Friday, August 29, 2014

Make an Impact, Save a Baby


Lagi-lagi saya pengen nulis yang berhubungan dengan TORCH, khususnya Rubella. Semoga belum pada bosan ya, karena bakal ada informasi yang bermanfaat dalam blogpost ini. *sok kepedean* *digiles*

Cerita ini bermula kira-kira awal Mei lalu (tsaah kayak mau dongeng ajah). Awal Mei kemarin, ada mas-mas yang mengkontak saya via Facebook message. Namanya Mas Cixo dari Siloam Hospitals. Ia bilang kalau Siloam Hospitals pengen mengundang saya menjadi narasumber dalam acara TORCH mereka. Tentu dong saya bersedia. Apa pun acaranya dan siapa pun yang mengundang, asalkan berhubungan dengan TORCH dan bisa bermanfaat, saya pasti mau banget mengusahakan.

Long story short, setelah tim Siloam berembuk, mereka menyepakati kalau acara talkshow akan berupa taping di studio Berita Satu TV dan talkshow itu akan ditayangkan di channel Berita Satu TV. So, saya harus ke Jakarta dong. Dan kebetulan banget ya, saat itu saya memang lagi ada wacana untuk bawa Ubii ke Jakarta karena kami perlu menyervis alat bantu dengar Ubii di hearing centre di bilangan Jakarta Timur. So, yeah, Jakarta, we're coming! :))

Begitu sampai di Jakarta, kami langsung digiring menuju Studio Berita Satu. Di sana saya berkenalan dengan Mbak Naomi dan Mbak Deka. Tak ketinggalan Ibu Sutra dan dr. Batara, SpOG yang juga akan mendampingi saya dalam talkshow nya. Sambil menunggu giliran untuk make-up, kami diberi script pertanyaan yang akan ditanyakan oleh anchor, Mbak Awis Mranani yang cantik banget. Pertanyaan-pertanyaan untuk saya tentu saja seputar apa yang saya alami pada kehamilan saya sehingga Ubii lahir sebagai anak berkebutuhan khusus. Kemudian ada juga pertanyaan mengenai Rumah Ramah Rubella dan buku perdana saya, Letters to Aubrey.


Akhirnya saat taping pun tiba. Saya sudah dagdigdug nggak karuan. Saya bukan tipe orang dengan public speaking skill yang baik (Hopefully it'll be improved), tapi saya bertekad dalam hati kalau saya harus memberikan yang terbaik. Saya nggak pengen mengulang kejadian saat taping untuk Kick Andy di mana saya nggak bisa mengalahkan rasa nervous dan akhirnya saya nggak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan seinformatif mungkin. This time I will kill it! Begitu pikir saya. Dan, Puji Tuhan, kali itu degdeg-an saya teratasi dengan lebih baik. Talkshow yang bertajuk Bincang Sehat Bersama Siloam Hospitals itu berjalan dengan lancar. Tema spesifiknya adalah Make an Impact, Save a Baby sesuai dengan program teranyar dari Siloam Hospitals. Program ini mengajak masyarakat untuk memproteksi kehamilan sedini dan sebaik mungkin (Make an Impact) sehingga bayi-bayi bisa lahir dengan utuh dan sempurna tanpa perlu dibarengi kespesialan seperti Ubii (Save a Baby). Di talkshow ini kami lebih membahas perihal infeksi virus Rubella secara khusus, bukan TORCH secara keseluruhan.


Saya pribadi sebagai ibu yang merasakan sendiri ganasnya virus Rubella pada kehamilan sangat merasa informasi dalam talkshow ini bermanfaat dan edukatif. Karena seperti yang kita tau, angka ibu yang melek akan hal ini masih dibilang rendah. Maka dari itu, saya pengen mengajak teman-teman untuk mau meluangkan waktu nggak lebih dari setengah jam untuk menonton tayangan Bincang Sehat Bersama Siloam Hospitals ini. Marilah kita nggak diam-diam saja kalau memang kita punya kesempatan untuk lebih tau :)

Berikut video-videonya:

video
video
video


Semoga sharing pengalaman dan informasi dalam video-video di atas dapat bermanfaat ya. Amin. Puji Tuhan, ternyata kerja sama Rumah Ramah Rubella dan Siloam Hospitals Group nggak berhenti sampai di situ. Saat ini sedang dijalankan program pemeriksaan kehamilan di Siloam Hospitals dengan harga spesial yang sangat terjangkau untuk anggota Rumah Ramah Rubella.



Ada 2 paket, yaitu:

Paket 1: Skrining Hepatitis B dan TORCH
  •  Hepatitis B: VDLR/RPR, HBSAG
  • TORCH Lab: Anti Toksoplasma IgG & IgM, Anti Rubella IgG & IgM, Anti CMV IgG & IgM, Anti HSV II IgG & IgM.
Rp 1.400.000 
 Rp 1.260.000

Paket 2: Konsultasi Ibu Hamil
  • Konsultasi dengan dokter spesialis kandungan.
  • Konsultasi dengan ahli gizi sebanyak 2 kali.
  • Periksa darah lengkap, golongan darah, dan Rhesus.
  • Hepatitis B: VDLR/RPR, HBSAG.
  • Pemeriksaan Glukosa 2 PP
  • Glukosa puasa
  • Urine lengkap
  • TORCH Lab: Anti Toksoplasma IgG & IgM, Anti Rubella IgG & IgM, Anti CMV IgG & IgM, Anti HSV II IgG & IgM.
Rp 1.600.000
Rp 1.440.000

Harga spesial tersebut saya kira sangat bermanfaat karena kita bisa menghemat dengan sangat lumayan. Biasanya screening TORCH sendiri saja sudah sampai Rp 2.300.000an di Jogja. Semoga dengan harga spesial ini, semakin banyak ibu yang melakukan tindakan pencegahan infeksi TORCH pada kehamilan, ya.

Kedua paket dengan harga spesial tersebut bisa dinikmati di 2 cabang Siloam Hospitals, yaitu:

Siloam Hospitals Lippo Village
Jl. Siloam No. 6, Lippo Karawaci, Tangerang

MRCCC Siloam Semanggi
Jl. Garnisun Kav 2-3, Karet-Semanggi, Jakarta

Syarat untuk dapat menikmati harga spesial tersebut mudah saja. Cukup tergabung sebagai anggota komunitas Rumah Ramah Rubella di Facebook Group. Please feel free to join us di sini. Sengaja syaratnya nggak perlu ribet supaya layanan ini bisa dimanfaatkan oleh ibu yang membutuhkan dengan gampang.

Nah, ada satu hal yang perlu diperhatikan di sini, yaitu harga spesial pada dua paket ini baru bisa dimanfaatkan jika ada minimal 10 ibu yang mendaftar. Jadi mari ajak teman, keluarga, dan saudara yang sekiranya membutuhkan paket layanan ini. Mari kita ikut aktif menyelamatkan kehamilan dan janin teman-teman kita dari bahaya infeksi TORCH. Tolong, cukup anak-anak kami yang lahir dengan disabilitas akibat infeksi TORCH karena ketidaktahuan kami akan bahaya TORCH sebelum kami mengandung.

Untuk teman-teman yang membutuhkan dan ingin memanfaatkan layanan ini, sila mendaftar lewat inbox Facebook saya di sini, dengan format:
NAMA: ....
ALAMAT: ....
NO HP: ....
NO KTP: ....
PILIHAN PAKET: (Paket 1/Paket 2)

Kalau sudah terkumpul 10 ibu yang mendaftar, akan segera saya hubungi satu-per-satu untuk langkah selanjutnya. Saya pribadi sungguh berharap bisa mengumpulkan 10 ibu untuk program ini supaya bisa terlaksana. Saat ini masih terkumpul 4 ibu, kurang 6 lagi. Sayang sekali kalau sampai program ini nggak bisa terealisasi karena kurangnya jumlah pendaftar akibat belum tau informasi ini.

Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, saya mohon bantuan teman-teman untuk sudi menyebarkan informasi ini, khususnya teman-teman yang berada di Jabodetabek. Saya ajak teman-teman untuk ikut peduli akan keselamatan ibu dan anak Indonesia. Atas bantuannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

I share because I care, how about you? :)




Salam,



Grace Melia
@gesgeesges
Founder Rumah Ramah Rubella / @RumahRubella


2 comments:

  1. informatif sekali mak., btw, itu videonya emang ada 3 ya atau ketripelan hehe

    ReplyDelete
  2. kok mirip ya mak ges di fotonya berdua

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...