Tuesday, February 25, 2014

Suvenir Lucu dan Catchy: Bingkai Ketjil [Ads]

Pernah nggak sih dikasih barang sama teman, misalnya mug, hiasan meja, atau bingkai ketjil buat memajang foto, terus barangnya kita biarkan teronggok di tempat berdebu (malah justru keliatan kayak rongsokan saking dahsyatnya si debu), terus ke-gap sama teman yang ngasih barang itu? Saya pernah. Rasanya campur aduk, antara malu, menyesal, rikuh, guilty, dan terutama pertanyaan kenapa dia harus datang di saat yang nggak tepat. Hahaha.

Teman saya itu, sebut saja Mawar, adalah teman kuliah saya yang tahun lalu menikah. Sebagai teman yang suka memanfaatkan kesempatan makan gratis baik, tentu saya datang. Seperti biasa, ada souvenir untuk para pengunjung di acara nikahan Mawar. Souvenir yang ia berikan adalah cangkir mini. Jujur saja, menurut saya cangkir mini itu nggak punya fungsi yang berarti (at least untuk saya di rumah). Mau untuk cangkir minum, ukurannya mini banget boo. Saya dan suami tipe orang yang malas kalau harus mengisi air ke gelas atau cangkir berulang-ulang. Jadi yang kami pakai untuk minum selalu cangkir atau gelas yang cukup besar, pas untuk porsi air sekali minum sampai puas ukuran kami. Mau untuk tempat permen, paling-paling cuma muat 5 permen, sekali lagi karena terlalu mini. Mau untuk tempat lilin, kebetulan saya lebih pilih emergency lamp saat lampu mati karena lebih terang dan lebih aman. Untuk apa dong?

Sebenarnya, cangkir mini suvenir nikahan Mawar bukan satu-satunya souvenir nikahan yang teronggok nggak berdaya di rumah. Masih banyak tuh. Ada handuk kecil (yang kainnya gampang brodol jadi nggak afdol juga dipakai), bingkai ketjil (nggak terpakai karena saya malas mencetak foto), gunting kuku (nggak kepakai juga karena saya sudah punya gunting kuku kesayangan sejak kuliah), kipas (Jogja nggak sepanas itu sampai harus kipas-kipas sehari-hari), satu set alat meni pedi, pencabut bulu ketiak, dan pemithes jerawat (nggak terpakai juga, ketiak saya puji Tuhan nggak ditumbuhi rambut sama sekali, beneran nih, boleh dicek, hihi), dan masih banyak lagi souvenir nikahan menggelepar dengan mengenaskan. Tapi kebanyakan sih kalau nggak kipas, gunting kuku, ya cangkir.

Setuju nggak kalau saya bilang, 'Inilah saatnya ada inovasi baru di dunia per-souvenir-an nikahan'? Setuju dong ya. Ya iya lah, masa ya iya dong? Mulan aja Jamilah bukan Jamidong. Why did I say so? Of course, biar nggak mubazir! Saya coba memposisikan diri saya (tsah bahasanye) sebagai Mawar. Rasa kecewa nya kayak apa lihat souvenir salah satu momen terpenting dalam hidup cuma ditumpuk bersama barang rongsokan lain, diselimuti debu, sarang laba-laba, dan pasti kegalauan membabi buta. Tapi, gimana souvenir nikahan kita mau disimpen kalau memang kurang berfaedah gitu kan?

Alternatif buat souvenir nikahan yang menurut saya tokcer adalah Photobooth. Udah pada familiar kan? Itu loh, jadi pengantin menyediakan area untuk foto-foto buat para pengunjung resepsi mereka. Fasilitas ini lengkap dengan fotografer dan property lucu-lucu kayak saya untuk menambah keseruan bernarsis ria di depan kamera. Fotonya langsung dicetak dan bisa dibawa pulang pengunjung. Terus di mana letak unsur souvenir nya? Nah biasanya, foto yang dicetak itu sudah tercetak di template yang dibuat khusus sehingga bakal ada tulisan siapa pengantinnya dan tanggal berapa mereka menikah. Ada juga yang menyertakan  backdrop khusus sebagai latar dengan menampilkan foto si pengantin yang berbahagia segede gaban (yang gede fotonya, bukan pengantinnya). Lebih afdol kan yak? Biasanya sih souvenir berupa foto-foto diri sendiri ini malah lebih disimpan daripada kipas, gunting kuku, gelas, dan kawan-kawannya. Selain karena kita suka narsis, juga karena fotonya seru berkat property yang lucu-lucu.

Di Jogja sih kayaknya belum terlalu booming usaha Photobooth sebagai souvenir event begini. Terhitung dari 1012 6 kondangan yang saya jarah makanannya tahun lalu, cuma ada 1 pasangan yang memanfaatkan jasa Photobooth sebagai souvenir. Jadi, yang di Jogja kalau mau mengkomersilkan hobi menjepret, boleh tuh ide ini dicoba. Prediksi saya: bakal laris manis tanjung kimpul.

Di Jakarta dan sekitarnya, ada tuh cukup banyak jasa Photobooth bersliweran. Salah satunya adalah Bingkai Ketjil. Kebetulan ownernya adalah fans teman saya di komunitas New Mom, Mbak Kunti. Sebelum ngalor-ngidul tentang usaha Photobooth nya, ada baiknya saya memperkenalkan Mbak Kunti karena saya penganut paham tak kenal maka tak sayang.

Apa yang terlintas di benak kalian ketika dengar baca kata Kunti? Pasti LKS dengan warna sampul kuning, merah, ijo, biru yang merampas waktu bermain anak-anak SD di era 90-an. Hahaha. Apa saya doank? Mbak Kunti adalah ibu rumah tangga yang berbahagia dengan anak perempuan yang berkuping caplang bernama Lumi. Kebetulan suami Mbak Kunti, Mas Andi, penggila fotografi. Suami suka jepret-jepret + istri kreatif yang suka bikin property lucu = Lumi dan Bingkai Ketjil Photobooth. Buat saya, jasa atau produk sebagus apa pun nggak akan kinclong tanpa owner yang ramah, menyenangkan, dan informatif. Bingkai Ketjil is a package of good quality pictures, cute and adorable properties, and informative yet fun owners. Dijamin, mau nanya-nanya atau bahkan curhat colongan pasti ditanggapi dengan menyenangkan sama Mbak Kunti (asal doi udah makan, kalau laper doi beringas ngas!).

Ini nih penampakan si empunya Bingkai Ketjil, udah kayak keluarga Cemara belom?

Mas Andi, Lumi, Mbak Kunti
Bingkai Ketjil Photobooth nggak hanya untuk nikahan aja loh. Mereka juga bisa diundang ke acara ulang tahun, office gathering, dan acara-acara lain yang butuh suuvenir catchy. Asalkan di kawasan Jabodetabek, Bingkai Ketjil is ready to add excitement and blast to your events. Ada yang suka diskon? Ngacung! Sstt, event yang berlokasi di area Depok, ada diskon loh soalnya masih tetanggaan dengan Mbak Kunti. Kalau mengadakan acara yang sepertinya bakal didatangi oleh teman-teman hobi narsis, colek aja Bingkai Ketjil. Don't worry, narsis is NOT a crime. Hohoho. Ini nih contoh portfolio foto Bingkai Ketjil Photobooth:

Wedding Annisa & Amri: Keluarga pengantin dilarang ketinggalan narsis
Wedding Yulia & Deni: Sahabat pengantin wajib narsis
Wedding Yulia & Deni: Cocok juga nih mengabadikan kemesraan & kelanggengan Eyang
Wedding Mia & Dikri: Foto keluarga nggak harus ke studio ^^
Birthday Keisha: The birthday girl who loves Justin Bieber
Birthday Keisha: Kompak sama si buah hati ^^
Employee Gathering Indonesia Power: We are cheerful employees! ^^
Birthday Bianca: Si gadis yang berulang tahun bersama Papi dan Mami
Birthday Bianca: Cucok buat foto keluarga kan? ^^

Ada beberapa paket yang bisa dinikmati di Bingkai Ketjil. Bentar yah, dihitung dulu ada berapa paket. *dan waktu pun berjalan* Aha! Ada 6 Paket, yaitu: Paket 100 Lembar, paket 200 Lembar, Paket Unlimited 2 Hours, Paket Unlimited 3 Hours, dan Paket Unlimited 4 Hours. Ke-6 paket tersebut sudah dibarengi dengan:
  • Fotografer
  • 1 Crew
  • Canon Camera Professional
  • Mesin Printer (12 detik/photo print) 
  • Frame Photo / Exclusive Paper Frame by Bingkai Ketjil
  • Studio Lighting
  • Set Backdrop, yang disesuaikan dengan ketersediaan
  • E-Frame Photo atawa Template foto nya
  • Semua foto yang sudah dicompile dalam CD
  • Semua foto yang diupload ke Fan Page Bingkai Ketjil
Mau ngintip contoh frame foto Bingkai Ketjil? Hmm, tunjukin nggak yah *berlagak mikir keras* Oke, karena saya baik, saya tunjukin deh. Tadaaaaa ^_^

Bingkai nya Bingkai Ketjil, langsung bisa dipajang di rumah

Oh iya, tadi saya sebut-sebut property kan yah? Ternyata belum dipamerin foto property-nya. Oops, maaf khilaf. Efek belum makan. Ini nih property Bingkai Ketjil:

Let's pick a prop, guys!
Property yang sudah tertata rapi di event Bingkai Ketjil
Nah itu dia opsi souvenir yang menurut saya pas buat acara-acara selebrasi. Dari segi fun, dapet. Dari segi unik, dapet. Dan, tentunya, supaya suvenir acara teman nggak perlu berakhir mengenaskan seperti punya saya. Jangan sampai deh sudah susah-susah buang rupiah buat prepare suvenir, eh ternyata dibiarkan menggelepar di kardus di pojokan. Kasian suvenirnya, nanti mereka nangis.... *apa sih Grace?!*

Yang pengen kenalan sama Bingkai Ketjil, atau sama Mbak Kunti, atau sama Mas Andy, kontak aja di Fan Page Bingkai Ketjil, atau  0857-1735-0362, atau BBM 75228258, atau boleh juga nih email ke bingkaiketjil@gmail.com. Pesan dari saya: sebelum ngajak ngobrol panjang lebar, pastikan Mbak Kunti sudah makan. Sekian.

Selamat menambah keseruan di momen selebrasi kalian ^^

14 comments:

  1. Makasih buat review nya gesiiii...hepi berat to the max :))))) ailopyuuu :*

    ReplyDelete
  2. Lagi hits ya souvenir foto kayak gini :D

    ReplyDelete
  3. Baiknya emang kaish sovenir yang kiranya bermanfaat ya mami ubii.Di rumah juga ada tuh beberapa sovenir yang cuma teronggok gitu ajah, sayang banget sebenarnya tapi bingung juga mo dipake apa, dibuat koleksi aja kali ya, pajang di lemari kaca :D

    ReplyDelete
  4. Keren2 lho mak fotonya aku sukaa^^. Aku suka nih souvenir bgini, walopun harus uda punya angle sendiri angle yang bagus gimana. karena pernah di photobooth bgini hasilnya smua orang kliatan jelek dan kayaknya yang foto juga cuma ngejepret sekali dan langsung diprint tanpa merhatiin hasil fotonya. Sayang padahal framenya bagus.

    ReplyDelete
  5. Thx u. Nice article. And informatif. Mba kunti, saya mau kenalan ya.

    ReplyDelete
  6. Eh bagus idenya ya .memang jarang yg menyediakan photobooth utk acara2. Bisa lebih rame ya wedding and ultahnya karena yg datang ingin di foto semua ya..

    ReplyDelete
  7. mak geees...lucu bangeeet...aku juga suka gitu tuh, suvenir kawinan menggunung ngg tau mau diapain hehehe..tapi kalau foto-foto..aku ikuuut hehehe...TFS...
    sukses juga buat bingkai ketjilnya..

    ReplyDelete
  8. wah, aku suka banget foto rame-rame di photobooth gini. Propertynya lucu-lucu. Ide yg menarik untuk di jadiin souvenir. Semoga makin laris ya.. :)

    ReplyDelete
  9. Menarik juga ide souvenir seperti itu...

    ReplyDelete
  10. Uhuuuk. Dan, selain bermanfaat, rasanya nempel terus dan kalau ada debu nempel, bawaannya pingin brsihin wae. Ahahahha

    Solusi apiiik, Mama Ubiii. :)

    ReplyDelete
  11. Kalau ada teman yg punya hajat dan butuh suvenir, bisa nih diinfoin ke temen-temennya :))

    ReplyDelete
  12. mbak minta contact bingkai ketjil yg aktif dong saya invite pin bb gk di acc saya tlp jg gk bsa im3nya :( saya udah pernah pake recomended bgt skrg mau pake lg buat acara wedding kaka sayaa makasih ditunggu infonya yaa

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^