Friday, March 27, 2015

[REVIEW] A+ Mama App untuk Ibu Hamil: Yay & Nay


Di era per-gadget an ini *tsailah*, rasa nya apa-apa ada aplikasinya. Yang dulu semua informasi perlu dipantengin di website, kini bertransformasi menjadi aplikasi-aplikasi handy yang bisa didownload ke smartphone. Kita butuh aplikasi apa, cari aja, pasti ada. Berhubung sekarang saya sedang hamil, aplikasi yang saya cari adalah aplikasi kehamilan tentu saja.

Dulu saat saya hamil Ubii, saya sama sekali nggak punya aplikasi kehamilan. Saat itu masih pakai Blackberry jadul banget, jadi cuma download yang enteng-enteng aja. Di kehamilan kedua ini, gadget sedikit naik pangkat, alhasil saya jadi beringas searching aplikasi-aplikasi yang pengen banget saya cobain. Ada beberapa aplikasi kehamilan yang saya temukan dan download. Salah satunya ini:
A+ Mama Apps dari Enfa Club

A+ Mama App saya download dengan mudah (baca: gratis) dari AppStore. Bisa juga didownload di Google Play untuk OS Android dan Blackberry Application World untuk Blackberry.


Seperti ini tampilannya setelah proses downloading selesai.



Ternyata ada 2 fitur utama: Kehamilan dan Tumbuh Kembang Anak. Saya cobain yang Kehamilan yah. Like any other app, harus isi data dulu.


Setelah terisi, yeay here we are dengan info usia kehamilan dan due date kita. Di bagian bawah ada bermacam-macam tips. Tinggal klik tips lainnya untuk ke next tips.

Ada fitur apa aja sih di A+ Mama App ini? Mari akika jembreng. Ini dashboard utama nya.



1. SMART TOOLS

Di dalam Smart Tools ada 5 fitur. Saya cobain semua kecuali Kick Counter dan Contraction Timer karena belum perlu. Heuheuheu.


My Fetus Transformation

YAY: Ini fitur yang oke banget menurut saya. Saya bisa tau perkembangan si Utun setiap minggu nya. Minggu ke-14 ini, apa nya sih yang berkembang? Udah sebesar apa janin yang berusia 14 minggu? Berapa kisaran berat dan panjangnya? Sudah sampai mana kah perkembangan otaknya? Itu semua terjawab. Bahkan, bukan hanya info tentang janin yang saya dapatkan, melainkan juga info tentang tubuh ibu hamil.


NAY: Info di My Fetus Transformation ini hanya sampai Week 15 saja. What about the rest of the weeks? Apa mungkin masih dalam pengembangan yah A+ Mama App ini?



Mood Tracker

YAY: Semacam reminder agar saya dan para ibu hamil pengguna A+ Mama App ini selalu berusaha untuk stay happy and keep positive thoughts. Di bagian bawah ada semacam quote "Senyum terindah ibu akan membawa kedamaian dan kebahagiaan yang akan dirasakan juga oleh buat hati."


NAY: Berasa kesindir, karena belakangan ini mood swing saya cukup membabi buta. #abaikan


Weight Calculator

YAY: Fitur ini cukup helpful untuk memantau perkembangan berat badan janin. Sudah ideal, over weight, atau under weight. Helpful karena saya bisa segera memperhatikan dan memperbaiki pola makan, asupan nutrisi, dan gaya hidup kalau memang berat si Utun kurang ideal.


NAY: None.


2. MOM'S HELPER

Menu Mom's Helper memiliki 3 fitur: Check List, Hospital List, dan Baby's Name. Kali ini saya cobain semua. :))


Check List

YAY: Aaahh, fitur ini KWEREEEENNN banget. Suka banget saya sama fitur Check List ini. Daftar barang-barang dalam fitur ini boleh dibilang komplit banget. Untuk mama-mama yang baru menjalani kehamilan pertama, yakin deh, ini akan sangat membantu. Dulu saat saya hamil si Ubii, saya lumayan bingung menentukan apa-apa saja yang perlu disiapkan dan dibeli. Akhirnya googling dan nanya-nanya. Well, that worked too actually. But with this list, it'd be much easier.

Check List nya terbagi dalam 4 kategori: All, Baby, Mom, dan Dad. Saya udah mulai contreng-contreng aja nih. Karena barang Ubii saya rawat dengan sepenuh hati -bahkan sampai beli kotak khusus, saya kan lebay- jadi masih banyak yang bisa diwariskan ke calon adiknya nanti.


Yang bikin saya lumayan nganga adalah Check List untuk Dad ini. Ya ampun, what a thought! Benda pertama itu sering banget nggak terpikir loh. Saya pun nggak terpikir untuk bawa buku nikah saat melahirkan Ubii. So, this is definitely a yay!


NAY: None.


Hospital List

YAY: Cukup lengkap info nya. Daftar nama rumah sakit dilengkapi dengan informasi alamat, telepon, dan website.


NAY: Hanya ada rumah sakit di kawasan Jakarta saja. Jadi mama-mama yang di daerah kayak saya nggak bisa menikmati fitur ini, kecuali kalau memang planning lahiran di Jakarta.


Baby's Name

YAY: Lumayan lah untuk tambahan ide dan referensi, sekalian ada artinya.


NAY: Ini gadget saya yang error atau memang list nama nya hanya sampai 'Adirajasa' (huruf A) saja yah? Coba search nama yang berawalan dengan huruf selain A kok nggak bisa. Check it out ya, Enfa A+ :))


3. LEARNING CENTER

Di menu Learning Center ini, saya menemukan 5 fitur. Karena saya gemar belajar *pencitraan*, jadi saya kulik kelima-lima nyah!



Breastfeeding & Prenatal Education

YAY: Pelajarannya cukup komplit loh. Mulai dari fakta dan ada beberapa pembahasan mitos di dalamnya.


NAY: Pelajarannya masih sampai Week 19 saja. Ditambahin dong, Enfa A+ ^___^


Nutrition

YAY: Cukup lengkap juga pelajaran yang bisa saya dapat di fitur Nutrition ini. Pertanyaan saya belakangan ini seputar apakah saya perlu minum susu hamil, mengapa zat besi itu penting untuk ibu hamil, dan pengaruh makanan pedas untuk ibu hamil - terjawab. Belakangan ini saya ngidam kripik pedas semacam Maicih, Karuhun, dan kawan-kawannya. 2 malam ini berturut-turut ngemil itu.. T______T


NAY: Sama kayak sebelumnya. Pelajaran hanya sampai Week 19 aja..


Recipe

YAY: Boleh banget deh fitur ini untuk ide-ide makanan dan minuman yang baik untuk ibu hamil. Resep-resepnya juga ditulis lengkap. Mulai dari bahan dan cara membuat. Dan yang penting, resepnya nggak susah. Jadi cocok untuk mama buta dapur macam saya. Heheh.



NAY: None.


Weekly Tips

YAY: Easy-to-do tips ngumpul di sini. Isinya yah seputar tips ringan yang dibutuhkan ibu hamil deh. Disusun singkat, padat, jelas. Jadi nggak bosan baca nya.


NAY: Lagi-lagi cuman sampai Week 19 aja.

Emotional Health

YAY: Buat saya sih, ini cukup penting dan informatif. Ibu hamil kan nggak hanya perlu sehat secara jasmani tapi juga sehat pikiran dan hatinya juga. Di sini bisa nemu info-info seputar bebas stress saat hamil, atasi stress dengan bersenang-senang (ASEEK!), dan *psst* tetap hot selama hamil.


NAY: Week 19 :D

4. MOM'S DIARY

Nggak ada fitur lain di dalam nya. Mom's Diary ini semacam diary untuk kita ibu hamil menulis curahan hati, rencana-rencana, atau daftar belanja. Bahahaha.


YAY: Lucu aja punya diary dalam sebuah aplikasi. Bisa ditambah foto juga. :D

NAY:None.


5. SMART MUSIC

Saya bisa mendengarkan beberapa lagu klasik dengan fitur ini. Pastinya bagus juga yah buat si Utun. Kan katanya memperdengarkan musik klasik ke janin itu bagus untuk perkembangan otaknya. Uhuy.


YAY: Lagu klasiknya enak-enak. Dan yang terpenting, diklik play langsung bisa jalan. Nggak loading lama dan nggak error. Dan nggak perlu download lagunya dulu di AppStore. Buat saya ini penting. Karena dulu saya pernah cobain aplikasi yang ada pemutar musiknya kayak gini. Tapi musiknya nggak bisa diplay. Padahal sudah didownload terlebih dulu. Nah loh.

NAY: Kurang banyak pilihan musiknya. Heuheuheu. *maruk*

Untuk lebih jelasnya tentang A+ Mama App dari Enfa A+ ini, bisa intip video inih:



***

Soooo, so far, saya rasa A+ Mama App ini cukup oke dan bermanfaat untuk mama hamil macam saya ini. Untuk sebuah aplikasi yang mudah didownload dan gratis, ini sudah oke banget. Nggak rugi lah ya. Ada beberapa fitur yang rasanya masih belum dilengkapi sehingga jujur saya jadi wondering, "A+ Mama App ini sudah selesai atau belum sih? Atau memang nanti fitur-fitur yang belum ada akan dilengkapi?"

And, this is my review in general:

YAY:

  • Info-info yang disediakan di A+ Mama App informatif dan bermanfaat. Terutama untuk mama hamil yang mungkin nggak terlalu doyan baca buku atau googling tips kehamilan. Kan ada tuh ya tipe orang yang lebih suka main app. 
  • I think, hampir semua info yang dibutuhkan ibu hamil diulas di sini. Mulai dari tentang perkembangan fetus, perubahan tubuh ibu hamil, kesehatan in general untuk ibu hamil, makanan dan minuman yang recommended untuk ibu hamil, tips olahraga, kesehatan emosional, dan beberapa hal lainnya.
  • Fitur helper seperti Check List itu jelas bermanfaat banget. Apalagi untuk ibu-ibu yang prefer mencatat list di gadget, bukan di kertas pake bolpen lagi kayak dulu.
  • Fitur Smart Music juga memudahkan ibu hamil yang pengen denger musik klasik. Yang kayak saya ini misalnya (baca: malas download lagu). Hehehe.
  • Meskipun saya belum coba Kick Counter dan Contraction Timer, tapi kayaknya bakal bermanfaat banget nih. Kalau udah mulai kontraksi dan kita menuju ke rumah sakit, kan biasanya ditanyain, "Sudah berapa kali kontraksi nya Bu? Jarak 1 kontraksi dengan kontraksi berikutnya berapa lama?" 
  • Easy to use. Nggak ribet. Nggak susah dimengerti. Ibu-ibu gaptek kayak saya juga bisa pakai tanpa bingung. No rempong.
  • Bahasa Indonesia. Nah ini nih. Di bagian Fetus Transformation kan lumayan panjang-panjang yah. Kalau kita kurang fasih berbahasa Inggris, kayaknya bakal males baca sampai selesai.
  • Gelatisssssss. Huehehehe. Cocok lah buat emak medit kayak saya. *ngaku*
  • Ada page khusus yang berisi informasi tentang Benefit. Benefit yang bisa didapat antara lain: Newsletters, Online Consultation, dan Layanan SMS. Dilengkapi juga dengan how-to dan keterangan nomor nya. Jadi poin plus karena saya bisa konsultasi dan nanya-nanya. 
NAY:
  • Kayak yang berkali-kali saya bilang di atas: Banyak fitur yang mandeg di Week 19. Padahal setelah Week 19 kan juga butuh banyak baca-baca dan cari info. :D
  • Kayaknya fitur Baby's Name perlu dicek en ricek nih. 
  • Asik kali ya kalau Hospital List nya nggak cuma yang di Jakarta. Hehehe. Tapi susah juga pasti ya nge-list satu-satu rumah sakit di tanah air. Kebayang, bakal sepanjang apa nanti Hospital List nya. Hmm. *dilema*

Info-info dan tips yang hanya tersedia sampai Week 19 itu agak bikin mewek. Tapi overall, sebenernya sama sekali nggak mengganggu fungsi keseluruhan juga sih. Toh fitur penting macam Check List, Contraction Timer, Weight Calculator, dan Kick Counter baik-baik saja. Tapi ini subjektif yah. Tergantung dari masing-masing ibu hamil, apa yang dicari dan diharapkan banget dari sebuah aplikasi kehamilan.

Kalau buat saya pribadi, ini sudah lebih dari cukup. So, I rate this A+ Mama App with:



Kalau mama-mama sekalian, gimana? Merasa butuh aplikasi kehamilan kayak gini nggak, sih? Apa yang mama-mama butuhkan dari aplikasi kehamilan kayak gini? Atau, punya aplikasi favorit? Bagi dong nama-nya biar saya cobain download juga. Hohoho.



Love,








7 comments:

  1. Lengkap banget ya. Terus kapan saya hamil lagi? #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah benar2 luar biasa sharing nya bun
      jadi inget masa2 itu :)
      salam hangat

      Delete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  3. Lumayan lengkap ya mi ubi n mi utun, sygnya mandeg di 15 19 week aja yak...
    Oke deh.,tfs y mi ubi n utun, ssehat syelalu :D

    ReplyDelete
  4. Aplikasinya keren nih.. Kayaknya harus pakek waktu uda nikah en hamil nantik :D

    ReplyDelete
  5. Aplikasi sekarang keren2 ya.... seandainya tiap orang mampu memanfaatkan smartphone mereka, akan banyak informasi yang mereka dapatkan dengan mudah ya

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...