Friday, January 10, 2014

Resolusi 2014: Aku dan Mereka, Kamu?

Credit
Ah, it's 2014 already. Welcome to the year of 2014! *tiup terompet deket telinga* *nyengir kuda*

Tahun baru. Apa sih yang identik dengan tahun yang baru? Terompet? Petasan sampai pagi? BBQ-an? Kongkow-kongkow bareng teman atau keluarga tercinta? Red wine? Apaaaaa? Yah mungkin ada beberapa yang menyebut hal-hal tersebut sebagai bagian dari ritual tahun baru mereka. Saya sendiri nggak pernah punya ritual khusus menyambut tahun baru. Dulu, waktu masih gadis dan langsing (iya sekarang saya gendut! *sigh*), biasaya saya menghabiskan malam pergantian tahun dengan kongkow bareng teman-teman. Nggak, bukannya saya nggak mau mengahabiskan waktu dengan keluarga. Tapi keluarga saya selalu memanfaatkan hari libur untuk tidur lebih awal sedangkan saya bukan tipe orang yang bisa tidur di bawah jam 11 malam. So that's the reason. Lagian, rumah saya terletak di dekat alun-alun yang selalu dijadikan tempat pesta kembang api dan band atau orkes dangdut. Jelas banget tuh berisiknya dari rumah. Saya nggak tahan dengarnya. Jadi saya memilih kongkow di coffee shop yang nggak terlalu ramai atau di rumah teman. Itu pun hanya dengan beberapa teman dekat saja. Nothing's really special.

Tahun lalu saya sudah mempunyai Ubii, jadi nggak ada acara kongkow bareng teman lajang lagi. Tahun lalu sih Ubii dititipkan di rumah eyangnya lalu saya dan suami merayakan pergantian tahun di rumah. As simple as that. Beberapa tahun belakangan saya selalu punya refleksi diri kecil-kecilan. Sekedar mengingat apa saja yang sudah yang saya lalui dan capai di tahun ini serta apa yang ingin saya capai di tahun depan. Cuma di awang-awang saja sih. Makanya cepet lupa. Hehehe. Tahun ini saya ingin menuliskannya biar nggak lupa lagi. Let this be a little reminder for me. Hohoho.

2013 was an awesome year for me. Without any intention to brag or anything, I did accomplish and manage some things. I did finish what I wanted to do as well. Cheer for myself. Yeay! So these are things that I did in 2013:
  1. Lebih rutin menulis. 
  2. Memenuhi hak Ubii untuk mendapat ASI selama 6 bulan.
  3. Membagikan informasi dan sharing seputar keadaan Ubii dan bahaya TORCH melalui Kick Andy, koran Media Indonesia, tabloid Wanita Indonesia, harian Koran Jakarta, situs Kompas[dot]com, dan situs Kompasiana[dot]com.
  4. Berhasil menjadi juara di tiga kontes menulis, yaitu Juara II Peran Ibu Untuk Si Pemimpin Kecil yang diadakan oleh Nutrisi Untuk Bangsa, satu dari tiga cerita terinspiratif #TitikBalik yang diadakan oleh Manulife, dan cerita terpilih untuk dibukukan dalam antologi Wajah Sistem dan Regulasi Kesehatan di Indonesia yang diadakan oleh Forum Peduli Kesehatan Rakyat.
  5. Mendirikan Rumah Ramah Rubella.
  6. Menjalin kembali hubungan dengan beberapa kawan lama yang sempat putus kontak karena ada misunderstanding.
  7. Lebih berdamai dengan Mama.
  8. Mencoba untuk menulis sebuah buku, yang semoga saja berjodoh dengan penerbit.
Setelah mengingat hal-hal tersebut, ini saatnya menyusun resolusi. Buat saya pribadi, resolusi itu penting. Mengutip Ainy Fauziyah, seorang motivator dan leadership trainer di sini, ada 3 alasan mengapa menyusun resolusi itu penting. Yang pertama, supaya kita lebih mengenal apa yang ingin kita capai di tahun selanjutnya. Yang kedua, supaya kita lebih fokus dengan hal-hal yang ingin kita capai tersebut. And last but not least, supaya dapat dijadikan penyemangat untuk mencapainya. Hear hear! I totally agree with those three points.

Inilah resolusi saya untuk tahun 2014:
  1. Bangun lebih pagi. Ketauan banget ya selama ini bangunnya siang. LOL.
  2. Olahraga! Kurus itu bonus. Tujuan utama saya adalah badan yang fit. Semenjak SMA sampai kuliah saya rutin aerobic (karena nggak bisa olahraga lain, hiks). Sejak punya Ubii, saya nggak pernah olahraga lagi. Saya selalu menyalahkan rutinitas baru menjadi ibu. Padahal sebenarnya kalau saya bener-bener niat pasti bisa kok punya waktu untuk olahraga. Ya kan ya kan? Sudah kerasa banget efek no exercise ini. Sekarang saya cepat capek. Cepat ngos-ngosan. Cepat pusing juga. Haduh!
  3. Menyusun agenda kegiatan untuk Rumah Ramah Rubella. So far, aktivitas kami masih betah di group Facebook. Sudah saatnya kami punya acara minimal gathering dan sharing bersama. Syukur-syukur bisa mengadakan seminar atau workshop untuk para orangtua.
  4. Jadi pilot yang baik. Maksudnyah? Have you ever heard this quote, "Time flies so fast. But don't worry, we are still the pilot." Nah! I was NOT a good pilot in 2013. Menejemen waktu saya buruk. Sering sekali saya keponthal-ponthal melakukan ini itu in the last minute karena belum disiplin. Istilah kerennya, saya diperbudak oleh waktu. *HALAH*
  5. MENABUNG. Ini PR banget. Sekaligus baca-baca tentang reksadana yang katanya bunganya lebih banyak daripada tabungan biasa. Saya kudet banget tentang dunia simpan-menyimpan uang di bank. Ada yang kerja di bank atau khatam tentang ini? Boleh banget loh kasih saya pencerahan. *wink*
  6. Mencari lebih banyak lagi materi atau bahan-bahan yang bisa dipakai untuk melatih Ubii. Siap-siap ya kalau saya nodong ilmu dari kalian. *senyum semanis-manisnya*
  7. Sudah mandi saat suami pulang kerja. Hahaha. Sepele banget kedengarannya yah. Sebenarnya suami saya sih nggak pernah sama sekali mempermasalahkan saya yang belum mandi saat dia pulang. Dia tau banget saya malas mandi. Aih. Tapi sepertinya wajahnya lebih cerah saat melihat saya dan Ubii sudah wangi saat membukakan pintu untuknya. Hehehe.
  8. Menelepon atau meng-SMS Mama dan Papa lebih sering. Bukan adat keluarga saya sih rutin bertukar kabar begitu. I just want to do it anyway.
AMIN. AMIN. AMIN. Semoga saya bisa konsisten dan lebih disiplin lagi untuk meuwujudkan niat-niat itu. AMIN. AMIN. AMIN.

Tentang resolusi 2014, saya juga menanyai beberapa kawan saya. Mau tau resolusi beberapa kawan saya dari New Mom Community di tahun ini? Jreengg jreeengg jreeenngg, ini dia:

Diana: Resolusi 2014 gw ngurangin marah sama Darin dan abahnya.

Nena: Bikin klinik gigi sendiri. Amiinn.

Tami: Sukses kasih ASI adeknya Enzo sampe 2 taon. Amiinn.

Dian: Gw pengen punya min 3 proyek bulanan sama mau cari investor buat bikin perusahaan FTTH.

Debby: Resolusi gw 2014, jadi istri dan ibu yang baik dan sabar, financial stabil.

Tiwi: Resolusiku 2014 menjadi istri yang istiqomah, menjadi ibu yang sabar buat Ayya, dan mengembangkan Alya Handmade.

Kunti: Resolusi gue pengen lebih mengurangi pegang hape buat main sama Lumi.

Ditya: Meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga, teman, dan Sang Pencipta. #tsaahh


Bagaimana denganmu? Apa resolusimu di tahun 2014 ini? :)

Credit

5 comments:

  1. achievement tahun 2013 bagus banget, aku jadi pengen mak ^^
    kudet itu apaan sih?
    kalo reksadana aku juga tertarik tuh tapi masih dikit ilmuku. untuk lebih simplenya bisa pakai jasa bank yang menyediakan produk reksadana seperti bank mandiri, danamon atau commonwealth. kalo nggak pakai jasa bank bisa ke manulife... nah mak kan salah satu pemenang lomba manulife tuh... kalo udah realisasi share ceritanya ya.. aku belum realisasi nih, masih ngumpulin dana sama bikin salah satu persyaratan beli rd yaitu bikin npwp!

    oia, ga dimasukkin resolusi juga tah bikin #DearHusbandnya? nggak lupa sama gagasan itu kaaaan? aku nagging nih :D

    ReplyDelete
  2. Ayo semangat Mak Intan, pasti bisa :D
    Kudet itu KUrang apDET, xixi. Alay bener yak.
    Tentang reksadana dan kawan-kawannya, huff, memang bikin pusing, aku susah banget mencerna itu. Temen-temen udah jelasin panjang lebar tapi tetep masih melongo aja. Hiks.
    Hayuk deh Mak Intan realisasikan #DearHusband nya, dirimu dulu aja nanti aku antri tongkat :))

    ReplyDelete
  3. resolusi 2014 pengen ketemu Mak Gracie.. syukur2 bisa kerja bareng, bis aku kagum sama mak gracie sih!*pasang senyum yang bikin mak Gracie geer sampe melayang

    ReplyDelete
  4. Semoga tercapai resolusinya ya, Mak. Good Mom :-)

    ReplyDelete
  5. @Mak Diba: Amin, semoga bisa jumpa tahun ini yah Mak. Dirimu jadi hijrah ke Jawa kah? *melayang terus kepentok puun*

    @Mak Leyla: Amin, tengkyu Mak. Sama-sama ya, semoga resolusi Mak Ley;a tahun ini pun tercapai :)

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...