Tuesday, May 14, 2019

Mental Murah

Siapa yang demen sepatu/sendal jelly? Gesiiiiii. Pengalaman punya sepatu jelly dua kali. Satu merk Melissa, model sepatu tinggi dengan lope-lope gede di depan, dan harga ratusan ribu. Satunya merk Little Things She Needs, model sepatu teplek, dan murah 100 ribu doang.


Sepatu jelly tuh oks bgt menurut saya. Enteng dipakai dan perawatan gampang. Kotor tinggal dilap pakai lap basah. Nggak effort sama sekali, dan nggak perlu ke shoes laundry.

Setahu saya alas kaki jelly yang femes dan jaminan oke itu Melissa. Modelnya gile lucu-lucu parah. Mana harum banget pula. Berasa pengin jilat dan endus-endus terus. Tapi ya itu, harganya mahal hahaha. Buat saya, Melissa itu mahal.

Terakhir naksir sepatu Melissa adalah pas main ke Jakarta dan meet up sama Icha. Jalan-jalan bareng di Kokas (apa Sency yah, kok lupa) dan mampir counter Melissa. Ada sepatu sandal yang unyu sekali, saya dan Icha langsung, "Eh kembaran yuk!"

Tapi harganya 900 ribu. Muka Adit asem banget, saya akhirnya ga beli. Waktu itu saya kesel karena mengapa Adit cranky??? Nggak punya hak untuk rewelin harga harusnya, wong sepatu-sepatu dia lebih mahal wtf. Mana dia sering beli sepatu pula. Dan heran juga, kok tumben Adit nggak ridha saya beli barang segitu. Padahal beli tas Cath Kidston dengan harga yang sama, boleh. Beli FTE nya SK-II kemasan paling gede, boleh.

WHY???

Ternyata Adit memang punya beberapa alasan, yang setelah saya pikirin, kok masuk akal.

Satu, warnanya gonjreng sekali dan Adit tahu saya akan bingung dipakai sama baju apa. Adit tuh ngerti saya suka bingung mix and match. Kadang suka nggak pede juga kalau tabrak warna. Kebetulan emang sepatu sandal Melissa yang saya taksir itu warnanya merah-kuning-biru gonjreng.


Dua, Adit mempertanyakan mau dipakai ke mana. Dia ngerti saya suka eman-eman pakai sepatu mahal. Dia hapal bahwa saya hanya akan pakai sepatu merk di event-event tertentu, yang mana itu super jarang.

Tiga, karena Adit juga tahu seringkali saya dateng event penginnya pakai alas kaki yang berhak biar keliatan tinggian dikit. Dan sepatu sendal Melissa kemarin emang super teplek rata.

Adit sebenernya juga nggak main larang doang. Dia juga nawarin jalan tengah.

A) Boleh beli tapi pilih yang warnanya lebih netral aja. Toh ada pilihan warna item putih sama beige.

B) Yaudah silakan beli yang warna gonjreng itu, tapi sering dipakai. Gausah di event tertentu doang, justru sayang kan kalau nganggur di lemari belaka.

Dua opsi itu nggak ada yang masuk, jadi akhirnya saya putusin gausah beli aja sekalian.

*

Fast forward ke dua minggu lalu, Nur lagi heboh banget di rumah mantengin sebuah e-commerce karena lagi ada flash sale. Saya pun terpengaruh wtf. Jadi ikutan menjerengkan mata di e-commerce. Ndilalah, saya nemu promo flast shoes jelly 19.000an. Buset SEMBILAN BELAS RIBU LOH.


19.999 sih sebenernya, tapi anggap saja sembilan belas ribu. Padahal harusnya kalau mau pembulatan itu ke dua puluh ribu yah wkwk.

Wah kepo dong saya. Langsung ngamatin detil foto flat shoes nya. Cukup cute. Apalagi dengan harga segitu doang. Level cute pun meningkat tajam. Yaudah akhirnya saya add to cart. Lhah ongkirnya malah lebih mahal ketimbang barangnya wtf.

Gak rela ongkir lebih mahal, maka saya cari sepatu lain sekalian di lapak itu. Nemu 2 pasang model sepatu lain yang buat saya lucuk. Satu harga 50ribu, satunya lagi 60ribu. Semuanya model jelly. Terus saya mikir, "Wah ternyata ada ya olshop spesialis sepatu jelly yang murah meriah tapi modelnya bagus! WOW!"

Sambil nunggu orderan 3 sepatu dikirim, saya pamer dong ke grup geng kesayangan. Saya puji-puji kelucuan dan keindahan sepatu jelly yang abis saya beli, plus menekankan kemurahan harganya karena saya emang masih amazed.

Terus Icha bilang, "Merknya Bara-Bara? Yah itu mah 'KW' nya Melissa, Ges"

OOOOOOOOOOOO

Pantesan modelnya lucu semua, ternyata nyontek Melissa toh!!

*

Begitu tahu KW, saya langsung perang batin. Cerita ke Adit nggak nih saya abis belanja online. Kami berdua ada rule harus saling cerita kalau abis beli sesuatu. Tapi mau cerita kok jiper, karena Adit nggak suka banget kalau saya beli KW.

Prinsip Adit selalu, "Jangan beli KW! Mending beli merk lokal yang lebih murah. Atau nabung dulu aja. Hargai karya dan kreativitas orang. Say NO to KW!"

Setelah batin ini berperang, akhirnya kejujuran yang lebih saya menangkan. Halah gaya banget ngomongnya yah, padahal cuman perkara sepatu.

Alhamdulillaaahhh, Adit nggak marah dan nggak misuhin saya sama sekali hahaha. Soalnya saya punya excuse yang cukup kuat juga sih. Saya bilang bahwa saya nggak ngerti kalau Bara-Bara itu KW nya Melissa (dan emang gatau yah, ini bukan kura-kura dalam perahu pura-pura tidak tahu). Saya nggak ngeh kalau sepatu yang saya pesen itu KW karena itu nggak obvious.

KW yang jelas-jelas KW itu menurut saya kayak tas Anello sama Cath Kidston. Aslinya ratusan ribu, atau bahkan jutaan. Saya beli punya saya 1,1 juta. Tapi di pasar, di swalayan, jual 150 ribu doang. Dengan merk yang sama, logo yang sama persis (di mata saya yang awam ini, tapi kalau orang yang jeli mungkin bisa bedain logonya beda kali). Nah itu baru sangat amat jelas kalau KW, ya kan.

Atau sepatu-sepatu. Nike, Adidas, Puma, etc yang di mall bisa jutaan. Tapi di olshop cuma 100-200 ribu. Itu sih KW ya nggak sih? Yang gitu-gitu baru saya ngeh mana ori, mana KW.

Lhah si Bara-Bara ini, dia punya merk sendiri (does that make it even worse hahaha). Nggak pakai merk Melissa. Gimana mungkin saya ngerti itu KW nya Melissa coba. Ya itu karena saya kurang pengetahuan juga sih sebenernya. Icha aja nyatanya langsung tahu hahaha.

Intinya, penjelasan saya itu bisa diterima Adit. Hence, dia nggak marah.

*

Paket yang qunanti tiba. Pak pos bawa 3 pasang sepatu jelly Bara-Bara.

Deg-degan saya buka paketnya. Setelah tahu itu KW, dalam hati saya, "Alah paling jelek."

LHA KOK BAGUS YHA HAHAHAHA


Bagusnya bukan yang sebagus Melissa sih, jelas. Tapi yaaaa, untuk harga semurah itu, Bara-Bara ini melebihi ekspektasi saya. Dipakai comfy-comfy aja lho ternyata. Warna juga lumayan caem kok. Tadinya saya mau muji modelnya bagus. Tapi, ingat poin dia mencontek model sepatu Melissa, maka model bagus menjadi kurang valid lol.

Satu perbedaan yang mencolok adalah ... aromanya.

Aroma sepatu Melissa = Vanila-vanila seger gimana gitu.

Aroma sepatu Bara-Bara = Tahu aroma kaki? Tahu aroma karet? Nah, tengah-tengahnya kaki dan karet.

Perbedaan lain adalah kelenturan, ya jelas ya sis. Melissa kan lentur enteng fleksibel gitu. Bara-Bara nggak selentur itu. Tapi tetep nggak mengurangi kenyamanan sih, menurut saya pribadi lho.

Terakhir, beda di kerapihan. Tapi ya ini nggak saya permasalahkan. Again, harga segitu doang dan KW, masa iya menuntut sebuah kesempurnaan sih.

*

Btw, saya ngaku ke Adit kalau ini KW Melissa baru setelah saya pamerin dulu sepatu-sepatunya pas saya pakai. Saya suruh Adit ngasih nilai 1-10 (ini juga kebiasaan kami, saling menilai) di 3 sepatu baru saya. Jadi posisi Adit menilai masih objektif, belum terbiaskan oleh fakta KW.

Adit aja kasih nilai 8-8-9 wkwkwk. Jadi emang penampakannya ya selumayan itu lho gengs.


Abis itu saya bilang, "Aku beli lagi yang ini warna lain ya" baru Adit rolling eyes.

Tapi beneran sih, saya jadi galau. Pengin beli lagiiiiii sungguh, tapi merasa nggak menghargai ide Melissa jadinya. Mengapa kuanaknya ribet yha huff.

Saya pikir-pikir (gara-gara sepatu Bara-Bara jadi bisa punya bahan pikiran dan tulisan loh wtf), kayaknya mental saya selamanya akan begini walau sekarang sudah 'naik kelas' sedikiiiittt setelah nikah sama Adit.

Masih yang lebih pilih murah aja asal dapet banyak. Padahal murah dapet banyak kadang terbukti nggak awet, tapi saya nggak kapok-kapok. Adit beli kaos Uniqlo sekian cuma dapet kaos sebiji. Saya beli kaos-kaos mureh dapet 5 biji or more. Tapi ya emang banyak yang kerahnya udah melar-melar dan turun kasta jadi kaos bobo sih jadinya.

Pernah juga beli sepatu 35 ribu, saya pakai ngedate sama Adit. Mampir Indomaret dulu, eh sepatu saya copot dong haknya. Tinggal pakunya doang. Akhirnya balik lagi ke rumah buat ganti sepatu dulu. Nyatanya nggak kapok dan sekarang beli Bara-Bara 19 ribu wkwk.

Mendingan merk olshop tapi lucu ketimbang branded tapi ga lucu

Eman-eman pakai barang bermerk di tengah crowd yang kurang tepat

Merasa sayang pakai branded stuff di keseharian

Nggak bisa mengenali mana barang mahal

Justru pamer kalau dapet barang murah. Ini Nur, nanny anak-anak saya sampai heran. Dia bilang gini, "Walah Mbak. Wong liya tuku barang murah wae diaku-aku larang. Palsu diaku-aku asli. Lha sampeyan iki kok malah pamer nek entuk klambi pitulas ewu. Klambine sampeyan sing larang kok malah ratau dipamerke." Silakan tanya Google untuk translate. Ya saya pun heran. Tapi emang bangga banget kalo dapet barang murah sih, sampai pamer di Instagram segala loh astaga.

Nggak tahu merk mahal

Yang terakhir juga ada contoh nya. Ceritanya mertua saya baru pulang dari Korea beberapa bulan lalu dan saya dioleh-olehin tas MCM. Begitu liat, saya langsung mbatin, "Aduh si Mamah, beliin tas kok yang begini. Merknya rata terpatri di mana-mana, norak ih."

As usual, cerita di grup dan lagi-lagi Icha yang memberi pencerahan. Ternyata MCM itu tas mahal, merk yang pernah dipake Justin Bieber.

WOW TERNYATA SAYA YANG NORAK, bukan mamah mertua astaga maafkan Grace mah.

Langsung googling harga tas MCM, alhamdulillah harganya 2 juta. Baru ini punya tas 2 juta yang langsung saya sayang-sayang dengan perlakuan yang lebih spesial ketimbang tas-tas saya yang lain. Dan langsung WA mamah mertua dong, "Mah itu tasnya asli ndak?"

Dijawab sama mamah, "Emang mamah pernah beli barang ndak asli? Ngenyek"

*

Dan jadi mikir ya, ada ungkapan, "Money can't buy class" kan? Sepertinya itu berlaku buat saya. Karena sampai kapan pun kayaknya saya nggak bisa terlihat 'mahal' karena selera fashion saya kadung begini. Beda sama Icha yang sejak awal langsung bisa nebak kalau Adit dari keluarga berada karena dia ngerti brand baju, tas, dan sepatu yang Adit pakai. Saya mah nggak. Kadang barang branded juga nggak keliatan branded kalau saya yang make.

Ya gapapa juga sih. Saya juga nggak yang lantas ingin terlihat 'mahal' kok, kecuali di event yang isinya seleb seperti di postingan kemarin. Baca di sini ya: Di Atas Blogger Masih Ada Seleb.

Cuman lucu aja. Akhirnya saya menyadari sendiri bahwa money can't buy class itu benar adanya. Nah realisasi diri itulah yang jadi satu tulisan unfaedah ini.

Sekian.

Sebelum publish post ini, ada obrolan dulu di grup geng kesayangan mendefinisikan KW karena saya jadi rancu Bara-Bara itu KW atau hanya low cost aja. Karena kalau low cost yaaa, saya tidak merasa bersalah kalau mau beli lagi HAHAHAHA.

Eh tapi btw, kalo tas Cath Kidston saya asli ya... (harus ditegaskan).




Luv,






12 comments:

  1. Wah samaan mba Ges, aku baru aja publish tulisan tentang olshop yang jual parfum TBS setengah harga hahaha. Aku gak beli, mending ke toko langsung. Lah jadi curhat.

    ReplyDelete
  2. Ternyata saya menemukan jawaban kno saya selalu suka dg dmikiran mb mb gesi. Hahahaha krn pmikiran kita hampir sama. Hahahaha saya selalu berpikir kalo baju 1,5 jt ini kebeli, trus tak pake, kayaknya org gak ada yg ngerti, oaling dikira harga seratus rebu lol.
    Sampek ibuku sering ngomel krn seleraku yg over sederhana. Yaaa gmn udah kadung bgini seleranya. Merasa eman eman kalo beli yg mahal meskipun selalu punya barang mahal beberapa yg bs dipakai di acara2 tertentu sih seperti yg mb ges bilang.
    Krn ada org2 yg terlahir dg selera sosialita meski domoet rakyat jelata...pun ada yg sebaliknya.
    Warna warni hidup yg menyenangkan

    ReplyDelete
  3. mami ubi bara-bara udah ada lama banget loh, gak cuma merk melisa ada kwnya di bara-bara tapi juga sepatu salvatore ferragamo ada juga tuh sekarang sepatu thailand kwnya birkenstock yang lagi banyak di jual os merknya red apple.

    aq juga lagi suka pake sepatu jeli atau karet gitu krn lagi hamil jadi lebih nyaman pakai sepatu2 tersebut

    ReplyDelete
  4. Mami Ubii mah mending.. aku malah nggak pernah beli bermerk. Karena ya eman aja. Dilalah kakiku yo memang kelasnya menengah ke bawah, dikasih alas kaki range 80-150rb ya awet2 Aja mpe bertahun2 ����. Aku pernah beli sepatu karet di pasar gitu, harganya di bawah 40rb.. awet mpe 2 atau 3 tahun wkwk. Cuma nyari yang bahan Kaya gitu sekarang udah nggak Ada lagi. Yang skarang rilis karetnya cepet banget rusak.. ������

    ReplyDelete
  5. Monmaap mba gesi,tapi setelah baca ini aku langsung meluncur shopping onlen nyari sepatu bara bara karena penasaran dan aku beli !!! Sebenernya ini postingaaaannn apaaaa koq bikin aku kalap jajan wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. Aku malah gak tau merek-merek yang Gesi sebut di atas. Semuanyaaa hahahaa. Emang aku gak terlalu up to date sama fashion sih. Kalaupun tau yang branded, paling merek-merek branded jadul. Aku juga tipenya cari barang yang murah, tapi gak mau KW. Cuma sebelnya kalau milih barang pasti harganya mahal (buatku) hahaha. Ribet deh pokoknya >.<

    ReplyDelete
  7. Kalau KW biasanya jarang pakai brand sendiri ya mbak. Tapi mungkin memang dari segi model dia terinspirasi dari melissa. Hehe sayapun karena dari keluarga sederhana dapat barang murah adalah prestasi rasanya, wkwkwk. Murah tapi berkualitas lho ya. Sering juga kecewa sama barang olshop murah tapi memang kualitasnya jelek. Pelan-pelan sih untuk barang yang saya ingin pakai lama saya coba beli merk asli tapi lokal, jadi lebih murah dan lebih awet. Kalau sepatu saya masih setia sama brand lokal Buccheri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha, aku kayaknya ga mungkin berani nanya mertua brg yg dia beli kw ato bukan wkwkkwkw...

      aku sendiri juga anti KW sih ges. tapiiii kalo menurutku sih, bara bara kitu low cost aja. okelah mungkin model nyontek ama melissa. tp kan sbnrnya ga mirip2 amat. ada merk sendiri pula... ga plek2 bikin serupa trus disamain merknya :p. kalo itu aku ga suka. plek plek bgt duplikatnya.. aku sendiri kayaknya sama kayak kamu. mau pake brg yg gmnpun, rasa2nya ga kliatan mahal juga hahahahha.. nth krn aku sering bgt ga PD, sto memang ga ada bakat anggun2nya hihihi...

      tapi yowislaaah... yg ptg nyaman toh saat make barangnya :p

      Delete
  8. qiqiqiqiqiqiqiq... dari sekian banyak tulisan di atas, mengapa cuman terngiang-ngiang ama baunya antara kaki dan karet ya? hahahaha

    Saya juga suka barang murah, bahkan suka banget dipamerin.
    Bagi saya, bisa dapat barang murah dan bagus itu bener2 prestasi hahaha

    Tapiii, saya jarang sih belanja online, soalnya udah under estimate duluan hahaha

    Jadi saya lebih suka cari di mol, dan hepi banget kalau dapat barang yang murah dan bagus :D

    ReplyDelete
  9. Duh aku juga tipe yang suka perang batin kalo beli barang-barang KW, setujuuu sama Adit, lebih baik beli barang lokal aja daripada KW-an. Tapi aku nggak pernah masalah sama orang yang pake barang-barang KW, karena sebetulnya nggak semua jelek-jelek amat sih kualitasnya, cuma sebel aja kenapa harus jiplak merek dan model hahahaha kemarin ini sahabat aku malah kasih (racun) akun IG yang jual sepatu dan tas branded tembakan (macam Charles and Keith, Longchamp dll) dengan harga yang SUPER miring. Ngiler banget sih liatnya, cuma ya itu, perang batin bokkk wkwkwk tapi kalo mau tau aku bisikin yaa nama akunnya, siapa tau kena juga racunnya :P

    ReplyDelete
  10. Hahaa sama Mba Gesi aku juga jarang bgt beli barang2 branded..eman ga tau kenapa dari masih single pun ga terlalu merhatiin merk yang penting sesuai fungsi aja, apalagi sekarang udah punya anak tambah mikir sekian kali mau beli branded2 mending aku lokasiin buat yang lain..tapi emang sih walau murah tetep berusaha menghindari barang2 kw karna sama dengan yang Mas Adit bilang menghargai karya orang lain heheee.. :D

    ReplyDelete
  11. Mental Murah...wkwkwk, emang aku suka murah sih...

    Tapi kalo beli di olshop.., murah, ya jangan pengen bagus dan sempurna..
    Tetap ada harga ada kualitas

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^