Wednesday, August 19, 2020

#MainSamaAiden: Siklus Hidup + Printable


Beberapa waktu lalu saya #MainSamaAiden dengan tema life cycle atau siklus hidup. Ada beberapa mainan / tools yang menurut saya recommended kalau sedang mau fun learning dengan tema ini. Gemes-gemes amat ya mainan jaman sekarang tuuuhh.

Saya bikin printable nya juga nih kalau ada yang mau pakai. Free, as usual.

1) Life cycle figurines + tray + cards

Aduh yang ini super duper luv. Ada yang tau nggak figurin life cycle keluaran Safari Ltd? Nah yang punya saya ini bisa dibilang versi lebih murahnya heheh. Safari Ltd sekitar 150 ribu (or sometimes up). Yang punya saya ini di 75 ribuan. Irit separuhnya kan lumayan banget yaaa. 

Dari segi detail, udah sangat oke sih menurut saya.


I personally love this. Dapet wawasan dan maknanya. Belajar metamorfosa binatang dengan kartu life cycle dan kartu per fase (gambar nya real, bukan kartun), juga dengan figurin. Bisa memegang dan meraba figurin yang details nya dapet banget dan cukup presisi. Dapet juga letter recognition dari kartu, mengenali apa saja huruf dalam tiap kata.

Aiden terhibur tiap bagian fase Pupa. Buat dia, pupa itu sounds funny. Diulang aja terus disebut berkali-kali lalu ketawa sendiri.

Deeper meaning for me, belajar melihat bahwa semua hal butuh proses. Tidak ada yang ujug-ujug jadi. So, trust the process, it's just like healing.


2) Movable alphabets

Kombinasi dengan kartu & figurin life cycle dengan movable alphabets. Main susun kartu sesuai order, cari figurin nya, lalu cari alphabet nya untuk membentuk kata di tiap fase hidup. Main nya kubuat game kompetisi, cepet-cepetan menemukan huruf balapan sama saya. Alphabet nya saya taroh di ujung ruangan (ga berdekatan dengan meja). Jadi ada lari-lari kecilnya dikit untuk physical exercise. Playful stimulation mengenali huruf, memori, mencari huruf, menyusun huruf, sportif menerima kemenangan dan kekalahan, gross motor.

Movable alphabets udah punya sejak lama banget, seawet itu, dan seterpakai itu beneran longlast karena bisa dimasukkan dalam aneka tema dan kegiatan.

When it comes to fun learning, satu tema bisa dieksplor dan dikembangkan menjadi beberapa kegiatan. Awalnya mengurutkan kartu life cycle, menyusun figurin life cycle di tray, dan mencari huruf sambil ala-ala lomba cepet-cepetan, selanjutnya Aiden menggambar life cycle.

Sambil mengamati figurin, kemudian dia coba tiru bentuknya dengan gambar pakai pensil di buku gambar.


3) Sensory kit butterfly life cycle

Isinya 1 homemade playdough 150 gr, 1 kupu, 1 ulat, manik untuk jadi telur, silk cocoon, bunga plastik, biji pinus, kartu life cycle kupu-kupu.

Kali kedua #MainSamaAiden dengan sensory kit @sheepies_land. Seperti sebelumnya, we love the playdough. Pas teksturnya. Ga selembek Playdoh, ga sekeras plastisin. Main mengenal metamorfosa kupu-kupu, disusun di dough sambil lihat kartu gambar nya. Abis itu lanjut nonton video kupu-kupu.

Aiden masih mau lanjut, ternyata dia bikin cap di dough. Mengamati items mana yang gampang ngecap, seperti apa bentuk capnya, guratannya, seberapa kuat perlu tekan, dan items mana yang kurang keliatan saat dicapin ke dough. Taktil dan penciuman dapet, karena ada aroma di dough.


5) Life cycle suitcase box

Nggak hanya ada tentang life cycle animals, tapi juga manusia dan tanaman. Ada kartu gambar life cycle, life cycle pieces, puzzle 4 keping, dan spidol. Cakep bahkan dari package nya aja cakep. 

Oh ya btw ini modelnya magnetic gitu yaaa. Pinggiran halus, nggak ada sudut tajam.

Main ini bisa jadi lama karena isinya banyak.


6) Hen life cycle puzzle

Multilayer puzzle. Buat Aiden sudah terlalu easy untuk selesaikan puzzle ini sebenernya, tapi gapapa, untuk review dan appreciate apa yang sudah bisa.

I add more challenge, bikin puzzle tutup mata. Jadi seperti main game dan seru!


Ternyata kalau sambil tutup mata jadi nggak semudah itu buat Aiden, lol.

---------

FREE PRINTABLE:


DOWNLOAD



Love,


No comments:

Post a Comment

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^