Tuesday, April 21, 2015

[ADS] Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Mama


Enaknya hamil kedua itu adalah.. nggak panikan seperti saat hamil pertama. Dan sudah lebih matang. Tsailah telor kali mateng. Eh tapi bener loh. Dulu saat hamil si Kakak Ubii, saya super bingung apa-apa saja yang harus dibeli. Awam banget tentang apa itu gurita dan fungsinya, pompa ASI (ASI bisa dipompa nggak dikenyot biasa aja? Takjub), bra menyusui (oh beda sama bra biasa? Baru tau), pembalut nifas (Nifas itu makanan apa? Odong saya), dan lain-lain lagi kebingungan saya. Akhirnya, sangking anak bawangnya, daftar perlengkapan bayi yang saya bikin saat itu hanya: baju, celana, popok, dan handuk. Padahal baju bayi sendiri ada macam-macam yah. Ada yang lengan panjang berkancing, lengan pendek berkancing, kaos lengan panjang, kaos lengan pendek, dan sebelah lengan pendek sebelah lengan panjang. Yang terakhir ngawur.

Ada nggak mama baru yang bingung menentukan daftar perlengkapan bayi dan mama kayak saya dulu? Saya kasih contekan, mau? ^____^


Perlengkapan Wajib ke Rumah Sakit Bersalin - Masukkan ini semua ke dalam 1 tas jauh-jauh hari, jadi kalau ada apa-apa langsung cus ke RS tanpa harus rempong siap-siap.
  1. Untuk bayi: baju kancing depan, celana panjang, sarung tangan dan kaki, selimut, topi
  2. Untuk mama: baju/daster kancing depan, bra menyusui, pembalut, breast pad (semacam busa yang dilekatkan di bra agar rembesan ASI nggak ngecap di baju), breast pump, sarung/jarik (biasanya susah pakai celana), gurita, peralatan mandi.
  3. Untuk yang menjagai: peralatan mandi, baju ganti, pakaian dalam, cemilan, iPod, atau majalah barangkali bosan. Kalau saya dulu bawa kartu UNO sambil nunggu bukaan 10. Bahahaha.
  4. Buku riwayat kesehatan mama. Biasanya dikasih dari obsgyn, kan?
  5. ID Card.

Perlengkapan Wajib untuk Bayi Baru Lahir
  1. First thing first, yaituuu popok kain! Sebaiknya pakai popok kain di hari-hari pertamanya yah, jangan langsung popok sekali pakai. Takut ruam karena kulit newborn baby masih sensitif sekali. Ada opsi lain yaitu clodi alias cloth diaper.
  2. Popok sekali pakai. Punya cadangan boleh lah, terutama kalau pas pergi-pergi ke luar rumah.
  3. Baju berkancing lengan panjang dan pendek. Untuk newborn baby lebih enak memakaikan baju berkancing daripada kaos. Kalo saya sih.
  4. Celana bayi panjang dan pendek.
  5. Kain bedong. Bisa beli kain bedong yang tradisional atau bedong instan. Sekarang apa-apa ada versi instan jadi praktis. Dulu saya pakai kain bedong biasa/tradisional dan... selalu gagal. Hehehe. 
  6. Sarung tangan dan sarung kaki. Biasanya 1 set gitu jadi unyu-unyu.
  7. Topi bayi.
  8. Kaos dalam/singlet bayi (optional). Ini terserah aja yah apakah kita akan membiasakan anak pakai singlet atau enggak. Kakak Ubii nggak dibiasakan pakai singlet, baik-baik aja juga kok.
  9. Selimut bayi. Fave kakak Ubii yang merk Carter karena lembut banget. Dicuci berulang kali pun tetap lembut.
  10. Alas ompol/perlak. Super penting. 
  11. Gurita (optional). Ini juga tergantung kebijakan mama dan nakes yah. Penggunaan gurita sudah nggak se-esensial zaman dulu. Nakes zaman sekarang sudah jarang menyarankan pemakaian gurita terlalu sering. Kakak Ubii hanya pakai gurita saat di RS. Di rumah byebye gurita.

Perlengkapan Tambahan untuk Bayi Baru Lahir
  1. Slabber/celemek.
  2. Kalau udah ketauan dan yakin bayinya cewek, biasanya pada suka nyiapin headband/bandana atau jilbab mungil untuk keluarga Muslim.
  3. Bantal bayi (optional). Kalau kata DSA Kakak Ubii dulu sih tidur nggak pakai bantal juga nggak apa-apa.
  4. Box bayi beserta kelambu nya (optional). Saya sih dulu nyewa tiga bulan untuk Kakak Ubii. Hasilnya: cuma kepake buat foto-foto. Bahahahaha. Eh itu kalau saya loh. Banyak juga kok yang merasa terbantu dengan adanya box bayi.
  5. Botol susu (optional). Dulu Kakak Ubii dapat ASIX 6 bulan, tapi minuminnya pakai botol, nggak pakai sendok atau gelas kecil. Kata konselor laktasi sih jangan pakai botol nanti bingung puting. Kalau kata saya, yang gampang aja deh. Karena kalau pun saya telaten pakai sendok atau gelas kecil, belum tentu suami atau mertua telaten (dulu masih numpang soalnya), jadi tau diri enggak mau nyusahin. Apakah Kakak Ubii bingung puting? Puji syukur, enggak. Aman.

Perlengkapan Mandi dan Bebersih untuk Bayi Baru Lahir
  1. Handuk (op kors!)
  2. Bak mandi. Silakan pilih ada macam-macam merk, bentuk, dan gambar. Kalau saya suka nya merk Puku. Agak lebih mahal sih tapi awet banget plastiknya. Dan ada dudukan dalam baknya, pas untuk newborn baby. 
  3. Sikat lidah. Supaya lidahnya nggak putih. Juga untuk gusinya. Tapi pelan dan lembut aja ya ngegosoknya. 
  4. Toiletries: sabun, shampo, body lotion, telon, dan baby oil untuk massage. Sabun dan shampo ada yang sudah jadi satu biasanya ada embel-embel 'head-to-toe' nya, tapi kalau saya lebih suka sabun batangan soalnya sabun & shampo head-to-toe buat saya terlalu licin. Kakak Ubii nggak pernah pakai bedak. Takut terhirup dan menyumbat pori-pori. Kakak Ubii punya toiletries kesayangan dari bayi sampai sekarang. LOL.
  5. Kapas bulat. Buat bebersih pupup nya.
  6. Tissue basah.
  7. Gunting kuku bayi.
  8. Waslap.

Perlengkapan Wajib untuk Mama
  1. Bra menyusui. Dulu saya baru tau kalau butuh bra menyusui adalah saat.. Kakak Ubii sudah lahir! Tetot. Jadi suami musti wara-wiri RS-toko perlengkapan bayi. Beli lusinan lebih murah, cyint.
  2. Breast pump (optional). Kalau lebih suka merah pakai tangan, mungkin nggak perlu yah. Buat saya ini sangat berjasa. Untuk merk saya suka yang Medela Swing. 
  3. Pembalut jumbo. Untuk masa nifas. Kalau nifasnya sedikit ya nggak usah pakai yang jumbo. Nggak enak euy.
  4. Daster/kaos rumah kancing depan. Biar lebih enak aja menyusuinya.

Perlengkapan Kesehatan Wajib untuk Bayi Baru Lahir
  1. Termometer(!)
  2. Balsem bayi. Kakak Ubii pakai Transpulmin BB. 
  3. Pelega hidung meler. Kakak Ubii pakai obat tetes Breathy. Sekarang udah BUKAN zamannya menyedot ingus bayi yak.
  4. Salep ruam popok. Kakak Ubii pakai Bepanthen. Bisa juga untuk nipple crack pada mama.
  5. Alkohol dan kain kassa. Kain kassa juga bisa dipakai untuk menyikat lidah kalau belum punya sikat lidah.
  6. Paracetamol. 
    Penampakan obat tetes hidung dan balsem
Apa lagi yah? Kayaknya sih sudah saya jembreng semua. Nanti deh kalau ada yang keinget lagi, saya tambahin. Nah, kalau udah punya list begini sih enak. Satu, jadi terarah dan nggak bingung lagi apa yang perlu dibeli. Dua, menghindari beli yang kurang penting alias boros. Hehehe. Tapi, kadang masalah nggak kelar begitu aja. Ada ajaaaa halangannya mau belanja-belenji kebutuhan bayi gini. Sibuk kerja lah, males kena macet lah, endebrew endebrew.

Kalau udah gitu, ya mending belanja perlengkapan bayi dan mama secara online aja lah. Ya masa mau enggak belanja sama sekali kan -___- Dulu saya juga penikmat kemudahan belanja keperluan bayi baru lahir secara online. Walau pernah apes sih. Ketipu bok.. karena ternyata online shop nya nggak terpercaya. Kabur setelah saya transfer. Sakitnya tuh di sini... Mana banyak pula. ZZZ. Kapok tapi kok masih butuh belanja onlen.

Untungnya sekarang ada Shopious. Kalau belanja online di sana sih sudah pasti nggak ditinggal kabur karena seller-nya harus terpercaya dulu baru bisa di-approve buka lapak di sana. Berhubung saya butuhnya perlengkapan bayi dan mama, yaudah sih tinggal search aja. Enaknya lagi di Shopious, saya nggak perlu rempong ngubek satu-satu karena semuanya sudah terkategorikan. Tinggal nge-klik kategori Anak dan Bayi. Terus kategori nya di-break down lagi menjadi Pakaian, Sepatu, Aksesoris, Mainan, Tas, dan Ibu Hamil & Bayi. It's just one click away deh pokonya.

Mau menyesuaikan budget? Bisa banget! Karena di mesin pencari Shopious ada filter harga nya. Klik aja sesuai budget saya. Nah terus ini nih yang fave saya banget. Saya bisa pilih online shop dengan mencari berdasarkan filter kontak. Ada BBM, WhatsApp, SMS, dan LINE. Oke karena saya lebih demen pakai WhatsApp ketimbang aplikasi chat lainnya. 

Sekarang udah punya list dan tau pilihan tempat belanja, monggo cus. Saya juga mau nyicil ah. Nyicil liat-liat maksudnya. Hahaha. Kan takut pamali, moms. Eh, ada yang kurang nggak daftar bikinan saya? Please feel free buat nambah-nambah yaaaaaa.. Oceee ^___^



Love,








81 comments:

  1. Yeey Mami Ubii bagi-bagi list. Buat Mama wannabe gak bakal repot-repot bikin list nya deh.
    *ntar aku nyontek juga ya Mbak Gess :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha, monggo Ika. Kapan nih jangan lupa undangannya :D

      Delete
  2. Waah list-nya membantu sekali untuk Mom wannabe ^^

    ReplyDelete
  3. obsygen tu apaan mbak Grace? banyak yaa
    demi buah hati
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obsgyn = dokter spesialis kandungan, Mba Tyas :)

      Delete
  4. Memang rempong kalau mau melahirkan anak pertama, masih nggak ngerti apa2 yang dibutuhkan. Utk anak yg berikutnya pasti akan lebih siap ya :)

    ReplyDelete
  5. Lebih santai kalau ak di anak kedua, gak serba di beli juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas sama-sama cowok apalagi ya, Mba Lia :D Enaknya di situ, irits

      Delete
  6. udah pengalaman ya mak kalo anak kedua ga terlalu nervous

    ReplyDelete
  7. Makasih mak infonya, walau udah punya anak, tetep aja kadang suka bingung kalo mau beli barang, bakal kepake atau ngga nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga udah mampir, Mak Tetty. Sama banget tuh. Apalagi kalau gampang kalap liat barang onyoe :D

      Delete
  8. Saya alhamdulillah karena anak pertama ke anak ke dua jaraknya deket bingits... 1.5 thn beda usia mereka. Pun sama2 cewek jd banyak yg masih bisa diwariskan dr si kakak buat si adek...
    Utun bakalan cewek ato cowo momiii???dah ketahuan blom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha iya Bi Oph enak ya kalau gitu. Utun sih USG perdana nya cewe, jadi aku juga sudah berharap bisa irit :p

      Delete
  9. Mbak, izin bookmark yah.. Bakalan berguna kalok aku uda hamil en mau melahirkan nantik, walaupun sebenarnya masih lama sih.. Heheh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo, Mba Beby. Better sedia payung sebelum ujan kalo kata pepatah mah :p

      Delete
  10. Buanyak jg ya yg hrd disiapin haha... Jaman aku dlu cuma dikit, minimalis bgt, tp utk menyanbut anak ke 3 ini gk ada salahnya deh nyiapin yg lengkap. Ntar coba cari di sbopious jg ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Noe cowo apa cewe debay nyaaaa? *ketinggalan infotenment*

      Delete
  11. Aku dulu nunggu bukaan 10 bawa gapleeee. Susternya mungkin heran, lu mau ngelahirin apa mao rondaaaa x))

    Enak yaa kalo belanja online, tinggal klak klik klak klik bisa sambil bubu bubu cantik. Bumil gak capek, hasrat belanja terpenuhi :D

    ReplyDelete
  12. kalau aku dulu waktu hamil anak pertama beli perlengkapan bayi di toko khusus yang menjual perlengkapan bayi, dan mereka sudah punya daftar barang-barang yang harus dibeli, jadi kita tinggal check list aja, dan semua barang sudah ada di toko itu, jadinya praktis, hemat tenaga dan hemat waktu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini juga ada toko bayi yang kayak gitu sih cuman jauh dari rumahku jadi rada males ke sana nya *emak pemalas*

      Delete
  13. lengkap banget geees, box bayi aku yo sewa, karena gak ngerti kepake atau enggak..hihiii, cuma sampai tiga bulan doang, karena empat bulan dah mule aktip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo nggak kepake lama mendingan nyewa ya Mak As :p

      Delete
  14. Kamu apa yang belom punya, Ges? Mau stroller baru buat utun? Ntar aku beliin kredit ya, tapi nanti kamu yang lunasin. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belom punya BANYAAAAK. Beliin di Shopious yaaa. PUHLEASEEEEE :(

      Delete
    2. shopius itu link web nya apa kak ?

      Delete
  15. lengkap listnya gesi..sehat2 yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, maaci makcik. Sehat-sehat for all of us yaakk

      Delete
  16. Wahh ..ak terbantu sekali mak ges..
    love you deh.. wah asik ya ad Shopious.. ini isi blognh langsung ak copas.. trs pindahin ke my document loh.. mksh ya.. sehat2 buat utun dan mami ny..kiss buat ubi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaahh senengnya kalo bisa bermanfaat. Asiikk. Sama-sama, Mba Icuz. Sehat-sehat ya bumil. Kiss kiss hug hug :*

      Delete
  17. waaahhh ngebantu banget nech buat saya yang laggi hamil anak pertama...sempet melongo lho baca listnya..soalnya banyak yang ga kepikiran hehehe...

    ReplyDelete
  18. Etapiiii.... jangan terlalu lengkap juga sih menurutku mempersiapkan perlengkapan buat bayi... sisain lah celah buat orang lain ngasi kado sesuatu yang kita belon punya (*the other side of Irit)

    ReplyDelete
  19. Mamaciih mami ubii...
    dicatet deehhh...
    beberapa udah ready, beberapa kudu hunting
    soal box.... ternyata samaaa xixixix, bertahan 3 bulan saja sepertinya
    untuk adek shoji rey nyewa aja aahhhh :D

    ReplyDelete
  20. Wah banyak juga yah perlengkapan buat bayi

    ReplyDelete
  21. sama mama Ubi...dulu saat yg pertama aku juga odong he..he....
    panduan ini pasti berguna banget

    salam kenal ya..., baru pertama komen, biasanya silent reader aja sih

    ReplyDelete
  22. Lengkap kayanya nih...:)
    ihh seru ya masa2 itu, udh lama bgt melewati kehebohan bersama baby ^6^

    ReplyDelete
  23. Makasih sharingnya Mak Ubii :d Wah berarti belanjaanku kurang. hahahah

    ReplyDelete
  24. Baru aja pulang dr belanja kebutuhan bayi. Persiapan utk lahiran oktober nanti. 😊
    Pas baca2 ini, baru inget..kalo ternyata breastpad sy belum masuk kantong belanja. Padahal td dah pesen. Huhuhuuu...

    Plus kain kasa, sm perlengkapan mandi malah blum masuk daftar belanja. Haha.. lupa euy..

    Makasih ya mami Ubii.. dah diingatkan via blog. Mmuacchh..

    ReplyDelete
  25. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Anita, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini dengan e-mail di: (jonesanita48@gmail.com)

    ReplyDelete
  26. yg sering terlupakan adl yang tambahan
    kelihatannya sepele tp penting banget :)
    salam bun

    ReplyDelete
  27. salam kenal mbak. selalu terbantu membaca pengalaman ibu2 yg udah duluan punya anak, apalagi klo udah anak kedua :D daftar belanjaannya jadi lbh ringkes :) ngintip n nyontek ya mbak :D thanks.


    https://whileinsydney.wordpress.com/

    ReplyDelete
  28. Halo,
    Ini adalah untuk menginformasikan que masyarakat umum Mrs Christy, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% untuk Individu, Perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini dengan e-mail di: (chrismazzy99@gmail.com) dan mengakhiri semua problems.You keuangan Anda akan senang Anda bertemu kami.

    ReplyDelete
  29. Natal pinjaman !!!

    Halo saya Wilcox Glaber pemberi pinjaman pinjaman Reputasi sah Dan Pemerintah Disetujui saya memberikan pinjaman kepada Mereka Itu membutuhkan pinjaman dan Mereka Itu ingin memulai bisnis baru saya memberikan pinjaman pribadi, Kredit Usaha, Kredit Mahasiswa dan Pinjaman Perusahaan Sementara itu saudara-saudara saya dan saudara saya bersedia untuk membantu Anda dengan Jumlah pinjaman yang Anda butuhkan tanpa penundaan Kami adalah stres 100% gratis hanya hubungi kami hari ini melalui email di wilcoxglaberloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete

  30. Recently I was involved in a scam with a company pretending to be a loan company that went in search of a lender that would lend money to people with bad credit. To make a really long story short I was naive and ended up wiring a total of $13000.00 to Nigeria,Ghana,Malaysia and Singapore.The worst part of this whole thing is that I did my research like I was supposed to, the company was listed in the phone book in MA, and I also checked them out!!! Everything checked out fine and when the money never came in the company said that they were going to refund my money and when the money never came in I tried to call the company and the recording now says Thank you Goodbye and hangs up on you. I was Lucky to get in Contact with Dennis Hopkins Finance Home that offered me a loan of $500.000. i will refer anyone in need of financial Help to http://www.dennishopkinsfinancehome.com/ or dennishopkins_financehome@live.com. Tel: USA +12404374240 Tel:UK +44750954609 Skype Id:roger.n.william I had a wonderful experience with them. Dennis Hopkins Finance Home is a legitimate Money Lender

    ReplyDelete
  31. Halo Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan Anda? Anda perlu pinjaman untuk memulai sebuah bisnis atau hal lain? jika ya maka hubungi kami hari ini di loveloanfirm8@hotmail.com dan Anda akan mendapatkan pinjaman sesegera mungkin

    ReplyDelete
  32. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, jika Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan kredit korporasi, dan segala jenis pinjaman pada tingkat bunga 2%, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi bulan baru dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {}ferdinandleofinance@gmail.com
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Seks: ______________________
    Usia: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor telepon: ________

    Mr Ferdinand Leo

    ReplyDelete
  33. Halo, nama saya Nur Auissa, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling Rp 25.000.000 karena saya membutuhkan 50.000.000 pinjaman modal besar Rp, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak mampu berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya berarti seorang teman yang memperkenalkan saya ke mary ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu mary melalui email perusahaan: maryandersonloanfirm@gmail.com, Anda bisa menghubungi saya melalui email ini; nurauissa@gmail.com untuk setiap informasi yang Anda perlu tahu. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  34. APAKAH ANDA PRIA BISNIS / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman musim Natal di tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat mulai bulan baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Seks: ______________________
    Usia: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  35. Halo
    Kami Asia Foundation adalah memberikan pinjaman kepada semua warga negara Asia, jika Anda membutuhkan pinjaman untuk bisnis Anda dari tujuan pribadi, atau Anda telah ditolak pinjaman dari bank Anda, maka Anda harus menghubungi kami hari ini di email kami dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dan sangat mudah cepat .. Email: asian.foundationforhelp@gmail.com
    Tuhan memberkati Asia

    ReplyDelete
  36. Apakah Anda Butuh pinjaman kredit keuangan mendesak?
    * Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank Anda
    * Pelunasan dimulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan
    *. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membiayai? Setelah mengajukan permohonan pinjaman
    Anda dapat mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pendanaan di 72-96 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    darimu.

    Hubungi sah dan perusahaan kepercayaan berlisensi resmi
    bahwa bantuan keuangan kepada negara-negara lain.
    Untuk informasi dan pinjaman lebih aplikasi membentuk usaha bersama, melalui

    email: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA Demeter
    Direktur Jenderal
    CASHFIRM

    ReplyDelete
  37. Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, kredit untuk merencanakan untuk tahun baru mendatang, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun yang akan datang ini dan juga untuk renovasi rumah Anda di tahun baru. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  38. Apakah Anda perlu% Pinjaman 100? Saya dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 2%. apapun Anda situasi, wiraswasta, pensiunan, memiliki peringkat kredit yang buruk, kami dapat membantu. Pembayaran yang fleksibel lebih 3 sampai 20 years.Contact kami di: joycerolandloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Halo teman-teman saya dan keluarga, silahkan saya ingin Anda semua untuk berhati-hati di internet. saya akan saran Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semua dari mereka adalah nyata, mereka adalah scam, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk Pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan masih Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua pencuri. saya telah menjadi korban dalam 3 pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya mengirim jumlah pelukan uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai pertama kalinya, tapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Silakan Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin menerapkan di internet, hanya ada satu pemberi pinjaman kredit saya yang percaya begitu banyak karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya begitu banyak dalam sakit karena saya memiliki banyak utang untuk membayar, jadi teman saya di kantor membantu saya keluar untuk mencari pemberi pinjaman pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman pinjaman baru ESTHER JONES, dan kami diterapkan di perusahaan, jadi saya teman adalah orang yang membantu saya untuk mengikuti semua aturan dan regulasi dan kepada Allah menjadi kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar 422 juta. jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi ESTHER JONES dan mengikuti aturan dan peraturan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam, Anda dapat mencapai dia di email nya di estherjones.lenders@gmail.com.

    Anda masih dapat menghubungi saya di email saya di yulia.suryanto@gmail.com

    ReplyDelete
  40. Apakah Anda perlu mendesak pinjaman kredit keuangan? * Sangat cepat dan cepat transfer ke rekening bank Anda * Pelunasan dimulai delapan bulan setelah uang di rekening bank Anda * suku bunga rendah atau 2% * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang * Kondisi pinjaman fleksibel dan pembayaran bulanan * Pertandingan - Dapatkan Persetujuan - akun dikreditkan dengan Jumlah Pinjaman Dapatkan Persetujuan di 10 menit hanya menghubungi kami Email Theresaloancompany@gmail.com REQUEST untuk pinjaman ================= ==== = ==========
    Nama: ...................
    Nama kedua: ..................
    Kontak Alamat: .................
    Negara: ...................
    Usia: ..........................
    Seks: ....................
    Nomor telepon: ..............
    Status: .................
    Pendudukan: ...............
    Posisi: .................
    Gaji perbulan: ..............
    Jumlah pinjaman: .................
    Tujuan pinjaman: ...............
    Lamanya: ....................
    Apakah Anda toegepast untuk pinjaman sebelum: ............
    Anda berdiri di bawah bahasa Inggris: ..........
    Mohon mengisi dan mengirim formulir ke: Email Theresaloancompany@gmail.com Hormat,

    ReplyDelete
  41. baru Baik untuk Semua orangutan, dewan direktur Perusahaan Pinjaman Azimah Aadila Saat memberikan Pinjaman ditunjukan kepada SEMUA pemohon Sangat harga Kami DENGAN Tingkat bunga 2% Tahun Baru Penyanyi Bertemu DENGAN Andari needs.All Keuangan kitd butuhkan Dari Andari Adalah beberapa Informasi tentang Andari Jadi JIKA Andari tertarik. TIDAK ADA mencakup biaya Formulir, Kurang stress.There Adalah hari bayaran Pinjaman Faks secara online Yang Cepat Dan Selalu Jumlah: Tersedia Solusi.
    Bad Pinjaman kredit hari bayaran memungkinkan Bagi Andari untuk review memecahkan Kewajiban Keuangan Kecil Andari seperti mengambil anjing Andari Ke Dokter Hewan untuk review Pengobatan Yang Dibutuhkan. Bagian Yang Terbaik Adalah Andari TIDAK Perlu mengetuk Pintu Orang Tua Andari untuk review Uang. dll JIKA Andari Perlu menunjukkan Minat Andari, silakan hubungi kami di Portal kami / pelanggan ... aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com

    ReplyDelete

  42. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal ini hampir mendapatkan untuk mengakhiri tahun ini dan kami berada di Chloe Firm Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi tahun baru dengan senyum di wajah mereka.

    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {} chloemorrisloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________


    CHLOEMORRISLOANFIRM
    (chloemorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  43. Kami ingin memberitahu masyarakat umum bahwa Evelyn Harrison Pinjaman Perusahaan saat ini memberikan pinjaman pada tingkat yang terjangkau dari suku bunga tahunan 2%. Kami memberikan jumlah pinjaman minimal 10,000.00 EUR dan jumlah maksimum sebesar 100.000.000,00 EUR. Jika Anda membutuhkan pembiayaan untuk ekspansi bisnis, tujuan pertanian, pembayaran utang dan pinjaman pendidikan maka kita dapat sangat membantu dan bantuan untuk Anda. Untuk bertanya lebih lanjut tentang program kredit kami kami menyarankan Anda menghubungi email resmi kami yang tercantum di bawah:
    evelynharrisonloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Boleh share mba kira kira hbs berapa ya , persiapan saya juga untuk byiapin budget dan nyicil. Thanks share nya :)

    ReplyDelete
  45. Googling tentang perlengkapan new born baby ehh masuk nya ke blog makk grace.. Cateeetttt.. Tapi gak pake list harga ya makk.. But, thanks.. Bookmark

    ReplyDelete
  46. PERHATIAN! PERHATIAN!! PERHATIAN!!!
    °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°
    Aku AMALIA untungnya, di sini untuk mengemis dan saran semua warga negara dari Indonesia untuk berhati-hati dengan orang-orang yang menyebut diri mereka pemberi pinjaman, karena kemiskinan dan kesulitan, saya scammed dua kali oleh pemberi pinjaman kredit online, tidak sampai saya datang di PUTRI teman saya, yang memperkenalkan saya kepada Ibu KATHLEEN dari [KATHLEEN FOSTER PINJAMAN PERUSAHAAN] yang mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Sekarang saya bisa makan tiga makan persegi dan anak-anak saya bisa berhenti menangis untuk makanan. Dia adalah hadiah yang benar dari surga untuk kita di bumi.
    Anda dapat menghubungi dia melalui: [kathleenfosterloanfirm@gmail.com] untuk informasi lebih lanjut.
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui: Amalina fauzi 73@gmail.com
    dan aku rela akan melakukan yang terbaik untuk membantu Anda mendapatkan pinjaman Anda dengan memperkenalkan Anda untuk secara langsung.
    Terima kasih KATHLEEN, Anda adalah hidup hemat.
    Tuhan memberkatimu selalu!

    ReplyDelete
  47. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda, Anda perlu meminjam uang untuk meningkatkan komersialisasi organisasi Anda? Atau Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan, atau tidak? Anda perlu pinjaman atau hipotek berbagi beban? Anda memiliki lokasi yang tepat untuk utang Anda di sini! Perusahaan Hollingsoz pinjaman pinjaman kepada orang-orang terkenal - dan terkenal.
    Manfaat rendah dan dapat diterima dari 2%, tanpa colerteral.contact kami sekarang melalui email: Hollingsozloanfirm@gmail.com - hari ini jika Anda perlu meminjam mendesak

    ReplyDelete
  48. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal ini hampir mendapatkan untuk mengakhiri tahun ini dan kami berada di Chloe Firm Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi tahun baru dengan senyum di wajah mereka.

    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {} chloemorrisloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________


    CHLOEMORRISLOANFIRM
    (chloemorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  49. Wah terima kasih banyak infonya, membantu banget untuk para ibu muda :D

    ReplyDelete
  50. Banyak juga ya perlengkapannya, terima kasih infonya berguna sekali buat yang belum berpengalaman...

    ReplyDelete
  51. Halo semua harap berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman dari sekitar 20 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 1 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, happend kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya yang saya akan memenuhi hak satu tapi saya tidak. Untuk Tuhan Kemuliaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Dewi Ahmad Dewi Ahmad Badan Kredit, saya diterapkan untuk 30 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin. jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. email nya dewiahmad.loanfirm@gmail.com
    Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

    ReplyDelete
  52. Rempng bin repot yakkk kalo anak pertama... apalagi belum punya banyak pengalaman

    ReplyDelete
  53. Pujian dari hari untuk Anda. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca Email kami, Berkenaan dengan informasi yang diperlukan akan perlu melengkapi aplikasi yang berisi informasi dan kredit informasi pribadi Anda, itu akan membantu kami memberikan dokumentasi lengkap dari persyaratan pinjaman dan perjanjian kontrak yang Anda lakukan berharap untuk menandatangani dan mengirim kembali ke perusahaan untuk disetujui jika puas. Bagaimana cara mendaftar? Lengkapi formulir ini untuk menggunakan informasi yang tersedia:

    APLIKASI KREDIT

    (1) Nama Anda:
    (2) Tanggal Lahir:
    (3) Negara:
    (4) Negara:
    (5) alamat permanen:
    (6) Status perkawinan:
    (7) Seks:
    (8) Jumlah pinjaman:
    (9) Jangka waktu pinjaman:
    (10) Tujuan Pinjaman:
    (11) Pekerjaan:
    (12) Telepon:
    (13) Penghasilan:
    (14) Judul alamat e-mail Anda:
    (15) Tempat Kerja:
    (16) ID Jenis & NO:
    (17) Alamat Kantor

    ReplyDelete
  54. Kabar baik untuk Anda semua yang Anda butuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda, Anda perlu meminjam uang untuk meningkatkan komersialisasi organisasi Anda? Atau Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan, atau tidak? Anda perlu berbagi beban pinjaman atau hipotek? Anda memiliki lokasi yang tepat untuk utang Anda di sini! Emamllua pinjaman perusahaan pinjaman kepada orang-orang terkenal - dan terkenal.
    Manfaat yang rendah dan dapat diterima dari 2% tanpa colerteral.
    Silahkan hubungi kami di E-mail kami hari ini jika Anda perlu meminjam Email urget: Emamllualoanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  55. Apakah Anda membutuhkan pinjaman?. Apakah Anda telah secara online mencari pinjaman legit dan asli untuk melunasi tagihan Anda atau Start Up Bisnis Anda sendiri?. Apakah Anda sedang mengecilkan Bank Anda atau secara online Lender lain?. Berikut adalah tempat yang youcan mendapatkan PINJAMAN CEPAT dan MUDAH tanpa penundaan atau masalah, berlaku hari ini dan menghubungi kami melalui email di bawah ini untuk informasi lebih lanjut dan mendapatkan didanai asap dengan jumlah yang Anda butuhkan sebagai pinjaman hari ini Via: petersmithloanhome@gmail.com ..

    ReplyDelete
  56. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,.
    Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

    ReplyDelete

  57. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal ini hampir mendapatkan untuk mengakhiri tahun ini dan kami berada di Chloe Firm Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi tahun baru dengan senyum di wajah mereka.

    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {} chloemorrisloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________


    CHLOEMORRISLOANFIRM
    (chloemorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  58. Hello am Mrs, Nelly. pemberi pinjaman kredit yang sah dan dapat diandalkan untuk pemberi pinjaman, eh tawaran pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial, yang harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pemberi pinjaman uang pinjaman pribadi, hipotek, kredit konstruksi , suku bunga rendah dari 2% dll modal, pinjaman usaha dan pinjaman kredit buruk kerja, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka dari USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000 euro dan pound saja. Aku memberikan pinjaman usaha,
    pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, kredit mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
    membutuhkan pinjaman yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    Dalam: (nellyperious@gmail.com)
    Hormat kami,
    Mrs: Nelly perious
    Email: (nellyperious@gmail.com)

    Catatan: Semua respon harus dikirim ke: (nellyperious@gmail.com). hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut

    ReplyDelete
  59. Hello am Mrs, Nelly. pemberi pinjaman kredit yang sah dan dapat diandalkan untuk pemberi pinjaman, eh tawaran pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial, yang harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pemberi pinjaman uang pinjaman pribadi, hipotek, kredit konstruksi , suku bunga rendah dari 2% dll modal, pinjaman usaha dan pinjaman kredit buruk kerja, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka dari USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000 euro dan pound saja. Aku memberikan pinjaman usaha,
    pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, kredit mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
    membutuhkan pinjaman yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    Dalam: (nellyperious@gmail.com)
    Hormat kami,
    Mrs: Nelly perious
    Email: (nellyperious@gmail.com)

    Catatan: Semua respon harus dikirim ke: (nellyperious@gmail.com). hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut

    ReplyDelete
  60. Saya Risna Susanti, saya menggunakan masa ini untuk memberi amaran kepada semua rakan-rakan saya Malaysia.Who yang telah berlaku di sekeliling untuk pinjaman, anda hanya perlu berhati-hati. satu-satunya tempat dan syarikat yang boleh menawarkan pinjaman adalah JOYCE ROLAND PINJAMAN SYARIKAT. Saya mendapat pinjaman saya daripada mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman sah di internet. Lain-lain adalah semua pendusta, saya menghabiskan hampir $ 1000 dalam tangan palsu pemberi pinjaman. Tetapi kualiti pinjaman memberikan saya impian saya kembali. Ini adalah alamat e-mel sebenar mereka: joycerolandloancompany@gmail.com e-mel peribadi saya sendiri: risnasusanti247@gmail.com. Anda boleh bercakap dengan saya bila-bila masa yang anda mahu. Terima kasih semua untuk mendengar permintaan saya untuk mendapatkan nasihat.

    ReplyDelete
  61. Terima kasih informasinya bun, kebetulan saya lgi nunggu kelahiran anak pertama,,

    ReplyDelete
  62. Halo teman-teman saya dan keluarga, silahkan saya ingin Anda semua untuk berhati-hati di internet. saya akan saran Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semua dari mereka adalah nyata, mereka adalah scam, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk Pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan masih Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua pencuri. saya telah menjadi korban dalam 3 pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya mengirim jumlah pelukan uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai pertama kalinya, tapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Silakan Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin menerapkan di internet, hanya ada satu pemberi pinjaman kredit saya yang percaya begitu banyak karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya begitu banyak dalam sakit karena saya memiliki banyak utang untuk membayar, jadi teman saya di kantor membantu saya keluar untuk mencari pemberi pinjaman pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman pinjaman baru ESTHER JONES, dan kami diterapkan di perusahaan, jadi saya teman adalah orang yang membantu saya untuk mengikuti semua aturan dan regulasi dan kepada Allah menjadi kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar 422 juta. jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi ESTHER JONES dan mengikuti aturan dan peraturan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam, Anda dapat mencapai dia di email nya di estherjones.lenders@gmail.com.
    Anda masih dapat menghubungi saya di email saya di yulia.suryanto@gmail.com

    ReplyDelete
  63. Hi Mba Gesi, hampir tiap hari lihat Mba Gesi di iklan TV. Ga nyangka pas googling list perlengkapan newborn nyasar ke blog Mba Gesi hehehe. It's already 2017 tp list nya masih valid loh Mba! Tengs alot for the post!

    ReplyDelete
  64. Pas banget sama yang lagi aku cari nih. Mulai rempong nyiapin dan bingung sendiri pas liat daftr makin panjang hahaha.
    Untung udah dibikinin list yang penting- penting gini. Makasih MbakGes :*

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^