doang sih masih hahaha. Saya jadi ngeliatin harga-harga susu dan popok merk yang saya pakai tiap beli di supermarket dan minimarket. Saya juga jadi cobain beli di toko susu kesayangan warga Jogja, Clandys namanya.

TERNYATA DIA BENAR!

Bedanya lumayan banget loh antara beli di supermarket, minimarket, dan Clandys. Beneran! Saya aja shocked kok ternyata beda nya kerasa. Kirain cuman beda seribu dua ribu perak doang. 

Saya biasanya beli susu kemasan 1800 gram kalo di supermarket itu 230 ribuan. Di Clandys bisa cuman 218 ribuan. Beda 12 ribuan buat 4 kotak (biasanya saya beli 4 kotak per nyetok) artinya udah hampir 50 ribu. Udah dapet KFC Super Besar masih ada kembalinya. Kalau buat nonton, dapet tuh 1 tiket dan ada kembalian juga bisa buat bayar parkir mall.


Popok juga kerasa bedanya. Kemasan yang saya beli di supermarket biasanya 120 ribuan. Di Clandys bisa 90 ribuan doang. Eh tapi ini saya lupa-lupa inget. Kalo salah jangan ditimpuk popok bekas yah. Tapi intinya bedanya kerasa.

Baca: Belanja Mainan Murah di Asemka

Saya langsung nanya dong ke temen saya, kok dia bisa tahu kalo di toko-toko macam Clandys itu lebih murah. Ya itu lah bekal dari pengalaman kerjanya di supermarket S. Ternyata di usaha kayak gitu ada survey-survey harga pesaingnya yah (baru tahu loh). Pesaing untuk susu dan popok ya paling kuat dari toko-toko lokal, begitulah hasilnya.

Tapi, namanya sesuatu itu ada 2 sisi. Plus dan minus. 

Plus nya jelas lebih irit itu tadi kan. Minus nya, nggak pernah deh saya berapa kali beli di sana dapet bonus. Beneran nggak pernah. Cuman bonus senyum dari kasir, tanpa barang-barang remeh yang bisa digembol.

Awalnya saya njeglek banget. Nggak biasa gitu beli popok dan susu dalam jumlah banyak (apalagi buat dua anak kan) dan pulangnya nggak bawa bonus apa-apa. Dulu-dulu rasanya hampa tiap pulang. Dan dulu saya selalu rutin nanya ke kasir, "Lho Mbak nggak ada bonus?"


Sekarang sih udah terbiasa nggak dapet bonusan. Udah nggak pernah nanya lagi hahaha.

Ternyata saya hanya butuh waktu untuk membiasakan diri lol. Bagusnya, rutinitas numpuk barang bonusan jadi berkurang banget. Yang masih butuh usaha dan keteguhan hati sekarang itu adalah stop numpuk toiletries gretongan dari hotel karena di rumah nggak pernah dipake dan akhirnya dikasih ke orang.

Doakan saya!

Anyway, buat warga Jogja yang belum tahu Clandys dan pengin buktiin sendiri murahnya, nih yah alamatnya:

Clandys Godean
Jl. Godean KM 4,5 Ruko Kajor Kav 1-4

Clandys Maguwoharjo
Jl. Raya Solo-Jogja No. 43

Clandys Jamal (Jalan Magelang)
Jl. Magelang 133 - (0274) 624617

Kalau belum pernah, nggak susah kok cari alamatnya, soalnya di pinggir jalan dan pasti ada plang Clandys segede gaban warna pink.

Denger-denger, harga di Clandys itu udah termurah di seantero toko-toko lokal. Saya percaya sih. Soalnya di tumpukan popok mereka itu yah, ditulisin pake spidol item gede-gede TERMURAH gitu.

Jadi yaudah percaya aja, males juga mau survey ke toko lain. Yang penting udah lebih irit daripada di supermarket aja saya udah puas hahahaha *mudah puas*


Ubii lahir 2012 dan saya baru mulai beli popok dengan harga termurah itu 2017. 

5 tahun yang sungguh cukup jadi pelajaran berharga. Jangan ulangi kesalahan saya!

Demikian cerita remeh yang ternyata kok bisa jadi panjang hari ini. Have a nice day, gengs!




Love,






39 comments:

  1. Clandys ada juga di Jalan Paris mak hihi. Aku kalau pas pulang ke rumah mertua di Bantul ya biasanya ke Clandys JaPar tapi karena stay di Gunungkidul ya ngoyot adoh bingit nek ke Jogja ming ngelengke beli diapers yang notabene bukan kebutuhan primer, soalnya diapersnya dipake cukan kalau malem dan kehabisan celana karena belum kering gak ada matahari wkwk. Biasanya juga ke Alpa deket rumah nyari yg diskonan pokoknya mah yg label harga orange di rak pajang, bandingin bahkan sering pakein kalkulator ngebagi rata-rata harga wkwkwkwk. Semangaaat mamak Ubii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh, ada di Japar juga? Wah thanks infonya, Mba. Nanti kutambahin alamatnya ah di postinganku ini. Yeay.

      Delete
  2. jadi pengen nyobain ke clandys buat persediaan pampers murah nih

    ReplyDelete
  3. Samaan nih Tim kuning mak,

    Kalau Saya emang dari dulu lebih suka belanja di grosir atau rumah susu, jauh Lebih murah. Dan kebetulan supermarket jauh, harus ke Kota, biar kata ada diskonan pun jatuhnya tetep berat di ongkos :)

    ReplyDelete
  4. 5 tahun dikali selisih harga susu dan popok kira2 udah bisa buat beli apa ya????hehe

    ReplyDelete
  5. Aku juga selalu beli pospak di babyshop dan memang jauh lebih murah. Beli di supermarket itu jaranggg banget, karena memang nggak lebih murah daripada toko lain. Pospak yang biasa kubeli harganya bisa beda 20-40 ribu rupiah lho. Mayan bangettt kalo bisa hemat!

    Btw, Clandys di Bali juga sangat dipuja-puja, hihi. Karena memang dia toko grosiran kan ya, jadi harganya murce sekali.

    ReplyDelete
  6. Aku beli susu ma pospak di shopee ges, yg beli suami kirim ke jkt kan free ongkir... Lbh murah banyak jg drpd beli di toko bahahaa... Jd tiap minggu suami plang pasti bawa susu ma pospak, bawanya nyicil karena berat :D. #demiirit2018

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mau irit di 2018, doakan aku, Hanceeee :D

      Delete
  7. Haha emang bener jauh lebih murce di toko susu mami Ubii. Karena lebih murce, saya malah ga pernah beli di SMP.��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa lebih murce ya, sedih baru tahu tahun lalu hiksss

      Delete
  8. Yupz beda bgt harganya mbak, di Semarang, antara minimarket dgn toko2 seperti itu bisa selisih sampai 16ribuan.. 😄😄😄

    ReplyDelete
  9. Suamiku banget ini numpuk toiletries sama kopi, teh, gula, n krimernya hotel. Ada gak sih perkumpulan kolektor toiletries hotel? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha coba cari, kalo nemu kabarin aku yaaa lol

      Delete
  10. Kalo di jakarta rasanya pospak dan susu di supermarket saat ini cuma jadi display aja. Sering banget pergokan sama ibuk-ibuk yg lagi mau ganti merk nanya2 doang sama SPG nya padahal belinya di onlenshop juga hahaha...
    Ini aku banget juga sih, lol. Dari anak lahir sampe sekarang mau 3 thn onlenshop andalanku, favoritnya di tororo.com krn kalo domisili jakarta ga kena ongkos kirim lgs diantar sama kurir :D

    ReplyDelete
  11. Sayangnya clandys nggak online jadi nggak bisa cek harga dulu sebelum kesana, semacam di harga-promo.com kan bisa bandingin idm, alfa, superindo, giant, dll. bdw kadang di idm dll itu murah juga lho pas promo. di lazada juga 😂 #makmaksukaonline

    ReplyDelete
  12. Clandys emang termurah mbak..tapi kadang suka beli online jg pas ada promo. kmrn bisa sampe beda 4000an jg sama clandys per kalemgnya.Pake promo gratis ongkir jadi hematnya dapet hehehe...
    Emak-emak gitu looh...😘

    ReplyDelete
  13. Mami Geeeees kirain mo ada giveaway popok gitu hahahaha

    ReplyDelete
  14. Hahaha iya mami ubi di toko susu atau di pasar lebih murah loh. Sesekali sih aku masih beli di mol. Dan prinsip beli diaper buat aku adalah cari yang termurah hihihi tapi brand nya terpercaya. Aku kalau di pasar atau di supermarket di bagian popok selalu pegang hape. Trus ngitung harga per pcs nya kwkwkwkw. Dan yang termurah itulah juaranya ����

    ReplyDelete
  15. Mbak Gesi, di Denpasar Clandys juga murah bingit.

    ReplyDelete
  16. Aku selalu melihat toko toko susu dan diapers lokal dengan stigma pasti lebih mahal..aku kira supermarket itu udah termurah lhooh.. Hahaa tapi ternyata aku salah .. Aku menjadi tercerahkan setelah baca postingan ini.. *langsung survey toko lokal.. LOL.😂 thanks mba gesi tulisan ini mencerahkan hidup dan kantongku ..wkwkw

    ReplyDelete
  17. Di Surabaya ada ga ya, Mbak?
    Kayaknya perlu benar-benar berburu kebutuhan di Clandys biar murah

    ReplyDelete
  18. Clandys jg ada lo mama gesi di depan progo, eh btw progo jg murah2 diapers nya segala macam merk dan selalu ada promo, boleh lah main2 ke progo mama gesii 😁😁 bs lgsg review bsk

    ReplyDelete
  19. Aku dong beli pospak di shopee. Hehehe. Sampe mas kurir sebulan sekali anter barang segede gaban tanya ini apa bu besar sekali? pempes mas jawabku sambil nyengir. Soalnya belum tau yang murah disurabay dimana

    ReplyDelete
  20. Ada clandys juga di bantul mbak. Tapi kecewa, merk idolaku ga ada di sana 😭😭😭😭. Jadi ga pernah lagi ke clandys.

    ReplyDelete
  21. Hahahahah, aku mah kalo beli popok dan susu ga pernah di supermarket ges. Untungnya deket rumah jg ada yg murah bangetttt. Jauuh lah ama supermarket. Kalo di sana bisa 120 rb an popok, di rumah susu langgananku popok yg biasa dipake anak2 cm 72 rb ukuran sama! Kalo aku sih ga ptg bonus, yg ptg selisih harga jauh hahahaha

    ReplyDelete
  22. Kenapaa ada foto SU pose begicuuu? Hahaha.. :D Aku masih suka beli susu diapers di supermarket karena sekalian belanja bulanan.. Tapi pernah juga beberapa kali beli di toko khusus diapers susu sama beli di toko grosiran gitu.. Asli lebih murah emang mba.. Syenang.. :D

    ReplyDelete
  23. Iyup clandys emang murce miubi. Beda harganya bnyk bgd. Dlu waktu si ken masih ngediapers aku jg beli di clandys. Bedak2, minyak baby, sabun bayi, harganya murah.

    ReplyDelete
  24. Di depan progo juga ada mbak ges, aku klo belanja bulanan di progo susu ama diapers nya beli di clandys. Alhamdulillah udah pada lulus toilet training. Sekarang tinggal beli susu. Kerasa bgt biaya bulanan berkurang banyak sejak ga beli diapers. Aku bahagia

    ReplyDelete
  25. Hii Gesi.. emang bener harga popok di Clandys paling murah, tp kalo untuk susu lebih murah di istana susu, di jalan solo, sebelum lampu merah jembatan layang janti.. tetep ya bu ibu :)

    ReplyDelete
  26. Bener, Say. Eh, kadang di Pamela suka ada promo popok lo. Harganya juga murah. Tergantung Pamela no berepa juga sih. Aku pernah bandingin 2 pamela dan ternyata promo pampersnya beda. Pamela yg dekat rumah promo bundle, pamela dekat bekas rumah promo diskon.
    Nah, kadang di indomaret suka promo pampers juga, say. Harganya lumayan miring.

    ReplyDelete
  27. Terimakasih atas infonya. tambah laris ya usahanaya

    salam kenal
    Rak minimarket surabaya PT Aku Sayang Indonesia Ku

    ReplyDelete
  28. Bisa COD kah sis. T4 ku kalibawang

    ReplyDelete
  29. Pengen coba belanja di clandys, di Jakarta ada gak ya? Tempat belanja popok & susu yang murah seperti itu ? Mohon infonya, terima kasih

    ReplyDelete
  30. Aku biasa nya beli online mak,, suamiku yg beli karena kerjanya di kota jogja.. biasa nya beli di olshop (queen.shop1 / itemanist. ) murah" banget disana, udah gitu banyak promo nya lagi.. cari aja tokonya di shopee yaa buibu.. ��

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^