Monday, April 20, 2020

#MainSamaAiden: Ceritaku Di Rumah Aja Karena Virus Corona (+ File Cerita)

Ternyata ambang waras saya dan orang rumah cuman sebulan deh kayaknya. Setelah sebulan, mulai deh lebih kerasa nggak sehat nya. Campur aduk antara bosan, linglung, capek, kangen ngobrol tatap muka sama orang lain, etc. Do you feel it too?


Begitu kerasa mulai loyo, kehilangan gairah dan semangat, saya coba kasih challenge ke diri sendiri. Challenge nya adalah untuk mencoba melakukan hal-hal baru. Atau, coba bikin sesuatu.

Jadi semacam ngasih tantangan atau target buat diri sendiri biar semangat. Dengan ada goal baru begini, lumayan sih. Bangun pagi jadi ada urge untuk "Ah, ayo bangun! Hari ini kan mau cobain / bikin ini lohh!" gitu. Tentu saja, goal atau challenge yang saya bikin ini adalah yang doable dan possible. Bukan yang terus jadi merepotkan diri sendiri atau bikin makin kepayahan.

Mencoba hal baru nya sudah saya praktikkan dengan cobain makan honeycomb (madu asli yang ada wax nya gitu). Udah lama banget saya seneng nonton video mukbang. Biasanya, ada beberapa makanan yang populer untuk di-mukbang-in atau dibikin ASMR yaitu seagrapes, honeycomb, lidah buaya, etc. Jadi yawda, cari honeycomb di Shopee, eh nemu!

Kaya gini penampakannya:


Rasanya ... surprisingly good. Kirain bakal manis banget bikin gigi ngilu dan bakal keras alot. Ternyata empukkkk, dan manisnya pas, asal gigitnya juga dikit-dikit. Justru lebih manis madu botolan sih menurut saya.

Another challenge adalah belajar bahasa Korea alakadarnya. Yang ini berawal dari hobi baru ngedrakor itu lohh gengs. Terus "Oke, aku mau belajar dikit!" hahahaha. Cuman baru bisa memperkenalkan diri dan 1-10 doang sih wkwkwkwk. But hey, I learned new things rightt.

Last challenge I gave to myself was bikin cerita buat Aiden bertema Corona. Alasan utama sebenernya adalah buat memento (kenang-kenangan) pernah ngalamin masa pandemi ini. Then I decided to upload it here deh, siapa tau kalian mau baca juga ya.

But, disclaimer first! (supaya ekspektasi kalian nggak ketinggian, HAHAHA).

1) Cerita ini ... panjang. Lol. Walaupun font udah gede-gede dan ada gambar, tetep aja rasanya panjang kalau buat seusia Aiden 4,5 tahun (apalagi usia di bawah itu). Saya males mau bagi dalam beberapa part, ehehehe. Jadi, saran saya, kalau anak kalian udah keliatan nggak enjoy, yaudah stop dulu aja. Next time mau baca, baru dilanjut. Nggak perlu maksain harus langsung selesai ya.

Aiden juga kemarin sekali baca itu nggak langsung selesai kok. Saya bagi dalam 2x waktu baca sama dia saat #MainSamaAiden.

2) Cerita yang saya bikin ini NGGAK bicara banyak soal virus Corona. Cuman sekilas, justru. Saya rasa udah banyak ya ebook, buku fisik, atau sumber informasi yang kid-friendly yang jelasin tentang Covid19. So I didn't really go through that matter. Terkait Covid19 yang saya rada jembreng paling tentang upaya menjaga kesehatan anak aja, kaya gini.


Saya lebih kepengin bahas tentang perasaan yang dirasain sama Aiden selama di rumah aja lama kayak begini. Buat bantu memverbalkan apa yang dia rasa. Dia sering bilang kangen ini itu belakangan ini.


Dan beberapa perasaan lain selain kangen dunia luar seperti bosan, kesepian, dan jengkel. Aiden memang pernah tampak jengkel. Dia heran dan protes kenapa saya tetep pegang kerjaan. Dia pikir dengan dia libur sekolah itu maka artinya saya juga libur and doing nothing.

Padahal kan orangtua tetep ada pekerjaan ya. Buat IRT, pekerjaan berupa memasak, bersihin rumah, mencuci, dan lain-lain, saya jelasin di sini. Saya sebenernya nggak kerja yang kerja beneran sih. Tapi 2 mingguan ini saya jadi volunteer di project Play Therapy Indonesia. And I consider this as work karena emang cukup menyita waktu luang. Mereka lagi bikin hotline center gitu untuk maintain kesehatan mental anak, orangtua, dan lansia during Covid19. Nah saya masuk team resource. Jadi emang perlu buka laptop buat bikin desain.

Beberapa hari lalu sempet saya bentak Aiden karena lagi rungsing dan dia manggil-manggil melulu. Makanya ada part Mama marah ini, hehehe.


Reasoning after being angry. Mau bilang bahwa Mama tuh pasti bakal nemenin main kok kalau pekerjaan udah beres.


Ini berusaha kasih sugesti positif biar Aiden lebih sabar menunggu hahaha.


Plus sugesti supaya Aiden memanfaatkan lama di rumah aja ini dengan berusaha lebih mandiri.


Terakhir, sekalian kasih beberapa tips dan bahan ngobrol sama anak yaa.


Ini yah file nya kalau kalian mau baca-baca juga bareng anak. Klik sign download di bawah ini:


Semoga bermanfaat yaaa. Semangatt!





Luv,





1 comment:

  1. I like this website very much because it provides very useful information and excellent illustrations, easy for children to absorb. I here also want to recommend a game for these kids, the game featured above is bad ice cream.

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^