Wednesday, July 22, 2020

Remote Learning Week 1 + Printable


Hola gengs, apa kabar? Blog udah lumutan banget, eym, astaga ckck. In case you're wondering, I am fine and doing well. Udah mulai school from home lagi si Aiden per 13 Juli kemarin. Jadi rutinitas saya sekarang nemenin home learning, bikin konten Instagram (tetepp), dan jualan dikit-dikit di @toko.gesi (udah follow toko online saya belum nih ehe).


Tahun ini Aiden naik ke TK A. Saya memutuskan untuk tetap bersekolah, nggak cuti.

Alasannya, butuh rutinitas lol. Aiden juga enjoy learning sama sekolah. Dan saya bersyukur sekali sekolah Aiden tuh support dan dedikasinya untuk remote learning ini optimal banget!

Murid udah disediain semua materials yang dibutuhkan untuk 2 minggu. Ini termasuk worksheet, craft material yang berisi aneka kertas, manik-manik, etc gitu, flash cards angka dan huruf, macem-macem. Semua itu dipack dalam 1 goodiebag lalu di tanggal yang ditentukan ditaroh semua di sekolah. Orangtua tinggal pick up, atau bisa pakai gosend juga. Praktis banget, terharu.

Setiap hari sekolah (Senin-Jumat) ada sesi online bersama di Zoom, dibagi dalam 2 sesi. Pas online ini ya ritualnya kayak biasa di kelas. Diawali doa, teachers jelasin, teachers nanya ke satu per satu murid, closing. Nggak gitu lama, 1 jam kali ya. Abis itu tinggal garap activity aja dan dikumpul di Google Classroom.

Support dan kesiapan sekolah ini rasanya jadi sebuah kemevvahan buat saya. Banyak banget temen yang curhat sambil ngeluh sekolah anaknya kurang prepare atau kurang all out. Hanya kasih lesson plan aja tanpa support material. Jadi orangtua kerepotan cari materi penunjang. Apalagi banyak orangtua yang udah mulai kerja seperti biasa lagi begini.

Nggak sedikit juga temen saya yang akhirnya decide untuk cuti dulu. Biasanya yang anaknya masuh usia dini jenjang KB dan TK, karena merasa sayang bayar uang sekolah dengan fasilitas home learning yang minim. Understandable banget sih.

Another following challenge is, abis anak cuti sekolah, orangtua ngerasa bingung anaknya dikasih kegiatan fun learning apa. Bikin kurikulum belajar sendiri kok ya puyeng. Tapi cuman full main-main kok ya gimana. Understandable juga kegalauannya, hugs.

That being said, buat temen-temen yang ngerasain hal serupa, ini saya share lesson plan belajar Aiden dari sekolahnya ya. Aiden sekarang TK A, jadi level aktivitas ya buat anak TK A. So, yang anaknya lebih muda (KB) atau lebih gedean (TK B), silakan modifikasi sendiri kalau dirasa perlu ya. At least lesson plan nya bisa buat acuan aja.

Sekedar info, sekolah Aiden menggunakan kurikulum IEYC (International Early Years Curriculum). Dalam IEYC, sistem pembelajaran nya holistik dan play-based. Memakai tema-tema (tematik) disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak. Memperhatikan pembentukan karakter anak dan perkembangan global sehingga memakai bahasa internasional. Penjelasan lebih lengkap, silakan googling ya. Dan term awal ini temanya adalah This Is Me! / Inilah Aku!

Please baca lesson plan selengkapnya di Instagram post saya supaya terinfo tentang kegiatan explore dan express, dan tujuan dari tiap kegiatan ya.


Aiden dikasih worksheet pendukung dari sekolah. Gampang dibikin. Jadi saya bikin sekalian nih, gengs. Silakan didownload dan dipakai kalau mau yah. Saya bikin dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, ada dalam 1 file.


(All activities/learning ideas credits belong to teacher team in Kinderstation Jogja. Yang saya bikin sendiri hanya printable worksheet nya saja dengan mencontoh worksheet yang disediakan sekolah).

Ini sekarang masih jalan Week 2 sampai Jumat besok. Kalau udah kelar, nanti saya share lagi untuk lesson plan Week 2 yah.

Stay strong and hang in there, gengs. Situasi ini emang nggak ngenakin, tapi niscaya akan ada resource atau bantuan yang bisa kita pakai untuk meringankan kalau kita berusaha mencari.

Semangat!




Love,




2 comments:

  1. Thank you mbak gesi..
    Semoga aiden dan ubii selalu semangat belajar di masa pandemi :)

    ReplyDelete

Thank you for giving your comments. Means A LOT to me. If you ask me a question in this comment section, but need answer ASAP, please poke me on my Instagram @grace.melia ^^