Tuesday, January 19, 2021

#MainSamaAiden: Book Report & Bookish Play Plan Free Printable

The very first printable in 2021! Happy New Year! (meski telat lol). Semoga tahun ini berkah buat kita-kita ya, gengs. Aminnn!

Printable kali ini berkaitan erat sama buku. Tapi sebelumnya saya mau cerita-cerita dulu yah.

Waktu saya bikin printable ini, Aiden masih libur. SFH belum mulai lagi setelah Christmas & New Year break. Makin deket masuk SFH, saya kasih beberapa review activities buat Aiden. Refresh lagi tentang huruf, angka, memegang pensil, menulis, etc. Mostly pakai worksheet yang model tracing huruf gitu atau sambil main-main seperti biasa.

Efek libur lama yang bye tulis-tulis, Aiden jadi kebalik nulis huruf b dan d. Nulis J juga kebalik. Tapi ternyata dia udah bosan tracing huruf dan worksheet ala-ala sekolah. Nah makanya saya mikir mau kasih kegiatan apa yang sebenernya mah buat exercise menulis, tapi nggak terlalu kentara disuruh nulisnya. Hence, this activity.

We both love reading storybooks. Aiden juga ternyata jadi ketagihan. Dalam satu hari pasti dia nagih minta dibacain minimal 1 buku. Sometimes more if possible. Baca buku bersama akhirnya jadi sesuatu yang habitual. Nggak usah disuruh, nggak perlu tawar-tawaran, nggak pakai terpaksa. Justru kadang saya yang terpaksa BAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA, soalnya kadang pas capek bok.

Saat saya kuliah dulu, ada mata kuliah Book Report. Jadi bikin beginian bukan hal yang baru buat saya. Tapi tentunya saya modifikasi supaya book report nya nggak terlalu berat buat Aiden yang masih 5 tahun. Setelah saya temenin Aiden bikin dan mengamati dia, I think kegiatan ini bagus banget buat anak dan membantu orangtua observe kesan anak terhadap buku yang sudah dibaca.


Here's why:

1) Anak jadi punya proses berpikir, mengingat kembali memori yang mereka sudah punya tentang buku yang sudah dibaca. Kalaupun ada bagian yang lupa, it's okay, bisa buka bukunya lagi. Di sini akhirnya jadi belajar mengamati dan menyadari ada apa aja di buku.

2)  Anak belajar memahami isi buku. Bukan hanya kenal huruf dan kata aja, karena kata-kata yang membentuk sebuah cerita itu ada makna nya.

3) Writing exercise. Nah ini kerasa banget di Aiden kemarin. Jadi sarana latihan menulis yang variasinya beda dengan kerjain worksheet atau tracing huruf. I'm a firm believer bahwa belajar huruf dan menulis itu tidak harus dengan kegiatan menulis di kertas. Bisa lewat sensory play bikin writing tray dari beras, bikin huruf pakai playdoh, dll. Tapi, kegiatan menulis di kertas juga tetep perlu dikasih karena anak juga perlu ngerasain / latihan memegang - mengontrol grip dan gerakan - menggoreskan pensil membentuk sesuatu. So, kombinasiin aja kegiatan-kegiatan tentang huruf dan menulis buat anak ya.

4) Ada kesempatan untuk proses berpikir yang menganalisa juga. Tidak hanya sampai di membaca dan memahami cerita, but goes further. Udah mengerti oh ada karakter si A, B, dan C. Terus lanjut analyse sederhana, paling suka sama karakter yang mana sih? Mengapa suka sama yang itu? Mengapa kurang/nggak suka sama karakter yang ini?

5) It's also an opportunity untuk anak mengenali seberapa suka dia dengan buku nya, lalu menggambarkan level sukanya itu dengan memberi rating.

6) Ada bagian tulis nama pengarang buku untuk casually menanamkan value menghargai karya orang lain pada anak. Bahwa apa yang mereka baca itu adalah proses berpikir dan proses kreatif orang lain yang perlu diacknowledge.

7) Buat orangtua, it's a really a great way untuk observe relationship anak dengan buku. Apa anak udah paham? Bagian / karakter / adegan mana yang jadi part favoritnya anak? Dll.

Sekalian bikin printable Bookish Play Plan. Sedikit tentang bookish play, adalah kegiatan bermain atau fun learning yang berkaitan dengan buku. Unsur apa yang diambil dari buku, bebas. Bisa dari tema, karakter, scene, etc. Bentuk nya juga bebas. Bisa jadi kegiatan color sorting, sensory play, membuat craft, menggambar, main figurin, science experiment, mengamati, etc. Coba google, banyak kok. Di Pinterest juga bejibun.

Saya bikin printable Bookish Play Plan, selain karena tujuan awal biar Aiden practice menulis, juga untuk kasih kesempatan Aiden untuk membuat rencana agenda dan evaluasi nya sendiri.

Masih dari buku yang kami pakai untuk Book Report yaitu Goldfish On Vacation, untuk Bookish Play nya Aiden melontarkan ide untuk bikin painting. Ngelukis 3 tokoh ikan gitu. Dia juga membayangkan, untuk painting tuh alat / bahan apa aja sih yang dibutuhkan. Terakhir evaluasi tentang seberapa enjoy di proses dan seberapa suka sama result nya.

Aiden really loves the result, that's why he gave it 5 stars. Proses nya 3 bintang, karena saya sempet ada ngomong dengan intonasi tinggi during process, sewaktu Aiden tuang cat kebanyakan. LOL.

So this is what we made. 3 goldfish: Barracuda, Patch, and Fiss seperti yang ada di buku.


Tertarik mencoba? Here's the FREE printable. Saya bikin 2 versi: English dan Bahasa, saya jadiin dalam 1 file. As usual, silakan dimanfaatkan dengan bertanggung jawab yah, untuk pemakaian pribadi.

DOWNLOAD FREE PRINTABLE BOOK REPORT & BOOKISH PLAY PLAN 

Note:

1) Aiden saat ini usianya 5 tahun lebih. Untuk anak yang usianya di bawah Aiden, kalau seumpama belum tertarik, it's okay ya.

2) Kalau tertarik tapi masih kesulitan menulis, orangtua bisa bantu menuliskan. Jadi anak 'hanya' jawab pertanyaan dan mengemukakan thoughts and ideas nya.

3) Kalau dirasa boring, nggak perlu merasa harus selesai langsung ya. Bisa banget nyicil 2-3 pertanyaan dulu aja, lalu dilanjut next time.

4) Pastikan buku yang mau dijadikan bahan adalah buku yang sudah dibaca / dibacakan pada anak.

Semoga bermanfaat!



Love,



1 comment:

  1. Samaan Ghaza nih 🤭 kadang aku yang capek sendiri bacain bukunya 😭 sampai suara serak gitu karena biasanya sampai bacain 12 buku 😅😭

    Wah makasih Mami Ubi book reportnya 😍 bisa bikin Ghaza sibuk nih 🤭😂

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^