Tuesday, March 24, 2015

Tips Kehamilan Sehat dan Cantik


Siapa sih yang nggak pengen punya kehamilan yang sehat dan cantik? Pastinya semua perempuan pengen banget mengalaminya. Glowing beautifully dengan aura bersinar-sinar. Lampu neon aja sampai kalah terang sinarnya. But the truth is.. adaaa ajaaa keluhan-keluhan semasa kehamilan. Pegel-pegel, kaki bengkak, wajah kusam, susah tidur, endebrew endebrew. So, Mami Ubii pengen berbagi tips hamil sehat dan cantik yang mudah dipraktikkan. Yang simpel-simpel aja yah. Kan kita-kita momi-momi anti rempong. Huehehe.

1. Pregnancy workout / exercise / gerak badan.

Fakta: Gerak badan ideal ibu hamil adalah 4 kali seminggu dengan durasi masing-masing 30 menit.

Fakta: Gerak badan selama hamil bisa melancarkan aliran darah ke plasenta, which is oke banget untuk perkembangan janin kita.

Fakta: Gerak badan rutin buat ibu hamil dapat mencegah sakit kepala, stres (fix, berarti saya butuh gerak badan!), keletihan, sakit punggung (bahasa internesyenel nya: boyok-en), nyeri, susah BAB alias sembelit (nggak kece banget deh ih), kram, dan kaki bengkak.

Fakta-fakta keren ini saya dapatkan dari Tommy's. 

Klik biar lebih jelas yah.

Ada lagi beberapa tambahan informasi dari gambar itu, including ide kegiatan yang melibatkan gerak badan. Nggak ketinggalan ada do's and don'ts untuk tiap trimester nya. Bagian kanan bawah cukup aplikatif karena mengajak kita merencanakan gerak badan mingguan. Ahay. Mari kita hamil sehat bersama. *siap-siap angkat barbel*

Berikut tambahan info gerakan untuk gerak badan yang aman per trimester:

Health Central

2. Good bye susah bobok

Puji syukur, saya belum merasakan ini. Malah sebaliknya, saya ngantuk melulu. Hahaha. Tapi ada nih beberapa teman yang mengeluhkan sulit bobok-bobok cantik. Berikut tips dari obsgyn saya:
  • Mandi dengan air hangat. Saya pernah coba, memang enak sih. Setelah mandi, sukses ngantuk. Worth it lah dengan upaya merebus air di 2 ceret kecil-kecil saya itu. LOL.
  • Jangan terlalu kenyang mendekati jam tidur. 
  • Lebih baik minum susu hangat aja daripada makan banyak-banyak. Apalagi kalau susu nya dibikinin sama suami pakai cinta. Ahay aduhay.
  • Dengarkan musik. Tapi ya musiknya yang selow dan lembut aja kali ya.. Kalau yang heavy metal nanti batal ngantuk. Musik berupa lagu-lagu rohani atau lantunan ayat juga pastinya baik sekaligus untuk janin.
  • Minta dipijat suami. Hehehe. Tapi beneran manjur banget. Terutama pijatan di telapak kaki.

3. High heels - NAY, flat shoes - YAY

Yak, mari mewek. Saya juga demen pakai high heels, terutama kalau ke: kondangan, seminar, atau event besar. Yah, walau nggak selalu high heels, minimal pakai wedges lah. Buat mami-mami yang 150 cm saja NGGAK sampai kayak saya ini (beneran saya pendek banget), high heels adalah sahabat sejati. Penyulap penampilan menjadi lebih semampai dalam sekejap. 

Tadaa, jadi 155 cm. LOL.

Sayangnya, pemakaian high heels selama hamil bisa berefek kurang baik. Info berikut ini saya dapatkan dari Fan Page FB Prenagen World.


Solusinya, yah pakai flat shoes aja. Thank God, flat shoes alias sepatu teplek alias sepatu rata masa kini tuh sudah kece-kece abis. Nggak kalah kece dari high heels. Dulu saat flat shoes baru-baru aja jadi trend kan model dan warna nya gitu-gitu aja. Kalau nggak item ya coklat. Modelnya juga hampir mirip semua. Lempeng. Sekarang flat shoes udah macam-macam gaya, warna, tipe, dan bahan nya, jadi bisa sekalian mix and match dengan busana. Ssstt, lebih irit juga sih. Biasanya kan flat shoes lebih ramah kantong daripada high heels. Bahahaha.

Akhirnya lebih nyaman pakai flat shoes

4. Makanan yang bersih dan matang

Bagi tips kehamilan sehat dan cantik sambil sekalian kampanye waspada infeksi Toksoplasma yah. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang kurang matang atau malah masih benar-benar mentah. Berikut dari pamflet edukasi Toksoplasma milik Rumah Ramah Rubella:
  • Masak makanan sampai matang, at least di 71 derajat Celcius. Setelah matang, diamkan at least selama 3 menit supaya mikroorganisme patogen nya metong.
  • Bilas telur dengan air bersih mengalir sebelum telur diangkut menuju lemari es.
  • Hindari dulu makan steak yang medium rare (meskipun itu enak banget, dan kalau well-done itu lebih mirip empal daripada steak) dan sushi-sushi an yang mentah.
  • Setelah memasak dan mengolah daging, cuci bersih semua peralatan memasak mulai dari pisau, telenan, wajan, dan kawan-kawannya yang kita pakai untuk mengolah daging tersebut.
Mengingatkan lagi dan lagi, kenapa sih kita ibu hamil perlu waspada terhadap infeksi Toksoplasma? Karena infeksi Toksoplasma pada ibu hamil dapat menyebabkan ini:

Dari Rumah Ramah Rubella

Mengingatkan lagi-lagi-dan lagi, memang apa hubungannya Toksoplasma sama daging dan sayur? Beginilah asal-muasal penyebab Toksoplasma. Semoga saya bisa menjabarkannya dengan menyenangkan dan nggak belibet yah.
  • Toksoplasma punya 2 siklus hidup: Seksual dan Aseksual.
  • Seksual: Induk semang utama dari parasit ini adalah binatang dari golongan Felidae seperti kucing dan harimau. Di dalam tubuh mereka, terjadi perkembangbiakan sehingga terbentuk oocyst / ookista. Ookista ini keluar lewat tinja mereka dan kemudian berada di tanah dalam waktu yang lama. Ketika sudah ada di tanah, ookista ini menjadi Sporozoit. Sporozoit ini bisa tahan terhadap cuaca lembab dan disinfektan.
  • Aseksual: Sporozoit ini kan ada di tanah kan yah. Mungkin nggak kalau Sporozoit ini menempel pada tanaman yang kemudian dipetik/dipanen menjadi sayuran yang kita makan? Mungkin banget. Itulah mengapa kita perlu mencuci bersih sayuran dan buah sebelum disantap. Mungkin nggak Sporozoit ini menempel di tanaman, kemudian tanaman itu dimakan binatang seperti sapi atau kambing, lalu sapi dan kambing itu kita konsumsi entah jadi sate, gulai, steak? Mungkin banget juga. Itulah mengapa kita perlu mencuci dan memasak daging sampai matang. Supaya Sporozoit nya is dead. 
Note: Kadang orang salah kaprah kemudian jadi benci sama kucing karena khawatir terinfeksi Toksoplasma. WRONG. Yang diwaspadai BUKAN kucingnya, melainkan TINJA nya. Itulah mengapa ada anjuran untuk memakai sarung tangan dan mencuci tangan dengan air dan sabun sesuai membersihkan tinja kucing atau memebrsihkan tempat pup atau kandangnya. Mengapa kok jadi seolah kucing yang terdzolimi? Ya karena golongan Felidae, which is induk semang utama Toksoplasma, yang paling dekat dengan manusia adalah kucing. Masa iya kita pelihara harimau? Aya-aya wae. Sekarang udah tau yah. BUKAN kucingnya yang perlu dihindari, melainkan bersihkan tinja nya dengan benar untuk mencegah Toksoplasma.

5. Virgin coconut oil sahabat baru kita

Tau kan minyak kelapa? Yes, itu bermanfaat banget untuk meminimalisir stretch marks yang biasa muncul pada ibu hamil. Saat hamil Ubii, saya rutin mengolesi perut dengan minyak kelapa. Hasilnya? Ya tetep ada stretch marks. Hehehe. Tapi sedikit aja. Nggak banyak-banyak amat dan kini malah sudah hampir nggak keliatan. Walau abis ini bakal keliatan lagi ya di kehamilan kedua ini. Buehehehe.

Ada kah ibu hamil yang galau karena memiliki puting datar atau masuk ke dalam? Well, kalo gitu mari mengakrabkan diri dengan minyak kelapa. Ini ilmu dari bidan yang mengajar senam hamil di kehamilan pertama saya:
  • Olesi area payudara dan puting dengan minyak kelapa.
  • Pijat pelan-pelan untuk area payudara.
  • Untuk area puting, pijat pelan sambil lakukan gerakan menarik puting ke luar secara perlahan.
  • Lakukan rutin kira-kira 15 menit sebelum mandi.
Saat saya mencoba itu di kehamilan pertama, manjur-manjur saja ternyata. Jadi saat Ubii lahir, saya sudah nggak galau karena puting datar (walau sebenarnya itu juga nggak mengganggu produksi ASI, yah). Minyak kelapa masih punya banyak manfaat lain, untuk ibu hamil dan bayi nanti. Yeay.

Coconut Oil

Yak, itu dulu yah tips kehamilan sehat dan cantik yang saya praktikkan. Yang lain, semoga menyusul yah kalau ada yang teringat lagi. Hehehe. Atau, ada yang mau menambah dan melengkapi? Monggo yaaah. Please feel free.

Terakhir, semoga kita semua mempunyai kehamilan sehat dan cantik ya, happy mommies.. :))



Love,







40 comments:

  1. Pijetan suamiiii.. mantep banget ituuuhhh :D

    ReplyDelete
  2. Aku suka flat shoes, walaupun pendek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Kak Fita pendek? Masa siihh? *gak percaya*

      Delete
  3. Nge'mal' mami ubi!!! Cuci mata wakakakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sarannya yang sangat menggugah. *langsung nyegat ojek ke mall* :D

      Delete
  4. Saya tuh orangnya gak bisa dipijet sama orang, geliik. Anehnya sama setelah menikah bisa dipijat suami. Itu aneh atau alami ya mak? haha...

    Akk... pengen hamiiil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alami, Mak kayaknya. Karena pijatnya pakai cinta. Tsah sadaapp. :D

      Delete
  5. Sejak kaki terkilir, i love flat shoes bangeeet <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss Mak :D Walau keliatan kerdil tapi nyaman yah pakai flat shoes :D

      Delete
  6. bener banget yang pijetan kaki di telapak kaki mak ampuh banget... hihi... makasih share-nya... :)

    ReplyDelete
  7. saya juga suka kalau dipijet suami.. apalagi pake minyak zaitun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi sambil diseduhin minuman anget ya, Mak :p *ngelunjak*

      Delete
  8. Sakit kepala, mual berat dan susah tidur....aku bangeeettt mak....:-(
    Trimester pertama, anak ke-3......

    ReplyDelete
  9. inget waktu hamil dolo, aku masih pake boots ampe 8 bulanan high 5 cm ..
    tapi alhamdulillah nyaman2 aja
    soalnya ga ada keluhan2 hamil apapun selayaknya ibu hamil..

    cuma keluhannya gatal2 di kaki ampe luka n perih aja dr mulai trimester pertama, alhasil oles2 n pijit2in olive oil deh saban malem. Jadi aja lucu kayanya kalo punya nama Olive qiqiiq,..

    Semoga buat ibu2 yg hamil selalu sehat dan cantik yaa :D

    ReplyDelete
  10. wah nice tip
    waah Ubi mo pny dede lg selamat ya mba Grace smg sehat anak dan mba'e :)

    ReplyDelete
    Replies

    1. Mampir kke blog saya juga yuk, tips menurunkan berat badan dalam 14hari.. terimakasih ;)

      http://detoxyourbody-synergy.blogspot.co.id/2015/09/jadi-ini-cara-menurunkan-berat-badan.html

      Delete
  11. Hamil sehat dan cantik kayak Mami Ubii.. ^^

    ReplyDelete
  12. Aaaaah....baca ini, aku pengen hamil lagi. Semoga tahun ini aku bisa hamil. Secara, anakku masih satu :D

    ReplyDelete
  13. Whoaaa...asyik sekali ini sharing nya mbaak :)
    Banyak dapet ilmu baru disini :)

    Aku termasuk oknum yang suka banyak malesnya kalo lagi hamil lho mbak hahaha...
    males dandan, males beres2, males olahraga...bawaannya tidur melulu :)
    *ehm, tapi kalo gak lagi hamil pun sebenernya emang suka malesan sih bhuahaha...*

    ReplyDelete
  14. mantep...
    saya bookmark ya mak, siapa tau butuh pregnancy workoutnya :D

    ReplyDelete
  15. simpen ah tips2nya, siapa tahu hamil lagi #eh. Aku jg lebih suka pake flatshoes, karena sambil gendong anak.

    ReplyDelete
  16. komplet maaak aku share ke teman2ku bumil yaa :*

    ReplyDelete
  17. kalo minyak kelapa diganti minyak zaitun gmana jenong?????

    ReplyDelete
    Replies

    1. Mampir kke blog saya juga yuk, tips menurunkan berat badan dalam 14hari.. terimakasih ;)

      http://detoxyourbody-synergy.blogspot.co.id/2015/09/jadi-ini-cara-menurunkan-berat-badan.html

      Delete
  18. Sip markosip...tfs ya mak ges...:D

    ReplyDelete
    Replies

    1. Mampir kke blog saya juga yuk, tips menurunkan berat badan dalam 14hari.. terimakasih ;)

      http://detoxyourbody-synergy.blogspot.co.id/2015/09/jadi-ini-cara-menurunkan-berat-badan.html

      Delete
  19. wah sayang saya sdh merencanakan utk stop nambah anak hehe.... tapi dulu pengalaman hamil yg anak kedua saya naik sepeda lho setiap hari mulai dari minggu pertama sampai usia kehamilan 7 bulan :D

    ReplyDelete
    Replies

    1. Mampir kke blog saya juga yuk, tips menurunkan berat badan dalam 14hari.. terimakasih ;)

      http://detoxyourbody-synergy.blogspot.co.id/2015/09/jadi-ini-cara-menurunkan-berat-badan.html

      Delete
  20. NGlirik high heel penambah pede, hahhaha *golongan semampai alias semeter tak sampai :P

    ReplyDelete
    Replies

    1. Mampir kke blog saya juga yuk, tips menurunkan berat badan dalam 14hari.. terimakasih ;)

      http://detoxyourbody-synergy.blogspot.co.id/2015/09/jadi-ini-cara-menurunkan-berat-badan.html

      Delete
  21. Sejak hamil Marwah sampai skr saya stop memakai heels mak, hihihi jadi skr kl pengen pake lagi kok ya jadi kaku

    ReplyDelete
  22. aku gak pernag ngelakuin mandi pakai air hangat waktu hamil, kemana aja ya aku :)

    ReplyDelete
    Replies

    1. Mampir kke blog saya juga yuk, tips menurunkan berat badan dalam 14hari.. terimakasih ;)

      http://detoxyourbody-synergy.blogspot.co.id/2015/09/jadi-ini-cara-menurunkan-berat-badan.html

      Delete
  23. Flat shoesnya lucu-lucu banget, Mbak.. :D

    ReplyDelete
  24. Flat shoesnya... wakai... wakai... e...e... *ala shakira*

    ReplyDelete
  25. Tulisannya bagus kak...
    mampir kke blog saya juga ya, tips menurunkan berat badan dalam 14hari.. terimakasih ;)

    http://detoxyourbody-synergy.blogspot.co.id/2015/09/jadi-ini-cara-menurunkan-berat-badan.html

    ReplyDelete
  26. wah makasih tips-tips kehamilannya, kesehatan dan kecantikan saat hamil tetap harus dijaga berimbang hehe :)

    ReplyDelete
  27. waduuh telat aku bacanya pas udah lairan, hikss nyesel ga pake VCO pas hamil kmrn jadi meninggalkan jejak deh di perut.

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...