Wednesday, October 10, 2018

Detoks YouTube Aiden 3 Tahun


Ibu-ibu yang anaknya doyan nonton video YouTube mana suaranyaaaaaaa? Emak-emak yang anaknya suka YouTube-an dan marah-marah kalau nggak dikasih mana suaranyaaaa? TOOOSSSSS! *sigh*

Wujud saya kok kaya yeti yha *_____*

Sebelum ini, saya nggak khawatir lihat Aiden suka nonton YouTube. Malah saya pede-pede aja  (atau kepedean ya, wtf) sehingga ngerasa belum perlu ngasih batasan tegas. Makanya di buku Indahnya Susahnya Jadi Ibu pun, saya jelas-jelas state bahwa saya #TeamYouTube. 

Penampakan chapter Screen Time di buku Indahnya Susahnya Jadi Ibu

Waktu itu saya masih pro sekali sama YouTube karena beberapa alasan.

First, soalnya dari YouTube Aiden jadi bisa tahu macam-macam. Sebut saja warna in English, itu bisa hapal ngelothoknya dari YouTube. Aiden jadi bisa nyanyi aneka nursery rhymes in English itu juga dari YouTube.

Second, YouTube dulunya bisa jadi sarana quality time sama Aiden. Kami nyanyi sambil joget pakai lagu dan gerakan dari video. Kayak misal Baby Shark. Itu seru banget. Bisa jadi joget heboh sambil ketawa ngakak sama-sama. Atau contoh yang lain, Humpty Dumpty. Aiden dan saya akan pura-pura jatoh saat adegan si Humpty jatuh dari dinding. Lalu dilanjutkan pura-pura saya panggil ambulan dan main dokter-dokteran untuk merawat Aiden Humpty yang abis jatoh.

Video toy review nya Toy Pudding itu juga dulu sering kami tonton bareng. Terus abis itu jadi main masak-masakan. Pokoknya YouTube itu cuman kayak sebagai pendamping sampingan aja dulunya. Bukan sebuah keharusan yang HQQ.

Baca: Anak Laki-Laki Main Masak-Masakan, Yay Or Nay? ― Toy Review ELC Kitchen Set

Third, soalnya dulu saya dan Aiden lah yang pegang kontrol kapan nonton video YouTube. Bukan YouTube yang jadi mengontrol Aiden. Ada saatnya boleh nonton ya nonton. Ketika waktunya tidak bisa nonton, ya Aiden nggak cranky sama sekali.

Baca: Temper Tantrum Aiden 2 Tahun

Lastly, dulu Aiden masih memilih main sama saya ketimbang nonton YouTube. Sekarang malah sebaliknya. Ini sih yang bikin rada mellow.


Dulu tuh waktu-waktu nonton YouTube memang nggak dibikin rule yang jelas. Sambil makan, boleh, karena makannya jadi cepet. Sambil nungguin waktu berangkat sekolah, boleh, daripada bengong. Saat sedang makan di luar juga biasanya Aiden saya kasih YouTube biar bisa duduk anteng dan makan, terutama saat makan di luarnya nggak ngajak Mbak Nur.

It used to go well without any drama.

Sebulanan ini kali ya, yang terjadi adalah sebaliknya. Aiden seperti udah bergantung sama YouTube. Mau makan, harus sambil nonton YouTube. Mau mandi, minta disetelin YouTube. Somehow Aiden bisa bikin YouTube jadi senjata. Seolah-olah kayak "kalau mau aku kooperatif, nyalain YouTube buat aku daripada aku cranky dan jadi lama!"

Anaknya juga udah gabisa dialihkan biar lupa. Kalo dulu Aiden minta YouTube, tapi saya ajakin main kan dia prefer main sama saya dan lupa hasratnya YouTube-an. Sekarang beh boro-boro. Dia malah akan marah-marah sambil nangis berurai air mata gitu. Didiemin bener-bener nggak diem-diem. Masa mau nangis seharian? Mana kadang Aiden akan sampai muntah kalau nangisnya keterlaluan. 

Bukan masalah malas beberes ceceran muntahnya, tapi saya sayang kalau jadi sering muntah. Sayang makanan yang udah masuk. Badannya aja udah kecil gitu.

Baca: Ketika Anak Muntah Di Restoran

Long story short, all of those just gave me a wake-up call that it couldn't be going on. Ini udah level nyandu yang memaksa dan harus dikasih. Level selalu marah-marah kalau nggak dikasih YouTube. Level selalu milih YouTube ketimbang sepedaan di luar atau main puzzle atau apapun sama saya. Oh no!


Akhirnya, jalan yang saya ambil adalah mengungsikan TV ke rumah mertua. Jadi biar nggak ada yang bisa nonton apa pun sama sekali sekalian. Kenapa yang diungsikan itu TV? Soalnya buat Aiden TV = YouTube. Ini karena biasanya dia YouTube-an itu dari TV. Kebetulan TV di rumah kami smart TV yang bisa sekalian nyetel YouTube. Ukurannya lumayan gede dan letaknya di tengah ruangan utama banget. Jadi Aiden mau ngapain aja, pasti ngeliat ada TV, dan ya jadi 'teringat' gitu loh.

Jarang banget Aiden sampai cranky dramatic kalau minta handphone karena dia kayak udah tertanam bahwa handphone itu utamanya buat telpon dan buat kerja. Plus, bukan punya dia. Beda sama TV yang dia udah kayak ngecup bahwa TV itu milik Aiden. Makanya handphone nggak sampai perlu disingkirkan juga ga masalah.

Saya emang bohong. Saya bilang TV nya rusak sehingga perlu diservis. Gapapalah bohong dulu. Saya pilih bohong dulu ketimbang langsung kasih pengertian karena ... lebih mudah, lol. At least sampai dia udah tertanam sama aturan baru which is boleh YouTube an hanya di hari Sabtu dan Minggu, baru mungkin nanti TV nya saya ambil lagi.

Dua hari pertama tidak ada TV, Aiden rewel banget sampai nangis dan marah setiap dia rindu nonton YouTube. Itu didiemin doang aja. Sambil terus saya ajak main puzzle, kinetic sand, mewarnai, or anything. Lama-lama Aiden akan diem sendiri nangisnya dan mau diajak main. Karena dia nggak punya pilihan lain kan. Pilihannya cuma nangis terus sendirian nggak ada yang nemenin atau diam dan main sama Mami. Lebih seru pilihan yang kedua dong pastinya.

Baca: Mengenal Angka dengan Flash Cards ― Toy Review ELC Snap The Numbers

Hari selanjutnya lebih mudah. Ketika Aiden inget YouTube, dia udah default ngomong sendiri, "TV nya lagi rusak ya, Mami. Kita main aja yok" gitu. Nggak pakai acara minta disetelin dari handphone. Konsekuensinya tentu ada. Saya jadi harus lebih stand by. Sebelumnya kan kalo saya lagi capek atau budrek, tinggal saya setelin YouTube sebentar sampai saya udah seger lagi. There's always a price for everything ya hahaha.


Ini baru semingguan deh kayaknya nggak ada TV di rumah. So far so good. Hidup lebih tenang tanpa ketakutan "Aduh gimana nih anakku kecanduan" walaupun lebih capek. Tapi yasudahlah, kan pilihan. Walau kukangen banget nonton Bedah Rumah dan Family 100, huhuh.

Buat buibu yang suka nanya kapan udah perlu membatasi gadget, mungkin kalau kondisi-kondisi di atas sudah mulai terjadi kayak anak lebih pilih main gadget ketimbang main beneran sama orangtua/temen, anak udah minta main gadget terlalu sering, dan udah yang harus dikasih atau akan marah-marah kalau nggak diturutin.

Kalau belum mulai kasih gadget ke anak, besok-besok coba tetapkan rule dari awal aja. Misal hanya boleh saat weekend atau apa. Miss nya saya kan karena nggak state itu dari depan, makanya kebablasan.

Oke, ditutup dengan pertanyaan,

"Sudahkah kalian punya buku Indahnya Susahnya Jadi Ibu karya Gesi dan Icha?"

Kalau belum, ayo cus beli ya.

Baca: Lahirnya Buku Indahnya Susahnya Jadi Ibu

HAHAHAHA akhirannya promosi.



Luv,





14 comments:

  1. Ndilalahi tv di rumah saya beneran rusak n suami serta saya tidak berniat mbenerin.... Ngurang2i paparan lcd haaha... youtube oh youtube

    ReplyDelete
  2. Mbak ges, sama nih, anakku juga nontonnya youtube dari TV. Lagi kecanduan karena tiaaap hari dia minta nonton robocar poli, ya walaupun disambi mainan juga. Nyalain TV tuh kayak buat rame-ramean doang, tapi giliran dimatiin TVnya jadi riwil. Aku lagi banyak2in ngajak anak keluar rumah sih, terus aku berusaha banget biar aktivitasnya padet dan nyuruh main keluar. Cuma ya, bener tuh, capekku jadi double wkwk.

    Sekarang nonton TV jadinya dijadwal dan dibatesin. Untungnya bisa berkurang, kalau enggak aku enggak bisa nonton ASNTM cycle 6. Hehehe, cuma seminggu sekali loh, penting ini! Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenaaanggg, cintaku. AsNTM kan ada di YouTube, just in case gabisa nonton di TV. Team siapa nih? Aku Team nya Pim <3

      Delete
  3. Aku #TeamYoutube nih, alasannya sama juga karena tanpa aku ajari pribadi, anakku bisa nyebut colors dan shapes in English dengan sendirinya. Sekarang ini sih masih setiap hari nontonnya, kecuali kalo keluar rumah aku nggak kasih sama sekali. Di rumah pun ada rulesnya, cuma boleh nonton 2-3 video, itu juga udah lama kan, satu video aja bisa 15-20 menit. Udah bisa marah juga kalo nggak dikasih, tapi aku konsisten tegas, kalo nggak boleh ya nggak boleh.

    Mungkin nanti kalo udah masuk sekolah, udah harus aku batasi pas weekend aja deh. Denger-denger kalo suka nonton malah bikin nggak fokus di kelas, huuu.

    Semangat Aiden untuk screen time nya ya!

    ReplyDelete
  4. Sama, saya masih pakai youtube untuk selingan aja. Semoga nggak jadi nyandu. Tapi kalau nyandu saya jual aja tv di rumah sekalian :D

    ReplyDelete
  5. Ini Aiman banget Mbak, dulu awalnya juga tujuannya buat hiburan sekaligus belajar karena Aim bisa kenal huruf dan warna dalam bahasa Inggris berkat YT.
    Tapi lama-kelamaan dia jadi merambah liat yang lain, kalau sekarang dia demen nonton video orang main game Mine Craft.
    Kami udah membatasi akses YT di tabnya, sempat diselang-seling sehari trus sekarang melorot lagi jadi setiap hari tapi dikasih batasan waktu.
    Karena nggak mau Aira ngalamin hal yang sama, kami membatasi Aira untuk nonton YT.

    ReplyDelete
  6. Dulu saya working mom dari rumah mbak ges ,youtube dari hp jadi solusi buat bikin anak anteng ketika lagi kejar setoran.
    Ketika umur 1,5 th , si kesayangan kok gak mau pisah sama hp dan mulai nangis tantrum ketika di ambil hp nya.

    Langsung rapat besar dg suami
    Hehehe
    Nyari solusi , finally saya resign dulu dari pekerjaan .
    Pas umur nya juga si anak mulai toilet training dan disusul sapih.

    Alhamdulillah sekarang sudah mulai berkurang , yg jadi PR adalah saya dan suami yg harus mengurangi gadget ketika waktu bermain dg anak.

    ReplyDelete
  7. anakku cuma bisa nonton youtube offline dan dari hp ayahnya aja, jd br bisa nonton youtube malam paling sejam atau 2 jam aja, akhir2 ini lebih sedikit lagi karena sudah mulai sekolah dan dia lagi demen mewarnai gambar jd bye bye youtube...

    aq udah beli bukunya lohhh, bagus mami ubi bisa jadi parenting guide untuk yang baru jadi ibu dan jadi reminder lagi buat yang akan punya anak...

    ReplyDelete
  8. Huhuhuuu sama banget deh. Sejak ganti smart TV anak-anak seenaknya aja nyetel youtube kapan pun. Awalnya kalau dilarang nurut, lama2 tiap dilarang mrengut, si adek malah cranky.
    Akhirnya umpetin remote, setelah 2 hari mereka nyari gak ketemu mau juga diganti pake remote KW yg cuma bisa buat ganti chanel & volume, kalo ga ada remote asli kan ga bisa searching youtubenya, wkwkwkk..

    ReplyDelete
  9. sama, anakku juga sampe nyandu sebatas gamau makan kalo ga sambil nonton yt. mungkin ke aiden lbh cranky ya krn umurnya udah 3 taun. anak2ku kebetulan setaun lbh muda dr aiden, jd pas usia 20mos gitu lah, mulai susah makan kalo ga disetelin yt. kupikir udah saatnya aku stop. jd ya lsg mandeg bener2 ga kasih even sabtu minggu. tp nonton tv (upin ipin dkk) masih boleh krn kalo tv ada iklannya dan mereka sambil main2 (ga fokus bgt). dan di aku sih hp ga harus disingkirin (nonton yt dr hp) krn ya anaknya masih kecil, masih bisa dialihkan drpd aiden yg udah lbh gede

    ReplyDelete
  10. Anakku banget itu youtube, tapi duluuu. Skrg nonton youtube hanya saat makam nasi aja. Selebihnya stop, awalnya sih ngamuk, nangis2, tapi sekarang sudah mau menerima kenyataan diaa hehe

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^