Friday, September 9, 2016

Belanja Mainan Murah di Daerah Asemka


Setiap kali ke Jakarta dan punya waktu luang (and of course budget), saya biasanya kepengin blasukan di Asemka. Kenapa? Karena Asemka is simply the surga mainan anak-anak dengan harga miring. Hahaha.


Saya tau tentang Pasar Asemka ini dari teman-teman saya sesama ibu-ibu di breastfeeding support group. Mereka kalau ngasih testimonial tentang Asemka tuh bener-bener meyakinkan sampai akhirnya saya nggak tahan buktiin sendiri. Dan.. akhirnya emang ketagihan!

Emak-emak yang stay di Jakarta pasti sudah tahu kalau kita bisa nemuin banyak hal di Asemka. Nggak cuman mainan, tapi cuma perlengkapan sekolah anak, aksesoris, souvenir nikahan, souvenir ulang tahun, goodie bag, dan lain-lain. Modelnya pun macem-macem. Kalau saya sih lebih suka hunting mainan nya.

Tempat beli mainan favorit saya di daerah Asemka adalah Toko Hans

Alamatnya: Jl. Asemka-Petongkangan, Pasar Pagi, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

Toko Hans ini super duper gampang dicari karena letaknya di pinggir jalan banget. Nggak masuk-masuk ke dalam pasar nya. Berikut plus minus nya beli mainan di Toko Hans.

Plus:
  1. Komplit, beneran komplit.
  2. Mayoritas sudah ditempeli dengan harga, jadi nggak ribet nawar-nawar lagi.
  3. Harga (kayaknya) udah yang paling murah yang saya liat sejauh ini.
  4. Bisa bayar pakai debit. Just in case kalap padahal bawa cash mefet. Heuheu.

Mungkin ada tipe ibu-ibu yang lebih hobi nawar daripada beli dengan harga pas. Memang rasanya puas-puas gimana gitu kalau bisa nawar dan dapet. Saya pun gitu sebenernya. Tapi, ini nggak berlaku untuk Toko Hans karena ternyata harga mainan di Toko Hans yang nggak boleh ditawar itu tetep masih lebih murah daripada di kios-kios lain yang saya berhasil nawar. LOL.

Jadi, dulu ceritanya, saya blasukan juga ke Pasar Gembrong yang katanya surga mainan 11-12 sama Pasar Asemka. Banyak kios mainan di pinggiran jalan yang semuanya boleh ditawar. Saya inget banget, beli tongkat peri kayak gini.

(*)

Awalnya penjual di Pasar Gembrong buka harga 75 ribu. Saya tawar jadi 35 ribu dan dapet! Pulang lah saya dengan perasaan puas dan jumawa luar biasa. Jumawa yang cenderung sombong. Terus saya pamer cerita sukses saya nawar di Pasar Gembrong ke WhatsApp group. 

Besoknya, saya ke Pasar Asemka. Nemu Toko Hans. Saya masuk dan liat tongkat peri yang sama plek ketiplek plek ditempeli label harga 26 ribu!

WHAAATTTTTTTTT!

*_________*

Maafkan kesombongan hamba-Mu ini Gusti.

Nah, sejak itu saya nggak kepengin lagi ngulik Pasar Gembrong. Tiap pengin beli mainan, langsung menuju Toko Hans aja udah. 

Entah karena emang ternyata Toko Hans udah paling murah atau bisa juga karena saya kurang lihai dalam nawar. Walaupun sebenernya saya udah ngerasa pede dengan kemampuan nawar di pasar saya. Kalo kata temen-temen saya, "Kamu dandan kalik makanya ga dikasi murah. Lain kali kalo nawa pakai baju kucel aja." Lhah padahal saya udah kucel berat saat ke Pasar Gembrong dulu itu kok. Jadi yaudah, I love Toko Hans from that moment on and up until now. Hahaha.

Tapi, tetep aja ada minus nya yah belanja di Toko Hans.

Minus:
  1. Semua mainan dipajang dalam etalase sehingga kita harus minta tolong sama pramuniaga kalau mau lihat dari deket atau kepengin pegang langsung mainannya. Untuk itu, kita harus rela antre karena toko ini selalu ramai dan semua pramuniaga selalu sibuk melayani customer. Kalau kita pasif dan segan untuk teriak kenceng, "Mbak, liat yang mainan mobil atas itu dong" - sudah pasti kita bakal diserobot orang lain. Pertama kali ke Toko Hans, saya banyak diam karena rikuh mau teriak-teriak. Namanya orang Jawa, pasti nggak enakan biasanya. Tapi, pembeli-pembeli lain semua teriak-teriak dan saya jadi nggak diladeni blas. Dilirik aja enggak. Sejak itu saya ikut teriak kalau mau minta tolong diambilin mainan. LOL.
  2. Bentuk Toko Hans itu memanjang dan selalu rame pembeli. Jadi pasti kepanasan walaupun bentuknya toko, bukan pasar. Kalau kita tipe yang selalu ngalah saat didesak pembeli lain yang berjubel, dijamin kita bakalan di situ terus sampai tokonya tutup.
  3. Namanya toko rame, pasti mbak-mbak dan cici-cici nya pada jutek apalagi kalau kita milihnya lama dan minta diambilin banyak mainan tapi nggak jadi beli. LOL.
  4. Meja kasir cuman sebiji dan itu pasti antre juga.
  5. Banyak banget pembeli yang beli grosiran, jadi mereka mewadahi belanjaannya pakai kardus besar. Sering banget kardus besarnya sampai nutupin etalase kaca. Kita jadi susah mau liat-liat mainan yang dipajangnya di etalase kaca bagian bawah. Mau lewat aja kadang susah kok. Mau jongkok-jongkok untuk ngintip ya bisa sih tapi butuh perjuangan karena kedesak-desak banyak orang.

Walaupun minus points nya cukup menantang, saya tetep cinta sama Toko Hans. Alasan terbesar ya karena harganya murah itu tadi, even without kita perlu nawar. 

  1. Stroller mainan: 100 ribuan.
  2. Masak-masakan: 38 ribu. 
  3. Binatang diputer jalan: 14-19 ribuan per biji tergantung bentuknya apa. Deket rumah saya ada yang jual 26 ribuan sebiji.
  4. Buah potong: 33 ribu. Online sekitar 60 ribuan.
  5. Topeng dan jubah Superman: 80 ribu. Online sekitar 100 ribuan.
  6. Tongkat peri: 23 ribu. Di dekat rumah saya di Jogja, ada yang jual kaya begini plek harganya 45 ribu 

*___*

Dulu pas ke Pasar Gembrong, saya pernah beli boneka yang ada tempat mandinya kaya gini:


Di Pasar Gembrong saya dapet 70 ribu. Kemarin pas ke Toko Hans, iseng saya ngecek harganya. Ternyata cuman 40 ribuan. Nambah sakit ati saya. LOL. Btw, seru loh main memandikan boneka sama anak-anak. Hehehe.



Toh, minus-minus nya bisa disiasatin sedikit-sedikit kok sebenernya.

Tips Belanja di Toko Hans:
  1. Jangan datang ke sana pas weekend. Saya pernah dateng hari Sabtu dan ruarrr biasa berjubelnya pembeli.
  2. Kalau mau belanja ke Toko Hans, dari rumah makan dulu. Terus, bawa bekal air putih di tas karena hunting mainan di situ pasti rasanya haus banget. Selain panas, juga karena kita perlu teriak-teriak. Saya sih selalu haus. Nggak tau kalo Mas Anang.
  3. Nggak usah dandan cantik-cantik dan pakai baju bagus. Pakai baju bahan kaos yang menyerap keringat. Kalian pasti keringetan di sana. 
  4. Kalau bisa, jangan bawa anak. Kasihan anaknya. Soalnya beneran hiruk pikuk nya dahsyat di dalam Toko Hans. Kemarin, pas saya ke sana, ada ibu-ibu yang bawa anak-anak. Keringetan semua tuh anaknya dan jadi rewel. Ada satu ibu yang jadi marah ke anaknya karena anaknya rewel :(((( Kayaknya memang ibu itu mau belanja grosiran banyak sih. Jadi lama di sana. Ndilalah anaknya yang digendong pakai gendongan model kanguru nggak bobok-bobok. Makin ngomel deh si ibu :(((( I'm not judging, but really anak-anak nggak bakal nyaman di sana.

Di area bawah flyover juga banyak kios-kios. Ada yang jual souvenir, aksesoris, mainan, endebrew-endebrew. Nah, kalau di luaran ini semuanya boleh ditawar. Kemarin saya nemuin satu toko mainan di pojok jalan bawah flyover. Kecil banget kiosnya nyaris nggak keliatan. Tapi, not bad lah, I got a pretty good deal there, too.


Troli supermarket mainan ini 50 ribu. Saya liat di online rata-rata 70 ribu ke atas, bahkan ada yang jual 110 ribu.

Mainan anjing dan kereta api yang ditarik lalu jalan ini 10 ribu per biji. 

Intinya saya hepi. Hahahaha. Mainan-mainan binatang yang diputer/ditarik bisa jalan ini saya beli beberapa karena emang biasanya dipakai sama terapis Ubii dalam sesi AVT (Auditory Verbal Therapy) nya. So, sekalian buat media belajar Ubii nih.

Ada yang pernah belanja di Toko Hans atau Pasar Asemka? Punya cerita apa tentang pengalaman belanja di sana? Pengen blasukan ke sana nggak sih? Hehehe. Share yuuukkk!


^___^


Love,







(*): https://s3.bukalapak.com/img/857659552/w-300/19629402_b693e92c-f6d7-4dae-bc6b-b17cdd513908.jpg

61 comments:

  1. Mi, kalau ke ASEMKA bilang ya?
    aku nitip, wkwkwkwkw
    boleh kan? serius

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeehh lah, Witri. Tapi yang kira-kira bisa aku bawa sendiri yah shay. Kalo gede-gede banget kayak mobil-mobilan gitu, susah aku bawanya hihihi

      Delete
  2. Ngacuuuung. Jaman masih jadi guru TK seriiiing banget ke Asemka. Belanja alat mainan buat sekolah atau beli hadiah buat anak2 kalau ada event lomba2. Makanya sekarang syedih tinggal di Palopo mainan mahal2, beli online lebih mahal lagi, wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Online kadang ada yg lebih murah, tapi sama aja ongkir. Hahaha.

      Delete
  3. Aku kayaknya tau deh maak
    Ini yg kalo beli 2, 3, dst beda harga kan ? Banyak lebih murah ?
    Dulu sempet langganan toko situ tp gak engeh nama tokonya apa. Wkwkwk
    Adek dan sepupuku jaman itu masih toddler, kalo beli mainan kudu 3 biji, jd mampirnya kesitu
    Drpd beli 1 dimarahin eyang grgr anak anak pada ribut ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi udah ada sejak zaman baheula ya toko ini? Mantaaappp

      Delete
  4. Okey, bsok nyuruh suamiku ke pasar asemka brarti hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamimu pasti kewalahan di tengah kumpulan emak-emak beringas, hihihi

      Delete
  5. Pasar asemka ini yang di daerah kota bukan sih? Apa yang cikini? Duh aku orang jakarta tapi nggak tau tempat-tempat beginiii. Hihihii. Pernahnya ke toko mainan banyak yg di kota itu, entah namanya pasar apaaa. Huahahahaaa. Mami Ubi kurang banyak borongnya tuuuhhh. Tunggu aiden sama ubi udah gede biar pada bisa milih sendiri, baru ntar ngerasa bangkrut maminyaaa. Weheheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeuh, bisa seharian di sana kalo ngajak bocah hahahaha

      Delete
  6. kalo saya biasanya di pasar gembrong alias prumpung yang deket rumah aja, hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woh deket pasar gembrong ya rumah mas Ijonk? Tau gitu dulu aku mampir nebeng minta minum bahahaha

      Delete
  7. Huwaaa Mbak Grace bermanfaat sekali info nya buat saya.
    Saya termasuk orang yang lebih suka beli dengan harga pas (tapi tetep murah) hihihi..
    ketimbang nawar tapi belom tau range harga sebenarnya :D
    Ya ampun murah banget itu, tadinya aku kira pasar gembrong itu yang paling murah, ternyata toko Hans di Asemka ya :D
    Telimikicih mama ubi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, ujung-ujungnya sakit ati kalo udah nawar maksimal ternyata ada yg lebih murah *___* Samasama mbaaaa :)

      Delete
  8. wah banyak juga koleksi maenannya mba gres..

    ReplyDelete
  9. Waaa akhirnya kolom komen ini nongol juga hehe

    Asemka memang surganya mainan anak mbak. Juga surganya stationery. Jaman dulu saat masih sering ngurus2 event seminar dan sejenisnya, Asemka jadi tempat yang asik buat berburu perlengkapan berharga miring dan berkualitas bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya stationary juga banyak banget dengan pilihan gambar lucu-lucu. Jadi pengin balik ke sana hahahaha

      Delete
  10. Kayaknya bisa ini kulakan di Asemka trus tak jual lagi di Malang :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bisaaa, hayo coba, siapa tau kamu bakat dagang :D

      Delete
  11. Wah kapan2 si buah hati perlu diajak kesini tuh, Nice artikel sis.

    ReplyDelete
  12. Ya ampyun... sy sih blom pernah ya ke toko hans ini. Tp br baca reviewnya aja kok udah males ngebayanginnya hihihik... untung anak sy dah pd gede2 udah gak minta mainan lagi😁

    ReplyDelete
  13. Mamiii Ubii.. Ini demi apa kita belanja ditempat yg sama.. Ak sering ke Asemka dan hampir semua toko ud pernah belanja.. Daaan meng d Hans ini yg favorit bgd.. Jumat kemaren bgd ak kesana mamii seperti biasa berburu mainan murah dan bagus.. Terakhir, salam utk Cimolman.. Sehat, kuat, dn bahagia selalu..

    ReplyDelete
  14. wkwkwkwkw, aku bacanya lgs ikutan keringetan mba Gesi ;p... kebayang hrs teriak2 plus ramenya itu.. okelah, fix ini toko bakalan aku suruh suami aja yg masuk ;p.. plus triak2nya.. kalo aku udh pasti kalah saing di dalam... mending megang dompet utk bayarnya aja :D.. pernah sih ke asemka, secara ini pasar bisa dibilang ga jauh2 amat dr rumahku.. cuma memang ga sering kesana, krn ga kuat panasnya :D.. wkt itu belinya di toko2 dalam krn mau cari goodie bag utk anak2 yatim pas acara buka puasa.. memang murah2 mbak.. akupun kalo ga masalah ama panasnya bakal betah jg shopping di sana ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata deket rumah ya? Harusnya aku mampir yah numpang ngadem hihihi

      Delete
  15. widih..hiruk pikuk banget ya di Asemka..harus siap sedia air minum tuh, takut kehausan pas milih2 barang.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, pasti hausnya Mak Juli. Banyak sih yang jual minuman dingin. Tapi biar irit mending bawa minum sendiri hahahaha

      Delete
  16. Mamiii, kok tumben aku ngakak baca tulisanmu ya. Banyak bagian yang ketawaable :v haha eh btw aku orang Bekasi aja belum pernah kesana T_T padahal udah denger dari dulu itu Asemka murah-murah - -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bagian mana yg lucu :'))) Syukurlah bisa jadi ketawa. Ketawa kan menyehatkan :D

      Delete
    2. Kasi nomornya dong hans ke 087739072008 makasi bunda

      Delete
    3. Kasi nomornya dong hans ke 087739072008 makasi bunda

      Delete
  17. asemka idolaku mah. aku belanjanya sembarang toko ges. tp emang miring abeees harganya. ah jd pengen kesana lagi

    ReplyDelete
  18. Huhu... aku belom pernah ke sana. Surganya mainan, ya. Kudu ke sana nih kalo ke Jakarta...

    ReplyDelete
  19. Asemka emang surga banget deh buat beli mainan, aksesoris, atau perlengkapan anak. Aku aja pernah liputan investigasi kosmetik palsu malah mupeng belanja barang-barang lucu. Dulu biasanya beli hadiah 17an di asemka. Kalo pasar gembrong rada gaje dan nggak nyaman sejak kebakaran. Jadi sempit sumpek gitu menurutku.

    ReplyDelete
  20. Asemka emang da best mbak haha! Kalo ke sana emang jangan bawa bocil. Aku jg gak bawa bocil krn kasian pasti riwil. Sekalian me time sih sebenernya XP

    ReplyDelete
  21. aq pernah bbrp kali ke asemka tp ngacak aja blnjanya,,next kepoin toko hans ah hehe..

    ReplyDelete
  22. Yaaa jauh sih. Tapi klo beli mainan emg suka di tokonyg grosiran aja. Harga di situ ama harga di supermarket dpn rumah beda jauuuuh

    ReplyDelete
  23. Di depan asemka deket bangunan pasar lama ada yg jual bakso bening endesss vanget #gagalfokus

    ReplyDelete
  24. Wah.. Nmbh referensi tmpt beli mainan nih.. Bsk klo maen k rmh tantenya Quinn n Evlan bs mampir sini jg, tentunya anak-anak dititipin dlu ya..

    ReplyDelete
  25. asemka juaraaa emang... salam kenal Mami Ubiii :D
    sukaaa baca blog mu... bikin ketawa-ketawa...

    @cumilebay yang mana sih? gerobakan apa kios? #laper

    ReplyDelete
  26. duhh asemka juara banget yaaa.. dulu pas masih di jakarta beberapa kali ke situ tapi ya belum punya anak jadi ga ngeh ama Toko Hans :((

    ReplyDelete
  27. Say, kalau diasemka ada barbie2 ori gt gak ? Ataau hanya barbie biasa ?

    ReplyDelete
  28. Say, kalau diasemka ada barbie2 ori gt gak ? Ataau hanya barbie biasa ?

    ReplyDelete
  29. Sori mamih, bapak2 ikutan nimbrung...
    kalo mainan Thomas & friend diecast yg collectible railway kaya yang di jual di alfamart dan indomaret dijual juga disana ngga yah? kali aja mampir lagi :D
    kaya begini: http://i.ebayimg.com/00/s/NzgyWDEwMTU=/z/~PsAAOSw~gRVkoQQ/$_1.JPG

    ReplyDelete
  30. Dulu aku nyari souvernir nikahan disini jg nih, tp akhirnya belinya di pasar pagi mangdu si hehehe... waah baru tau nih mi, nice info, makasi ya, next time ksana ah blanja mainan anak, anaknya titip mba dl bentar..

    ReplyDelete
  31. Disana ada mainan little pony gk?
    Kalau ada brp harganya?

    ReplyDelete
  32. dari dulu kepengen kesini, gak jadi-jadi..maybe someday buat tambahan bikin maket juga :D

    ReplyDelete
  33. Infonya bermanfaat banget, kereenn, jadi mau kesana nyari barbie

    ReplyDelete
  34. Klo harha mobil mobilan sama motor motoran yg gede yg bisa pakek remot sama yg tanpa remot itu berapa yg moms???

    ReplyDelete
  35. Mbak.. minta nomer nya toko hans donk.. kalo gak keberatan kirim ke nomer 085710919530.. terima kasih

    ReplyDelete
  36. Saya pernah belanja mainan di pasar Asemka ternyata ada yang lebih murah dari Toko Hans (saya sudah membandingkan harga). Nama tokonya saya lupa tapi tempatnya di pinggir jalan. kalau dari toko Hans masih terus sekitar 200-300 meter lokasinya, tetapi pembelian minimal 6 pieces dalam 1 produk.
    Mbak Grace tau lokasi mainan harga yang kisaran 500 - 2000 gak ya? saya lagi mau cari mainan yang harganya segitu mbak, mau di jual kembali.

    ReplyDelete
  37. Just info, Toko Hans sekarang ber-AC. Dan ga terlalu crowded, padahal ini Sabtu tanggal muda.
    Barusan aja dr sana, beli mobil remote control hehe...
    Anyway, great blog Mba Grace. Keep on sharing ��☺

    ReplyDelete
  38. ci grace ditoko hands jual mainan balok kayu juga kah?

    ReplyDelete
  39. Wahh makasih ya mommy.... Sharingnya bermanfaatt bgt. Kmrn2 saya beli di gembrong... Padahal rumah deket ama asemka wkwkwk..

    ReplyDelete
  40. Wah jadi tau nih tempat belanja murah mainan anak di jakarta. sangat informatif bunda!! semoga sehat selalu, keep writing

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^