Wednesday, January 20, 2016

5 Post Terpopuler 2015 di Diari Mami Ubii

Postingan ini terinspirasi dari postingan seorang kawan blogger yang akrab disapa Emak Gaoel. Kayaknya seru juga deh bikin review blog sendiri tentang 5 postingan terpopuler di tahun 2015 di blog Diari Mami Ubii ini. Beda nya, Emak Gaoel bikin nya dalam Bahasa Inggris. Keren pisan lah Emak atu ituh.



Mau tau nggak 5 postingan mana aja di Diari Mami Ubii yang paling banyak dibaca di tahun 2015? Here they are!

Saya urutkan dari yang paling banyak dibaca yah dan ulasan singkat tentang masing-masing blogpost nya.




Ini postingan di tahun 2015 yang paling populer. Saya sering banget melongok Feedjit dan menemukan keyword semacam "daftar perlengkapan bayi" atau "daftar perlengkapan bayi baru lahir" yang kemudian nyasar ke postingan saya ini. Coba deh googling dengan keyword itu. Pasti bakal nemu postingan saya di halaman pertama. Hehehe.

Sebenarnya postingan ini adalah semacam advertorial yang saya bikin untuk sebuah e-commerce company. Saat saya membikin postingan ini, honestly saya nggak mikir bagaimana supaya Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Mama saya ini bisa nangkring di page one. Blas nggak yang dengan sengaja semedi nyari diksi untuk judul atau menerapkan ilmu SEO apalah apalah sama sekali. Lha wong SEO itu saya paling nggak bisa kok. Saat itu pokoknya saya cuma pengin segera menyelesaikan tugas saya sebaik-baiknya supaya bisa memenuhi tenggat waktu yang diberikan lalu segera dibayar karena saat itu sedang bokek berat.  Makanya saya bingung kenapa itu bisa banyak dicari orang dan bisa nongol di halaman pertama saat googling. Nyatanya, kalau saya kepengin supaya tulisan-tulisan saya yang lain bisa ada di page one, saya nggak bisa lagi mengulangi. Padahal sudah bikin judul yang (kayaknya) sesuai keyword yang biasanya dicari orang. Hiks. Dudul pisan.

Sesuai judulnya, di postingan ini saya menjlentrehkan apa-apa saja yang perlu dibeli (atau dipinjam) dalam persiapan menyambut bayi mulai dari perlengkapan wajib untuk dibawa ke RS bersalin, perlengkapan wajib newborn baby, perlengkapan tambahan, perlengkapan mandi dan bebersih bayi, perlengkapan wajib untuk mama baru, dan perlengkapan kesehatan untuk bayi baru lahir.

Saya hepi deh kalau ternyata postingan yang sebenernya untuk advertorial begini bisa jadi postingan abadi dan bahkan banyak dibaca. Note to self (and maybe to all of you also): Selalu selalu selalu menulis dari hati dan menulis dengan ikhlas dan bahagia! :D




Inilah postingan di tahun 2015 yang pageview nya paling tinggi nomor dua. Saya nggak begitu heran sih, soalnya saya memang paling sering ngeshare postingan yang satu ini. Isi nya bisa ditebak yah dari judul nya. Di post ini saya membeberkan 10 ucapan yang sebaiknya dihindari dan (kalau bisa) jangan sampai terucap pada orangtua anak berkebutuhan khusus kayak saya. 10 ucapan ini saya list berdasakan pengalaman pribadi dan pengalaman teman-teman di Rumah Ramah Rubella.

Dari ke-10 ucapan itu, buat saya yang paling nggak pantas diucapkan adalah:

"Kalau tau anakmu bakal kayak gitu, kenapa nggak digugurin aja?"

Mari kita makan hidup-hidup aja orang yang komentar kayak gitu yah. Bahahaha. Ucapan lain yang sebaiknya nggak terucap, tapi seriiiiiiinnnggggggg banget kami dengar adalah:

"Kasihan ya anakmu...."

Well, tapi kami mencoba positive thinking sih mendengar kata 'kasihan.' Mungkin orang-orang ingin menyampaikan empati nya tapi bingung memilih kata yang tepat.




Kemarin saat saya hamil anak kedua yaitu Adik Aiden, banyak sekali yang menanyakan gimana-gimana nya. Mulai dari perasaan saya, kok bisa hamil lagi, dan apa yang saya lakukan supaya kehamilan Adik Aiden sehat-sehat mengingat kehamilan pertama saya yang terinfeksi Rubella sehingga anak pertama saya lahir dengan berbagai kebutuhan khusus. Postingan ini sengaja saya bikin untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar itu.

Di sini saya bercerita tentang awal mula saya merasa kok kayaknya hamil sampai akhirnya benar-benar memastikan dengan USG. Perasaan yang carut-marut dan nangis meraung-raung (Maap ya, Aiden). Dan 7 hal yang segera saya lakukan begitu tau saya positif hamil. Di antara nya: screening TORCH, mencari dokter spesialis kandungan subspesialis fetomaternal, memperbaiki pola makan dan gaya hidup, dan endebrew-endebrew. 

Di akhir postingan, saya bagikan link download pamflet edukasi TORCH buatan Rumah Ramah Rubella supaya teman-teman juga bisa belajar bersama. Ada yang beneran download nggak yah? Hmmm....


4. [DIY] Foto Kehamilan


Nah, ini saya demen banget nih. Di postingan ini saya pamer DIY maternity photos saya saat hamil Adik Aiden. DIY yang saya maksud di sini: foto sendiri, lokasi cuman di rumah, kostum sendiri, make up sendiri (walau bisanya cuman bedak, eye liner, sama lipstick doank). Kenapa saya demen? Karena hasilnya ternyata oke banget loh *sombong* HAHAHA.

Sneak peek beberapa hasilnya:


Sneak peek behind the scene nya :D


Selain pamer hasil foto nya, saya juga cerita tentang langkah-langkah kalau mau bikin DIY maternity photos, apa-apa aja yang perlu disiapkan, beberapa tema yang saya pakai, dan juga plus minus bikin foto hamil sendiri. Ayok mampir ke postingan nya kalau belum mampir. Hehehe.


5. Melahirkan Anak Kedua


Kalau ini saya cerita tentang proses melahirkan Adik Aiden. Cerita nya ringan banget. Saya cerita tentang proses nya dari awal masuk rumah sakit lalu masuk ruang operasi. Ada cerita lucu di mana saya harus dikasih anestesi di tulang belakang sampai 3 kali karena yang dua shots pertama nggak mempan. Dan saya tantang-tantang an sama si dokter anestesi. Huehehe.

Saya juga cerita gimana deg-deg an nya saya menunggu tangis Adik Aiden segera setelah dilahirkan. Maklum, dulu Kakak Ubii nggak langsung menangis soalnya.. Ternyata Adik Aiden langsung nangis dan score APGAR nya normal. Duh, legaaaaa. Ini kisah paling membahagiakan di tahun 2015 saya deh kayaknya.


***


Nah, itu deh 5 postingan saya di tahun 2015 yang paling banyak dibaca. Mengutip kata Emak Gaoel, me-list kayak gini cukup penting lah ya supaya kita bisa evaluasi sekaligus menyusun target atau harapan dalam blogging di tahun yang baru.

Kamu udah bikin list kayak gini belum? Yuk bikiiinnnn ^___^

Anyway, dari ke-5 postingan yang saya jembreng di atas, kamu paling suka yang mana? Hehehe.



Love,




15 comments:

  1. Yang pertama itu bagus banget judulnya mbak. Khas khas postingan mesin pencari. Hehehehe

    ReplyDelete
  2. Keren mak.. tulisan mak memang banyak di cari pembaca juga.
    Wah, idenya keren bikin list tulisan yg byk di baca. Bisa diikuti nih mak hehhehe.. makasih ya mak

    ReplyDelete
  3. Emang keren tulisan mami Ubii, saya fans mu maaak

    ReplyDelete
  4. belum bikin kayak gini.. tapi kayaknya mau bikin juga rasanya telat deh, udah mau februari iniiiihhhh :D

    ReplyDelete
  5. suka semua postinganmu mak,selalu ada ilmu baru...dari ke5 postingan populer,pilih yang DIY,lucu bangettt,kreatiff apalagi pas dulu pertama kali lihat hitungan yang ditulis di perut,ngakak..ya ampunnn,idenya ada aajjjaaa^^

    ReplyDelete
  6. Saya suka yang pas foto hamil dan lahiran sebab kini istri juga lagi hamil anak kedua.

    ReplyDelete
  7. Niche-nya kental banget dengan parenting for younger children ya. Pantesan disuka produk2 baby :))

    ReplyDelete
  8. postingan2nya bermanfaat mbak, jd banyak yg nyari..

    ReplyDelete
  9. waaa suka semua postingan di sini, cuma belum sempet komen2, baru sekarang deh ;p

    ReplyDelete
  10. Paling suka yang DIY foto kehamilan. Cakep2 idenya

    ReplyDelete
  11. suka semuanya pokoknya lah yauuuu...

    *jadi pengen bikin 5 top posts deh

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...