Friday, December 5, 2014

[REVIEW] Buku Pintar ASI dan Menyusui

Calon ibu baru mana yang nggak pengen bisa memberikan ASI untuk buah hatinya? Saya rasa semua ibu pasti punya keinginan untuk bisa memberikan nutrisi paling alami untuk bayinya, yaitu ASI. Namun, sebagai calon ibu, kita pasti bingung dengan tetek-bengek seputar ASI. Banyak pertanyaan yang akan timbul seperti yang paling umum misalnya: bagaimana nanti posisi meng-ASI, seberapa sering harus memberi ASI, memang apa saja kandungan ASI sehingga bayi membutuhkannya, dan ini nih.. bagaimana supaya ASI bisa lancar mengucur?

Sumber

Itu yang dulu saya rasakan.. bingung. Ingin sukses memberi ASI, tapi nggak tau harus belajar dari mana. Beberapa kali menyelipkan pertanyaan seputar ASI pada dokter spesialis kandungan langganan, rasanya kurang puas. Maklum, jam konsultasi kan terbatas. Mau belajar dari mama sendiri, ternyata dulu saya nggak minum ASI karena mama saya bekerja (dulu belum populer ASI perah ya kayaknya). Sebagai calon ibu baru yang masih muda, jelas pengalaman saya enol. Harusnya sih saya bisa bergabung dengan komunitas-komunitas parenting ya. Tapi dulu saya belum update banget, nggak tau harus bergabung ke mana. Akhirnya saya belajar dari Eyang Google. Berbagai artikel mengenai ASI saya simpan lalu saya cetak sendiri. Kurang asyik sih (buat saya pribadi). Akhirnya saya menemukan buku tentang ASI. Buku tersebut 'hanya' menceritakan pengalaman-pengalaman seputar ASI yang dialami oleh ibu baru. Namun, namanya juga buku kisah pengalaman ya. Jadi, informasi yang saya dapatkan ya sharing saja. Nggak ada penjelasan-penjelasan sahih tentang ASI yang sebetulnya saya butuhkan saat itu karena memang itu bukan buku yang evidence-based.

Akhirnya dulu saya memanggil konselor laktasi untuk berkunjung ke rumah saya. Tapi, gimana dengan para ibu menyusui yang tinggal di daerah yang mungkin belum punya konselor laktasi dan sinyal sering jongkok sehingga kesulitan bertemu Eyang Google?

The good news is... telah hadir buku yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kita tentang ASI:

Buku Pintar ASI & Menyusui

Tebal: 288 halaman
Dimensi: 19x24 cm
Berat: 400 gram
Harga: IDR 77.000
Pengarang: F.B Monika


Saya rasa nggak berlebihan jika buku ini diberi judul Buku Pintar ASI & Menyusui, melihat dari kapasitas Mbak Monik (sang pengarang). Betapa tidak? Mbak Monik adalah konselor menyusui dan La Leche League (LLL) International Leader. Bahkan, Mbak Monik adalah orang pertama dari Indonesia yang mendapatkan akreditasi LLL di New York. Selain itu, Mbak Monik juga kerap berbagi edukasi seputar menyusui dan kesehatan anak melalui konseling, seminar, milis sehat, GESAMUN (Gerakan Sadar Imunisasi), Komunitas Super Premature, Gerakan Pranikah[dot]org, Komunitas Rumah Ramah Rubella, serta portal parenting The Urban Mama. Jadi, buku ini memang terbilang lengkap dan bisa memberikan insight mendalam seputar ASI dan menyusui.

Buku ini pun cukup lengkap. Ada banyak bab yang memang menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar seputar ASI, baik yang sebelumnya sudah terpikirkan ataupun yang belum. Dalam buku ini, kita bisa belajar:
  1. Manfaat ASI dan menyusui untuk bayi dan ibu. Dulu saya kira ASI hanya memberikan manfaat untuk bayi, ternyata si ibu juga mendapat manfaat loh. *ke mana aja, Mami Ubii?*
  2. Karakteristik ASI. Mulai dari kolostrum, ASI transisi, dan ASI matang. Apa itu kolostrum? Dulu saya nggak tau sama sekali. Sekarang para calon ibu bisa belajar di sini. Ada juga penjelasan mengapa kandungan ASI nggak bisa disamai oleh kandungan susu formula. Melengkapi bab ini, ada juga penjelasan tentang perubahan kandungan ASI mulai dari foremilk dan hindmilk. Apa itu foremilk dan hindmilk? Nggak seru kalau saya jawab. Temukan di bab ini yah. *wink*
  3. Anatomi payudara. Di sini kita akan belajar tentang hormon-hormon yang berperan dalam produksi dan pengeluaran ASI. Untuk calon ibu dengan payudara kecil, nah baca deh bab ini karena di sini akan diberikan penjelasan bahwa ukuran payudara NGGAK menentukan banyaknya produksi ASI. Bab ini dilengkapi dengan tips merawat payudara saat hamil dan menyusui yang aplikatif. Oh, iya, tentu saja payudara perlu dirawat dong ah.
  4. Apa itu IMD (Inisiasi Menyusu Dini) dan feeding cues? Pantengin bab ini. Kegalauan mengapa bayi menolak menyusu juga akan terjawab di sini. Ini kegalauan saya banget dulu. *sekilas info*
  5. Menurut saya, ini bab yang paling menarik. Karena kita akan menemukan A-Z seputar manajemen laktasi. Bagaimana persiapan menyusui? Bagaimana pelekatan menyusui? Apa saja teknik-teknik menyusui? Pijat payudara itu yang kayak apa sih? Bab ini menjawabnya dengan tuntas. Nggak ketinggalan, ada juga grow chart (kurva pertumbuhan) loh. Galau dan bingung karena harus menyusui saat sedang sakit, sedang hamil, dan tandem (karena punya bayi kembar)? Bab ini juga akan mengulasnya.
  6. Hal yang paling alamiah bagi seorang ibu, yaitu menyusui pun juga bisa membawa tantangan tersendiri. Tantangan-tantangan itu bisa berupa nyeri puting, payudara bengkak, mastitis, infeksi jamur, oversupply ASI (produksi ASI berlebih), bingung puting, nursing strike, bayi hanya hobi menyusu di salah satu payudara, puting datar atau terbenam, tongue tie, jaundice (bayi kuning), baby blues (saya banget ini hihihi), dan post-partum depression. Cukup berliku ya tantangannya? Tantangan seperti ini, jika kita belum well-prepared, sangat berpotensi menyebabkan stres. Itu yang saya alami dulu di awal menyusui Ubii. Masih baby blues, eh saya mengalami nyeri puting sampai terkelopek-kelopek dan Ubii mengalami nursing strike pula. Alhasil, baby blues syndrome saya makin menjadi. Alhasil (lagi) saya jadi suka salah-salahin Papi Ubii *cium tangan Papi Ubii*. That's why, sebetulnya penting sekali membekali diri kita untuk siap menghadpi tantangan-tantangan ini.
  7. Ini penting untuk para working mothers especially: Serba-serbi manajemen ASIP (ASI Perah). Termasuk dalam bab ini adalah mengapa sih kita perlu memerah ASI, bagaimana tampilan, warna, kuantitas, dan bau dari ASIP. Yang aplikatif tentu saja adanya teknik memerah dengan tangan dan breastpump. Melengkapi bab ini, kita juga akan menemukan tips menyimpan, menghangatkan, membawa, dan memberikan ASIP. Ssst, ada yang penting nih: tips menyelamatkan ASIP saat listrik padam. Ini beneran kejadian pada saya. Santai kayak di pantai, sama sekali nggak terpikir kemungkinan listrik byar-pet. Betulan, suatu hari listri mati setengah hari lebih. Good bye my ASIP. *bercucur air mata* *saat itu* *bukan HOAX* ASI donor juga akan dijelaskan di sini, mommies.
  8. Di bab ini kita bakal temukan nutrisi untuk ibu menyusui. Kebutuhan kalori dan nutrisi untuk ibu menyusui, susu-vitamin-mineral untuk ibu menyusui, booster ASI (Yes, produksi ASI bisa di-boost) serta pedoman gizi seimbang terbaru. Kadang ibu baru suka bertanya-tanya, "Kalau aku makan ini, ASIku gimana ya rasanya?" Atau buat ibu penggemar kopi kayak saya, "Nggak apa-apa nggak ya aku konsumsi kafein saat menyusui?" Temukan jawabannya di bab ini yah. *biar penasaran*
  9. The last but not least, dukungan terhadap ASI dan menyusui. Berbagai macam dukungan yang bisa kita temukan di sini adalah dari ayah ASI, dari ibu untuk ibu (mother to mother support), Undang-Undang dan Peraturan tentang menyusui di Indonesia, serta dukungan organisasi international (WHO dan UNICEF).
Komplit banget, ya? Untuk menambah keyakinan para mommies tentang buku ini, yuk kita lihat testimonial yang diberikan oleh beberapa orang hebat:

  • Mona Ratuliu (Artis, Pemerhati Kesehatan Anak & Parenting) - Saya pernah mengalami keresahan dalam menyusui. Salah satunya sobeknya puting pada awal menyusui. Semua orang bilang dibiarkan saja, nanti sembuh sendiri. Sebulan saya biarkan sampai akhirnya infeksi. Seandainya saya tahu kalau itu hanya masalah perlekatan yang kurang sempurna. Tapi Ibu yang punya buku ini sebelum bayinya lahir pasti akan memiliki pengalaman menyusui yang indah, semua pertanyaan dan keresahan ibu terjawab sempurna.
  • dr. Utami Roesli, Sp.A, MBA, FABM, IBCLC (Pakar Laktasi Indonesia) - Alhamdulillah telah bertambah lagi buku tentang ASI yang lengkap yang ditulis oleh Fatimah Berliana Monika, S.T.,M.M, seorang La Leche League International Leader pertama di Indonesia.
  • Ninik Sukotjo (UNICEF Indonesia) - Buku ini menjadi bacaan wajib bagi orangtua, khususnya para ibu, yang ingin memberikan hal terbaik pada 1000 hari pertama kehidupan seorang anak untuk tumbuh kembang yang optimum.
  • dr. Arifianto, Sp.A (Penulis "Orangtua Cermat, Anak Sehat" dan "Pro-Kontra Imunisasi") - Buku ini sangat kuat landasan ilmiahnya. Seluruh isinya didasari oleh referensi ilmiah terpercaya yang mayoritas berbasis bukti (evidence-based).
Nah, jadi tunggu apa lagi? Segera serbu dan mari kita belajar bersama Mbak Monik lewat buku ini. Menurut saya, buku ini nggak hanya cocok untuk para calon ibu, konselor laktasi, dan tenaga medis, melainkan juga calon ayah. ASI bukan hanya tanggungjawab para ibu saja. Ayah ASI yang siaga dan suportif adalah bentuk dukungan nyata dalam ikhtiar memberikan kebaikan untuk anak. Suami sayang istri dan calon anak, mana suaranya??? Sebentar lagi kan Hari Ibu yah. Rasanya Buku Pintar ASI dan Menyusui ini cocok banget dijadikan kado untuk istri, sahabat, keluarga, rekan kerja, dan tentu saja... diri kita sendiri yang sedang menanti kedatangan sang buah hati. Apalagi Mbak Monik membuka kesempatan pre-order sampai tanggal 10 Desember nih. Berikut info nya:


Saya sedang nggak hamil, tapi tetap ikutan pre-order ah. Siap-siap sejak sekarang siapa tahu kelak diberi kepercayaan lagi sehingga Ubii punya adik. *sedia payung sebelum hujan, gituuhh* Anyway, jika mommies melewatkan pre-order nya, no worries yah. Buku Pintar ASI dan Menyusui ini dijadwalkan mejeng cantik di toko-toko buku kesayangan kita pada akhir Desember. Diawali dengan Jabodetabek dulu pastinya. Kota-kota lain menyusul secara bertahap.

Adakah orang terkasih yang sedang menunggu kelahiran buah cinta? Yuk, towel mereka dan kasih tau keberadaan Buku Pintar ASI dan Menyusui ini yah. Biasanya ada list barang-barang kebutuhan bayi yang perlu disiapkan. Ada baju, celana panjang, popok kain, selendang, dan rentetan benda lainnya. Pastikan buku ini masuk ke dalam list kalian ya, mommies. Seperti kata Mbak Mona Ratuliu, "Ibu yang punya buku ini sebelum bayinya lahir pasti akan memiliki pengalaman menyusui yang indah." Amin. :)))

Untuk Mbak Monik, congratulations atas bukunya. Diiringi niat baik Mbak Monik untuk berbagi edukasi, semoga buku ini mendatangkan banyak berkah untuk para keluarga, konselor, dan tenaga kesehatan. Semua deh pokoknya. Kudos! :)


PS: Mbak Monik bisa disapa melalui akun Facebook dan Twitter nya.

Selamat menikmati pengalaman indah dalam mengASI yaaa... :)))


Love,




10 comments:

  1. Waah aku belom punya loh buku yang mengupas tuntas tentang asi. Tp kalo buku seputar kehamilan dan menyusui atau hamil sehat gitu aku punya beberapa. Lg merencanakan kehamilam nih, nanti aku mau beliii

    ReplyDelete
  2. nice book..merangkum semua materi yg berseliweran di grup menyusui..

    ReplyDelete
  3. Buku ini dijadikan kado buat ibu2 muda yg baru melahirkan kayaknya cocok ya.

    Nanti aku mau beli ah..buat belajar..hihi

    ReplyDelete
  4. Kereeeen! Jadi aku nggak prlu nge-print2 lagi buat temen2. Hahaha. Eh belom sampe nge-print sih, cuma disimpenin file2nya trus kirim via email. :D

    ReplyDelete
  5. wuiih lengkap kap..iki mak.. kalo aku sih belum puya baby lagi, Zidan jg udah 11thn.. tapi kalo dapet rejeki punya baby lagi aku udh punya "senjata" ini skrg hehehe..
    ijin share ya mak.. oya tengkyu udah bikin postingan bermanfaat ini bisa ku share ke temen2ku.. loph mak ges :*

    ReplyDelete
  6. Makin ke sini buku-buku buat bumil-calon busui dan calon mama makin lengkap aja. Apalagi penulisnya seorang praktisi laktasi. So, nggak ada alasan lagi bilang "nggak tahu", "belum tahu", "nggak ngerti". Kalau ketiganya terucap, weleh, berarti nggak mau baca.

    Saya menyambut baik terbitnya Buku Pintar ASI & Menyusui. Kenapa? Meski masih nggak jelas kapan nikah dan punya anak, sepanjang ada kedua rencana tersebut dalam hidup saya, saya merasa perlu untuk melahap buku parenting sedini mungkin. Orang bilang memang lebih enak praktik langsung ya. Istilahnya langsung terjun ke medan laga. Tapi, kalau dilakukan, wah, bisa "mati konyol". Makanya, as picky reader, buku-buku yang ditulis oleh para ahli dan praktisi di bidang kesehatan dan parenting selalu saya pilih untuk dijadikan amunisi perang nanti. Informasi lengkap, data pun cenderung akurat. Nggak serba "katanya".

    Pertanyaannya sekarang, Mbak Monik kapan ngadain book talkshow?

    ReplyDelete
  7. Mantep juga nih, tulisannya panjang benerrrr..... keren mbak. :)

    ReplyDelete
  8. Wah makasih panduannya :D lengkap banget

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...