Saturday, February 8, 2014

Resume Srikandi Blogger 2014

Mengikuti jejak beberapa Emaks Blogger yang menjadi #50FinalisSB2014, saya juga jadi kepengen untuk memposting resume awal yang saya kirimkan saat mendaftar dalam ajang #SB2014. Latah banget yak? Hihihi. Biarin ah. Resume saya sederhana sekali. Kalau dipikir-pikir, amazed juga dengan resume seperti ini bisa lolos menjadi #50FinalisSB2014. I guess I'm lucky. Gimana nggak? Saya pernah mengintip resume Emaks Blogger lainnya. Wuih, keren. Mupeng saya. Banyak prestasi ngeblog atau menulis yang tertuang (air kali dituang?) di sana. So, this is it, my resume for Srikandi Blogger 2014. :D


***

Nama saya Grace Melia Kristanto, biasa dipanggil Ges. Saya lahir di Semarang, 29 Desember 1989, 24 my age. Saya tinggal di Salatiga, kota kecil yang sejuk di Jawa Tengah sampai SMA. Kemudian saya melanjutkan kuliah di Yogyakarta, tepatnya di Universitas Sanata Dharma, fakultas Sastra Inggris. Saya lulus dengan indeks prestasi  kumulatif 3,86 dan itu membuat saya langsung mendapat tawaran pekerjaan di sebuah perusahaan tambang batu bara besar di Kalimantan Timur. Sedihnya, pekerjaan ini tak bisa lama-lama saya nikmati karena niat saya menunda kehamilan mendapat jawaban lain dari Tuhan. Dengan alasan lingkungan yang kurang sehat untuk saya dan janin yang saya kandung, saya memutuskan kembali ke Yogyakarta dan bekerja di kantor pusat di kota pelajar ini.

Saya masih bekerja sampai beberapa hari sebelum saya melahirkan. Puji Tuhan, saya dikaruniai putri kecil yang cantik. Kami menamainya Aubrey Naiym Kayacinta, atau sehari-hari kami panggil Ubii. Semua berjalan dengan normal sampai Ubii berusia 5 bulan. Pada usianya yang ke 5 bulan 22 hari, saya mendapati Ubii mengidap Congenital Rubella Syndrome yang memyebabkan ia mengalami kebocoran jantung, gangguan pendengaran sangat berat, retardasi psikomotorik, pengapuran otak, dan mikrosefali. Semua harapan dan mimpi saya sirna. Karena tak yakin PRT bisa telaten merawat anak luar biasa seperti Ubii, saya memilih resign. Rasa sedih, kecewa, marah, dan kesepian bercampur menjadi satu.

Syukurlah Tuhan Maha Menguatkan. Tuhan mengirimkan banyak orang untuk menguatkan saya. Masa-masa menyalahkan Tuhan pun segera berlalu. Saya dimampukan-Nya untuk bangkit dan optimis untuk merawat Ubii. Tuhan membuka mata saya bahwa manusia memang boleh berencana tapi Tuhan lah Yang Maha Menentukan. Saya yang selalu tumbuh dengan berbagai rencana, cita-cita, dan ambisi mulai harus belajar untuk berpasrah diri dan menyerahkan segala aspek kehidupan saya pada-Nya. Buat saya, keadaan Ubii adalah cara Tuhan untuk membentuk pribadi saya menjadi pribadi yang lebih sabar, lebih rendah hati, dan lebih nrimo.

Tinggal diam di rumah bukan berarti saya tak punya kegiatan dan kesempatan untuk menjalin pertemanan. Setelah resign, saya membuat online shop kecil yang menjual headbands untuk bayi dan balita berangkat dari kegemaran saya membuat headbands untuk Ubii. Saya juga tergabung di beberapa komunitas parenting, yaitu New Mom Community, Jogja Parenting Community, dan Dunia Tak Lagi Sunyi. Komunitas yang terakhir adalah komunitas yang khusus mewadahi para orang tua dengan anak yang memiliki gangguan pendengaran. Saya juga tergabung di komunitas Kumpulan Emak Blogger, di mana saya bisa semakin mengembangkan hobi menulis saya dan belajar banyak dari tulisan emak-emak lainnya.

Kesibukan saya saat ini masih didominasi dengan tetek bengek pengobatan Ubii. Saya membawa Ubii fisioterapi tiga kali seminggu. Di rumah saya melatih kemampuan motorik dan pendengaran Ubii dengan materi-materi yang saya unduh dari websites. Malam hari saya sibukkan dengan menulis untuk blog pribadi saya atau untuk portal parenting. Kadang-kadang saya juga membuat craft. Di akhir pekan, terkadang saya mengikuti seminar-seminar atau menikmati waktu sendiri di rumah. Belakangan ini saya cukup kerap diundang untuk mengisi sesi sharing di seminar-seminar yang mengangkat tema TORCH. Kesempatan itu saya manfaatkan untuk memperkenalkan Rumah Ramah Rubella dan berkenalan dengan banyak teman baru. Kesibukan saya di Rumah Ramah Rubella sendiri masih bersifat online.Saya mengupload video-video latihan Ubii untuk dipelajari oleh orang tua lain. Saya juga menerjemahkan latihan-latihan pendengaran dalam Bahasa Inggris supaya orang tua lain di Rumah Ramah Rubella juga bisa ikut mempraktekan latihan tersebut. Belakangan ini kesibukan saya bertambah satu yaitu menulis buku yang sekarang sudah 95% jadi. Saya berharap buku ini mendapat jalannya untuk akhirnya diterbitkan. Buku ini masih bercerita tentang Ubii. Rasa-rasanya sekarang semua aktivitas saya melibatkan Ubii karena memang Ubii adalah inspirasi dan berkat terbesar dalam hidup saya.

***


Yak, itu lah resume yang dulu saya kirimkan pada panitia #SB2014. Puji Tuhan, saya lolos menjadi #50FinalisSB2014. Tantangan selanjutnya adalah menjual mempromosikan diri di akun sosial pribadi dan di Facebook Group Kumpulan Emak Blogger. Saya juga bakal ngepost jualan diri saya ah. Hehehe. Tantangan lainnya adalah membuat tulisan dengan tema Perempuan dan Internet lalu diposting serentak pada tanggal 30 Januari lalu. Mau baca tulisan saya? Mau dong please. Hihihi. Hobi maksa nih. Harap maklum. Kalau mau baca, monggo dimari yah Internet bagi Perempuan: Yay and Nay.

Enaknya ngepost resume di blog, bisa sekalian ditambahin beberapa foto. Hehehe. Asik. Tambah foto-foto aaahhh. :D

Ini foto anak saya, si singkong Ubii:

Ubii Rapper
Ini foto penampakan headbands bikinan saya:





Ini penampakan crafts yang saya bikin:

Ini apa yah namanya -___-
Ceritanya bikin Mr. Ginger Bread tapi nggak mirip -__-
Christmas craft dari karton tissue gulung
Ceritanya sepatu Ubii ilang 1, jadi 1-nya dibikin ini

Saya juga sedang ngadain Giveaway loh. Sudah tau belum? Sudah? Nggak ikutan? Yah T_____T Ikutan doonnggg *maksa* Belum? Nah kalau belum yuk diintip yuk mari GIVEAWAY: Antologi Mereka Bicara Fakta.

Ini salah satu penampakan hadiah Giveaway nya, antologi Mereka Bicara Fakta yang memuat cerita saya sebagai salah satu cerita terpilih dalam lomba blog Wajah dan Sistem Regulasi Kesehatan Indonesia.


Tentang buku yang 95% sudah jadi itu, puji Tuhan sudah ada kepastian dari penerbit untuk diterbitkan. Hore hore hore *joget dengan nggak anggun* Nantikan buku saya di bulan Mei ya :))

Terakhir, jangan lupa dukung saya untuk jadi the next Indonesian Idol Srikandi Blogger 2014. Caranya gampang: Ketik SB 2014(spasi)(PIN ATM Anda). Niscaya saldo anda akan saya kuras. Hahahaha. LOL.


10 comments:

  1. Hai Mak, salam kenal dari Ika.
    Dunia perblogger-an itu memang amazing banget ya, kemarin lihat di tipi sekarang bisa komunikasi dengan mudahnya.
    Sukses untuk SB2014 ya?

    ReplyDelete
  2. resumenya menarik, headbandsnya cantik, mak Gesgesnya lucuuuu :p hihi..mana bisa nguras atm tanpa kartunya mak, kecuali sindikat kali yak..heeuuu.

    ReplyDelete
  3. sampai jumpa tgl 21 mak ges dan ubi...nitip peluk dulu buat ubii

    ReplyDelete
  4. kreatip maak bisa bikin headbands gituuu

    ReplyDelete
  5. resumenya bagus kok, maaf nggak ikutan giveawaynya yah T_T aku pikir udah lewat deadline ternyata belooooom! mak gimana caranya bw ke finalis SB2014?

    ReplyDelete
  6. tutup muka, malu sama mak ges yang masih imut2 umurnya hehehe beda 11 tahun mak

    ReplyDelete
  7. @Mak Ika: Halo mak Ika. Salam kenal juga ya. Tengkyu so much sudah mampir. Iyes, Mak. Amazing syekali. Mau cari apa aja ada dan bisa ketemu di marih :D

    @Ketipung: Ketularan kamu kan, HUH!

    @Mak Tanti: Haduh, itu HOAX, yg asli dong mana :p

    @Mak Arifah: Lhah, aku kan mantan sindikat, Mak XD hihihi prettt

    @Mak Ida: Siyap, Mak Ida :D

    @Mak Hagemaru: Ndak kok, Mak. Ini mah tempel-tempel doank cuma modal lem tembak, hihi.

    @Mak Anita: Aih, makasih, Mak. Yuk ikutan GA-ku biar bisa dapet bros jilbab yg kayak gitu :D

    @Mak Intan: Lhah, belum deadline kok. Yuuukk cusss ikutaaannn :D

    @Mak Lidya: JIahaha. Mak Lidya awet muda kok :))

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...