Thursday, May 2, 2019

Diari Papi Ubii #35: Spoiler Pandemonium

Siapa yang udah nonton Avengers: Endgame??? Gesi udaahhh! Wagila keren banget nget ngets! Biasanya saya dan Adit discuss milih best scene menurut kami setelah kelar nonton. Tapi kemarin rasanya sesusah itu milih best scene. Adit sampai nonton 2x lol.


Walau ya sebenernya saya ada sedikit penyesalan sih. Ketiduran di scene maha penting huhu. Scene apa? Rahasia. Karena Adit bisa jadi ngambekin saya bertahun-tahun kalau saya spoil. Iya, Adit paling benci sama orang yang bocorin spoiler. This writing is about that.

Adit:
People tend to play in their comfort zone, so the best things are achieved in a state of surprise, actually — Brian Eno
Gelombang wabah Avengers: Endgame sudah terasa mulai akhir tahun lalu, sejak Russo brothers sang sutradara menyingkap titel sekuel film keempat Earth’s mightiest heroes ini. Mulai dari spekulasi, fan theory, meme-meme lucu, sampai obrolan suit Iron Man mana saja yang akan dipakai, menyerbu timeline social media tanpa henti. Saya sebagai pembaca komik Marvel sedari SMP tentu saja join the bandwagon. Excitement makin terasa saat trailer pertama dirilis. Lalu pada akhirnya, tibalah premiere day. Semua orang berbondong-bondong nonton.

The next inevitable thing happened:

SPOILERS ada dimana-mana.

Walaupun pihak Marvel sudah menggaungkan tagar #DontSpoilTheEndgame, tetep aja ada manusia-manusia jelmaan babi yang ngerasa “hipsterer than thou” dengan membocorkan alur cerita. Orang-orang macam ini bisa kalian temui di mana saja: mulai dari WhatsApp group, timeline Facebook, komentar-komentar di page shitposting, Wikipedia page, sampai comment section di PornHub. Yes, that porn site.


Ada teman yang sampai jadi ansos agar tidak tercemar oleh wabah spoiler ini. Ada pula yang nonton jam 5 pagi di CGV biar jadi orang Indonesia yang pertama nonton. Lucu sih ngeliatin geliat menghindari spoiler ini. Tapi nggak lucu lagi saat ada satu teman saya japri saya via WhatsApp.

Orangnya ini tau banget kalau saya sangat menanti-nanti film ini. Awalnya hanya tanya kabar. Lalu, tanpa saya minta, dia dengan entengnya berkicau tentang alur cerita Endgame ini: ceritanya gini-gitu, siapa aja yang mati, terus nanti endingnya gimana…

What the fucking fuck.

Saya orangnya jarang sekali marah. Tapi kali ini saya marah besar. I mean, come on. Maksudnya apa sih ngebocorin spoiler? What do they get from it, though? Nggak habis pikir deh. Superiority complex, kali ya? Yang jelas, saya sangat mengutuk orang yang bocorin spoiler. Kenapa?

Bagi saya yang moviegoer ini, alur cerita adalah satu hal yang paling saya cermati. Maklum, anak sastra. Nah, bagi saya, element of surprise ini bagian yang sangat penting dalam menikmati sebuah karya film. Apalagi kalau filmnya mindblowing dan punya twisted ending macam Oldboy gitu. Bisa berhari-hari saya nggak move on. Mikirnya, “gila bener ya ini scriptwriternya bisa punya kemampuan nulis kayak gitu.” It is a chatarsis feeling that cannot be replaced once we know the plot.

Dan, kalau kamu membocorkan spoiler ke saya, you take that pleasure away from me. It’s just, mean. Jangan harap saya panggil kamu teman lagi. Friends don’t do that.

Di lain pihak, ada teori yang mengatakan spoiler is good for you. “Once you know how it turns out, it’s cognitively easier – you’re more comfortable processing the information – and can focus on a deeper understanding of the story.” Tapi ya kalau menurut saya, kalau emang pengen dapet deeper understanding of the movie, ya tinggal nonton ulang filmnya lagi aja sih. It’s a movie anyway. It’s meant to be seen, not to be heard or read.

Walaupun ada juga orang yang nggak masalah dengan spoiler (seperti Grace), namun saya yakin, lebih banyak orang yang bermasalah dengan itu.



Maka dari itu, please, kalau ngga diminta, jangan kasih spoiler. Ngga cuma untuk Endgame ya. But to all movies.

Don’t be such a jerk.

Tabik!

*

Grace:

Singkat, padat, jelas, dan ... penuh emosi rasanya baca tulisan Adit kali ini. Hahah. Tapi emang, dia sebenci itu sama spoilers. Apalagi buat film yang dia tunggu-tunggu sekali, apalagi untuk film Marvel. Jadi yaaa, pas Adit cerita ada temennya ngespoil, waw saya langsung iba.

Kebayang kesel dan kecewanya Adit. Dan jadi ikutan kesel sama si temennya itu.

SEMOGA ANDA BACA INI YHA! lol.

Baca draft tulisan ini, saya baru tahu ternyata Adit sampai marah. Spontan dong saya minta discreencapture-in chat mereka. Dan ya, buat ukuran seorang Adit, chatnya udah marah banget sih. Huhu pukpuk.

Anyway, ada satu music video Chandra Liow berjudul Jangan Spoiler (ft. Brie Larson) yang bagus. Musiknya enak, dan message nya itu loh, dapet banget.


Di balik "Selamat menikmati"
Ada perjuangan sampai mati

Saya denger part itu sih langsung nyess. Iya juga yah. Para scriptwriter, director, dan team (semua film ya, nggak cuman Marvel movies) itu kan udah berusaha setengah mati membingkai cerita jadi film yang apik. Mikirin ending oke nya gimana biar nendang, nyari surprise effect materials, meramu sound effect gimana yang pas untuk scenes, dan lain-lain.

Film nggak ujug-ujug ada di bioskop kan. It is a hard work yang entah berapa ratus jam, berapa bulan, atau mungkin tahun, sampai akhirnya tersuguhkan di depan mata kita.

So, let's appreciate their works by not spoiling. KECUALI, ada orang yang memang dengan sukarela minta dibocorin (seperti saya, lol). Other than that, then don't.

Yaudah gitu aja. Kalau mau baca tulisan Adit terkait film yang lain, bisa baca ini yaaa: Diari Papi Ubii #12: Jangan Tonton 5 Film Bertema Keluarga Ini Bareng Keluargamu.

Selamat ngapain ajah!




Luv,





10 comments:

  1. mbak ges, jujur aku udah bbrapa hari ini gak teguran sm adekku gara” aku gak sengaja bocorin ending film ini. aku nnton duluan, adekku belum karna doi blm dpt tiket pas weekend. nah, gak sengaja aku bikin status wa, bilang seru bgt tp sayang **** tau ya ending yg nyesek itu apa ( gak mau spolier lg ). beneran itu spontan aja gak ada niat sok”an gimana. kebaca sm adekku, protes lah doi persis kyk mas adit ini protesnya. she said i mean ! lo jahat bgt mbak. aku msh membela diri n bilang gak ada niat. and will erase the status directly. tp dia masih ngambek n bilang percuma krna ud trlanjur baca. ya udah, sampe detik ini kami gak teguran. huhuhu. aku type kyk mbak ges yg gak masalah sm spoiler, malah suka minta di spoilerin hahahaha, dan adekku kyk mas adit yg menjunjung tinggi kerahasiaan sebuah alur cerita. huhuhu

    ReplyDelete
  2. i feel you adit... :(. krn di kantorku ada banyaaaaaakkk sekali jahanam yg jg suka bocorin spoiler. aku benci ama mereka2 ini. di FB ku , bbrp timeline blogger lgs nulis juga.. memang sih g lgs spoiler. tp dia nulis RIP bla bla bla... kan jd tau dong yaaaa..aku keseeeelll luar biasa!!! Akhirnya aku udh nonton sih, raka ngajakin nonton jam 10 malam hr minggu kmrn. besoknya aku ngantor padahal. dan dia janji bakal anter jemput aku supaya ga capek2 amat wkwkwkwkwk...

    overall walopun aku udh tau alurnya gara2 spoiler sialan itu, tp ttp bisa nikmatin film. dan bakal nonton lg tgl 4 besok wkwkwkwkwkw.. bareng temen2 yg blm nonton. tp aku baiklah, ga bocorin apaa2 ke mereka.

    temenku dong, nonton ini bareng keluarganya termasuk anaknya kls 2Sd. dan dia penggemar berat salah satu jagoan avanger . bener sih, seharusnya jgn bawa anak yg msh di bawah 13 thn . karenaaaa, anak temenku itu nangis sesengukan lumayan kenceng pas jagoannya bye bye wkwkwkwkwkkw... yoloooo, temenku lgs malu ges. soalnya semua penonton lgs liatin mereka wkwkwkwk, dikira kali temenku yg nangis. pelajaran sih itu :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha? Kelas 2 SD udah diajak nonton? Ini kan ratingnya PG-13. Tapi emang banyak banget sih kmaren yang bawa anak kecil pas aku nonton. *tepokjidat

      Delete
  3. Hmm saya juga paling nggak suka Mbak kalau ada orang yang menceritakan alias membocorkan spoiler ini.

    ReplyDelete
  4. Wah film ini salah satu film yang paling ditunggu-tunggu orang, tapi yang paling tidak saya sukai jika ada orang yang membocorkan spoilernya

    ReplyDelete
  5. Saya sendiri sering sebel sama orang yang habis melihat film lalu cerita ke saya

    ReplyDelete
  6. Hahaha sama nih Mbak, biasanya kalau saya sedang membuka fb, ig kalau ada spoiler langsung saya skip

    ReplyDelete
  7. Mbak juga suka nonton film ini. Wah sama dong, saya juga suka.

    ReplyDelete
  8. Duhhhhhhhh ikut sebeeeeel. Aku pun tahun lalu nge-unfriend temen yang udah aku anggep kek temen yang duwekeeetttt banget padahal cuma temen online di dunia maya. Tapi waktu di spoiler Infinity War, BHAYYYYY MAKSIMAL

    ReplyDelete
  9. Aku sampe mewek2 nonton Avengers....bukan karna sedihnya aja sama alur ceritaa tp karna udh hampir 2 taon ga nginjek bioskop hahahaha

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^