Tuesday, February 19, 2019

#MainSamaAiden: Menghitung Pup + Free Printable

Disclaimer: Yang jijik sama gambar pup, mending skip aja ya. Hahaha. Perlu disclaimer karena ada loh orang yang sejijay itu sama apa pun yang berhubungan sama pup, walau cuma gambar kartun. Jadi demi kemaslahatan kita semua, disclaimer diperlukan.


Bikin printable ini sebenernya udah lama banget deh. Tapi seperti biasa, saya mainin dulu sama Aiden baru mau share kemari. Mainin nya juga udah lumayan lama sih wkwk. Tapi baru sempet bikin blogpost nya, ehe.

Awalnya kepikiran bikin printable bertema pup gini tuh sebenernya dalam rangka mendoktrin Aiden biar mau pup di toilet. Hence, kegiatan ini ada gambar toilet nya. Toilet duduk, seperti kondisi toilet kami di rumah.

Jadi sambil main hitung-hitung pup, saya bolak-balik mengulang narasi "Wah, pup nya di toilet yaa. Aiden juga dong kalo eek di toilet" on repeat.

Nah kegiatan nya adalah counting. Ini yang saya siapin:

📌 Print out toilet
📌 Print out pup
📌 Jepitan kecil
📌 Karton bekas susu formula
📌 Selotip bening
📌 Tack-it glue

Print out toilet nya saya tempel ke karton bekas sufor terus saya bungkus pakai selotip bening. Biar kokoh dan biar pas dijepit nggak pletat-pletot. Opsi lain yang lebih simple, bisa dilaminating aja sih. Tapi kemarin pas mager banget ke kedai fotocopy-an.


GESI'S WISHLIST: alat laminating!

Saya nempel pup berangka ke gambar toilet. Nempelnya pakai tack-it glue kaya gini.


Nah, task Aiden, dia jepitin gambar toilet dengan jumlah sesuai angka yang tertera. Main jepit-jepit selalu saya suka, karena sekalian nguatin pincer grasping. Awalnya nggak gitu mulus karena Aiden penginnya jepit semua jepitan tanpa liat angka nya berapa.

Baru setelah lebih fokus, Aiden mau jepit pakai ngitung dulu biar jumlah jepitan pas sesuai angka.


Nah, yang tadi itu kegiatan Jepit Pup. Sebenernya ada satu lagi variasi main menghitung pup ini, which is Menempel Pup.

Tapi Aiden udah ogah saya ajakin lanjut menempel pup di sesi kali ini. Dia minta difotoin sama gambar toilet dan minta lanjut baca buku.


Buku nya masih satu tema: PUP! Judulnya aja Saatnya Pup, wkwk. Sekalian yah saya review aja di sini. Monmaap fotonya kurang niat lol.


🚽 Judul: Seri Sehat Bersama Goyi dan Pipi, Saatnya Pup
📝 Penulis: Irmalia Sutanto
🎨 Ilustrator: Irmalia Sutanto
📦 Penerbit: Potata Publishing (PT Mizan Publika)
💰 Harga: 54.000
📒 Tipe: Board book

Sinopsis cerita cek di bagian belakang, lol.


Buku ini sejalan banget sih sama misi mendoktrin Aiden bahwa pup itu mbok ya di toilet. Warna nya bagus, colorful. Ilustrasi nya juga jenis ilustrasi yang saya suka. Narasi nya nggak terlalu panjang, jadi pas lah buat anak seumuran Aiden.

Modelnya setengah real, setengah fantasi, atau apa sih istilah yang pas hahaha. Soalnya ada karakter manusia yang berteman sama binatang yang bisa behave layaknya manusia wkwk. Goyi dan Pipi itu si binatang nya.

Flashback ke momen perdana bacain buku ini buat Aiden. Saat itu Adit yang bacain. Tapi Adit nggak baca bukunya dulu dari awal sampai akhir. Harusnya, orangtua baca dulu buku yang mau dikasih ke anak sampai habis, mohon ingat itu ya, Adit! Alhasil, Adit salah kira dong. Dia kira Goyi itu adalah seonggok pup yang bisa ngomong.

Mentang-mentang bukunya tentang pup dan ada karakter bukan manusia, terus Adit langsung dengan pedenya mendongeng,

Adit: "Nah ini Tito, ini Goyi"

Aiden: "Goyi temannya Tito ya, Papi?"

Adit: "Bukan. Goyi itu pup"

via GIPHY

Wtf, sungguh sesat.

Anyway, selain karena pesan moralnya bagus; ngajarin anak pup di toilet dan jangan ditahan-tahan, saya suka buku ini karena ada bonus posternya. Catchy banget, berisi panduan *halah* yang harus dilakukan anak saat kebelet. Langsung saya tempel di pintu kamar mandi.


CUBANGET YHAAAA.

Jadi begicu cerita #MainSamaAiden kali ini yah. Kalau mau main hitung-hitung pup juga, monggo loh cus download printable nya


Tag @grace.melia atau @mainsamaaiden yaa kalau dimainin dan lagi sempet ngefoto or ngevideoin. That would make me happy!

Have a nice day, gengs!




Luv,






2 comments:

  1. Thank you Mom Gesi printable pupnya :) Aku sama, waktu anakku sdh bisa toilet training tapi masih sering kebablasan pup (atau pipis) di celana karena ga rela berhenti main, aku ajarinnya pakai buku "What is Poo" nya Usborne. Di situ dijelasin kalau manusia poo di toilet, poo itu ada bakterinya, bentuk2 poo binatang2, etc. Lumayan ngaruh, anak jadi mikir dan bilang kalau mau pup atau pipis.

    ReplyDelete
  2. Aku juga barusan beli buku itu mbak buat Faza. Tujuan utamaku beli buku itu: untuk mendoktrin Faza bahwa pup itu memang rutinitas normal semua manusia. Soale dia trauma pup gara-gara pernah sembelit parah :( :( :(

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^