Friday, January 3, 2014

'Jadilah Ibu yang Luar Biasa' di Koran Jakarta

Credit
Blog post ketiga hari ini. Hihihi. I am so on fire today. Beberapa hari belakangan ini capek badan dan pikiran, jadi netbook tua ini jadi teman mengusir jenuh. Yeay! Blog post ini masih saya labeli dengan #GraceOnMedia

Masih ingat nggak cerita saya di Press Briefing #TitikBalik Manulife? Saya cerita bahwa ada seorang mbak yang mewawancarai saya tapi saya lupa si mbak ini dari media mana. Nah, ternyata ia dari Koran Jakarta. Namanya Mbak Eka. Orangnya berjilbab dan manis. Kalau bicara lembut sekali, beda banget dengan saya yang cempreng. Hehehe.

Mbak Eka, saat di Press Briefing #TitikBalik Manulife, berjanji bahwa ia akan menghubungi saya jika artikel yang ditulisnya sudah akan terbit. Dan, ia menepati janjinya. Hore. Terimakasih Mbak Eka. Dua hari sebelumnya Mbak Eka mengirimkan SMS pada saya untuk meminta saya mengirimkan foto saya berdua dengan Ubii. Untuk Koran Jakarta, saya memilih foto saya berdua dengan Ubii yang masih jarang nongol. Hehehe.

Tulisan tentang saya di Koran Jakarta ini singkat saja karena digabung dengan cerita mama-mama lain yang juga memiliki anak berkebutuhan khusus. Namun, walau hanya sedikit, saya suka artikel yang ditulis oleh Mbak Eka ini. Saya suka diksi yang ia pilih dan bagaimana ia merunutkan cerita saya dan Ubii hanya dari wawancara kami yang singkat. Mbak Eka, ini 4 jempol buat kamu! :)

Cerita tentang saya dan Ubii serta tiga mama lain dimuat dalam Koran Jakarta yang terbit pada hari Sabtu, 21 Desember 2013 lalu. Hampir bertepatan dengan Hari Ibu ya. Maka dari itu judul utama nya juga menggambarkan kasih seorang ibu. Hehehe. Judul utama tulisan Mbak Eka dalam rubrik Rona ini adalah A Mother's Unconditional Love. Untuk cerita tentang saya dan Ubii, Mbak Eka memberi subjudul 'Jadilah Ibu yang Luar Biasa'

Yuk kita baca bersama-sama, kan pasti sudah sulit cari koran terbitan berhari-hari yang lalu. Hehehe. Yang saya tulis hanya cerita tentang saya dan Ubii saja ya.

***

"Tuhan Jahat." Kalimat itu tak kuasa keluar dari Grace Melia Kristanto (24) saat pertama kali mengetahui kondisi putri pertamanya, Aubrey Naiym Kayacinta (18 bulan), didiagnosa mengidap penyakit Congenital Rubella Syndrome (CRS).

"Kenapa Tuhan kasih ini buat aku. Aku masih muda, masih banyak impian - kenapa dikasih tanggung jawab sebesar ini?," ungkap Grace yang baru mengetahui kondisi tersebut saat putrinya beranjak usia lima bulan.

"Apalagi, ternyata banyak yang harus saya lakukan, entah itu fisioterapi, USG jantung, CT-Scan, dan lain sebagainya, yang membutuhkan biaya tidak sedikit," lanjut Grace. Virus CRS membuat Ubii - begitu ia memanggil sang buah hati - memiliki gangguan syaraf, pendengaran, motorik, dan kelainan jantung.

Namun, seiring berjalannya waktu, Grace sadar bahwa terus-menerus meratapi nasib dan komplain bukanlah pilihan yang baik. "Ubii nggak boleh punya ibu yang kayak gitu. Itu awalnya aku bangkit."

Ia butuh sekitar dua sampai tiga bulan untuk melewati proses menerima kondisi Ubii. Selama rentang waktu itu, Grace mengaku sering menangis sehingga membuatnya setengah hati mengurus kondisi sang putri. "Saya sadar kalau saya lemah, putri saya tidak jadi anak yang kuat," tukas dia.

Grace akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai English trainer dan lebih fokus mengurus sang putri. Tak sampai di situ, menyadari pengetahuan mengenai CRS di Tanah Air sangat minim, Grace akhirnya membuat jembatan komunikasi dengan ibu-ibu yang mengalami kondisi sama. Ia pun mendirikan komunitas Rumah Ramah Rubella, sebuah komunitas di jejaring sosial untuk saling berbagi informasi dan pengalaman mengenai virus Rubella.

Ia pun berpesan pada orang tua yang mengalami kondisi yang sama. "Jangan dengar orang bilang anakmu cacat, kurang, anggaplah anakmu luar biasa dalam artian positif. Supaya mereka bisa luar biasa dalam makna yang benar-benar positif, jadilah ibu yang luar biasa buat mereka."

***


2 comments:

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...