Wednesday, November 30, 2016

Bawa Bayi Ke Mall: Yay Or Nay?


#GesiWindiTalk: Bawa Bayi Ke Mall, Yay Or Nay? Kebutuhan orangtua zaman dulu dan zaman sekarang kayaknya rada beda yah. Zaman dulu, kayaknya asal sandang, pangan, dan papan terpenuhi, it's more than enough then. Meanwhile, selain sandang, pangan, dan papan, orangtua generasi milenial juga butuh jalan-jalan... dan buka akun gosip *teuteup*


Saya termasuk tipe ibu milenial yang butuh jalan-jalan. But I'm sure that I'm NOT alone. Buktinya sering kok ketemu ibu-ibu lain yang sedang bawa bayinya jalan-jalan. Ke mana? Ke mall. Menurut kalian, membawa bayi ke mall atau ke restoran itu yay or nay sih?

Tuesday, November 29, 2016

Aiden Kena Mata Ikan Alias Kutil


Mata Ikan pada Bayi. Kira-kira saat Aiden berusia 10 bulan, ada sebuah benjolan di jempol tangan kirinya. Benjolan nya kecil awalnya, tapi di dalam kok seperti ada airnya. Saya kira itu digigit serangga sehingga saya cuman kasih lotion gatal aja.


Lama-lama benjolan itu makin besar. Masih tetap kelihatan ada cairan di dalamnya. Tapi aktivitas Aiden sama sekali nggak terganggu. Saat itu saya sudah membatin, "Walah, ternyata mata ikan nih bukan digigit serangga doank."

Monday, November 28, 2016

Mengenalkan Warna pada Aiden


Mengenalkan Warna pada Anak. Selama ini saya mengajarkan hal-hal ke Si Tahu Bulat 500an Digoreng Dadakan yang levelnya masih cemen-cemen aja. Paling apa yah, mengenal anggota tubuh, lagu, dan warna. Eh sama basic chores juga deng sedikit. Ngajarin lagu ya saya sambil nyanyi tepuk tangan. Anggota tubuh dan warna biasanya saya sebutkan saat/sambil memegang objek yang sesuai.


Kemudian untuk mengenalkan warna, saya kepengin cobain kegiatan lain yang nggak cuman menyebutkan warna aja. Pengin coba kegiatan yang Aiden bisa lebih involved. Sekalian coba-cobi introduce perbedaan warna. 

Friday, November 25, 2016

Diari Papi Ubii #9: Honey, I'm Gonna Blow Off Some Steam Tonight

Udah hampir sebulan Adit nggak setor tulisannya ke saya. Katanya capek. Terakhir ada Diari Papi Ubii di blog ini tuh 28 Oktober 2016. Minggu lalu Adit bilang mau berhenti nulis Diari Papi Ubii. Saya ngambeg berat. Syukurlah dia cuman ngisengin saya makanya boong kayak gitu. HIH!


Beberapa kali ada yang nanya ke saya, "Kalo Mami me-time gitu, Adit bolehin ya? Gimana ngomongnya?" Yes, Adit emang selalu bolehin. Kali ini Diari Papi Ubii bakal bahas alasan-alasan kenapa Adit bolehin saya me time dan apa syarat yang dikasih Adit ke saya sebelum ngizinin. Cus!

Thursday, November 24, 2016

Obsgyn Saat Hamil Aiden dan Tips Kehamilan Sehat dari Obsgyn

[Sponsored Post]

Obsgyn Saat Hamil Aiden dan Tips Kehamilan Sehat dari Obsgyn. Loyal readers saya di blog ini pasti tahu gimana galaunya saya ketika hamil Aiden dulu. Buat yang belum tahu, dulu saya galau Aiden akan lahir dengan gangguan kesehatan dan special needs seperti kakaknya, Ubii, yang lahir dengan komplikasi karena saya terinfeksi virus Rubella selama hamil. Demi menepis kegalauan, saya mencari obsgyn subspesialis Fetomaternal. Beberapa tips yang mereka berikan salah satunya adalah konsumsi zat besi yang cukup.


Ternyata banyak yang kepengin tahu saya ke obsgyn mana dan saya ngapain aja sehingga kehamilan kedua saya baik-baik sampai Aiden lahir sehat dan normal. Puji syukur sekarang sudah 14 bulan. 

Wednesday, November 23, 2016

[FREEBIES] Checklist Daftar Perlengkapan Bayi Saat Liburan

Saya tuh tipe ibu yang pengin bawa barang segambreng saat liburan sama anak-anak. Terutama kalau piknik yang outdoor kayak ke bonbin atau yang sampai menginap. Kalau ke mall doank sih, bawaan saya alakadar aja yang penting popok, susu, dan tissue basah juga udah tenang. 


Membawa barang lengkap segambreng bikin saya ayem. Biasanya saat packing, saya butuh checklist. Kalau nggak gitu, pasti ada yang kelupaan masuk tas. Saya jembreng yah checklist things to bring versi saya. 

Tuesday, November 22, 2016

Internet for Kids: Yay or Nay?


Peran Orangtua dalam Penggunaan Internet. Saya akrab banget sama gadget dan internet. Pekerjaan dan komunitas sosial saya dijalankan dengan bantuan internet. Jadi di rumah, saat waktunya kerja, ya saya pegang gadget. Ternyata kebiasaan itu mulai dihapalkan dan ditirukan oleh Aiden. Dia suka miming gerakan tangan saya saat scrolling di gadget.


Saya sempat berpikir untuk mengenalkan internet pada Aiden. Tentunya untuk hal sederhana yang sifatnya entertaining aja seperti nonton video kartun dan visit website interaktif. Tapi, sebenernya, apakah Aiden yang berumur 14 bulan sudah layak dikenalkan sama internet?

Monday, November 21, 2016

5 Questions for Parents Part. 3


5 Questions for Parents Part. 3. Menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk orangtua itu mengasyikkan banget, buat saya. Ya seru aja gitu. Sambil sekalian evaluasi diri sendiri, "Am I on the right track?" Jalur yang benar menurut versi kita masing-masing tentu saja. 


Di part 3 ini, saya menjawab 5 pertanyaan untuk orangtua nya nggak bareng Windi lagi, melainkan bareng Adit. Biasanya saya SMSin pertanyaan-pertanyaan ke Adit. Kali ini baca pertanyaan bareng dan jawab spontan bareng. Ternyata banyakan ngaconya daripada seriusnya. Errrrr.

Saturday, November 19, 2016

Silly Convo #5: Ibu Asyique


Silly Convo #5: Ibu Asyique. Another silly convo of mine with Adit, my husband. Ama dia terus yak perasaan. HAHAHA. Biar. Nggak kerasa udah sampai edisi #5 - Ya ampun baru 5 kali doank aja udah merasa bahagia coba. Saya emang gampang bahagia sih orangnya. Biar (2).


Yang namanya silly convo itu sudah pasti nggak penting dan nggak berbobot. Tapi pengin aja diceritain di sini. Biar (3). 

Friday, November 18, 2016

Simple Eye-Hand Coordination Exercise for Aiden

Latihan Koordinasi Mata dan Tangan untuk Balita. Aiden Cimol Tahu sekarang sudah 14 bulan. Dia sudah mulai paham instruksi sederhana. Coordination skill nya juga mulai berkembang. Dia lagi suka masuk-masukkin sesuatu ke dalam wadah. Biasanya, ukuran wadah jauh lebih besar daripada ukuran objek yang dimasukkin. Dan objeknya pun biasanya cukup besar sehingga gampang dia genggam. Misalnya masukkin botol sampo ke bucket KFC bekas yang kami fungsikan untuk tempat alat mandi.


So I wanna take it to the next level. Memperkecil objek untuk dimasukkan dan memperkecil wadah supaya Aiden lebih berusaha. Pengen tahu, Aiden automatically mau masukkin objek ke wadah nggak dan sejauh apa usahanya.

Wednesday, November 16, 2016

#GesiWindiTalk: Happy Father's Day 2016, Aditya Suryaputra

GesiWindiTalk Happy Father's Day. Yes this is so so late. We celebrated Hari Ayah sudah minggu lalu. But better late than never. Oke ini alasan yang dibuat-buat. HAHAHAHA. I want to dedicate one post special for the father of my kids, Aditya Suryaputra, yang telah menyolong spotlight saya di blog ini sehingga orang-orang lebih nungguin Diari Papi Ubii daripada tulisan saya.

BHAY!


But yawis lah, traffic nya kan saya yang menikmati juga. HUAHAHAHAHAHA. 

Tuesday, November 15, 2016

Endorsing Kids


Endorsing Kids. Demi apa, saya salut sama mama-mama di IG yang nerima endorse produk untuk balita dan hasilnya anak-anak kicik mereka bisa terlihat sangat kooperatif di foto. Karena nyatanya buat saya, wuih perjuangan banget, Jendral! Demi satu foto doank butuh entah berapa kali jepret dan butiran peluh yang tercucur.


Makanya, angkat jempol banget buat mama-mama IG yang bisa menghadirkan foto balita mereka yang tampak punya ikatan batin dengan produk yang mereka pakai. Kalau jempol saya nggak cukup, saya pinjem jempol-jempol balajaer buat bantuin deh.

Let's Dance, Kiddos!


[Sponsored Post]

Manfaat menari untuk anak. Satu kegiatan yang saya suka lakukan bersama Aiden adalah joget-joget. Biasanya kami menari dengan iringan lagu L.O.V.E HI5 atau dengan lagu yang saya nyanyikan sendiri. Yang joget sih saya lebih tepatnya. Aiden masih hanya tepuk tangan, geleng kepala, atau menggoyangkan badan sembarangan aja.


It's so much fun! Kadang saya videokan juga, lalu saya kirim ke Adit by WhatsApp supaya Adit makin semangat kerja. Dan makin semangat pulang ke Jogja pastinya. Bahahaha. Aiden juga ternyata sudah mulai paham kalau saya ngerekam. Dia malah mendekat ke smartphone dan berkata, "Baaaa" - maksudnya mau cilukba.

Saturday, November 12, 2016

Silly Convo #4: Stop Lambeturah


Silly Convo #4: Stop Lambeturah. Kali ini silly convo saya sama Adit lagi. You read it right, Adit suruh saya ngurangin nongkrong di lapak lambeturah dan lapak-lapak serupa. Stop sekalian kalau perlu. For me, this is huge. Baru kali ini Adit ngerusuhin apa yang saya suka. Sebelum ini, saya mau ngapain aja, Adit selalu bolehin dan nggak komen macam-macam.


Since it's the very first moment Adit rese, so for me it's worth documenting. LOL.

Thursday, November 10, 2016

#GesiWindiTalk: Kenapa Saya Takut Sama Peristiwa 4 November 2016

Kenapa saya takut sama peristiwa 4 November 2016. Dunia tahu apa yang terjadi di Indonesia pada 4 November 2016 kemarin. Kalian dan saya tahu itu betulan terjadi, bukan fatamorgana unyu-unyu belaka. Saya nggak kepengin komentar tentang 411 nya. Nggak sama sekali.


Saya cuman pengin nulis tentang kenapa saya (dan mungkin para cina lainnya) takut / galau / parno dengan adanya 411 kemarin, yang mungkin buat kalian terdengar lebay atau berlebihan. Jelas ya frame nya.

YHA.

Wednesday, November 9, 2016

Toy Review #1: ELC Lights and Sounds Buggy Driver

Toy Review: ELC Lights and Sounds Buggy Driver. Belakangan ini, kira-kira udah satu bulanan, Ubii suka rewel di dalam mobil. Apalagi kalau perginya agak jauh atau pas berhenti cukup lama di lampu merah. Dijamin, perjalanan ke Barat mencari kitab suci jadi terganggu. 


Aiden mah sami mawon. Dia nggak mau duduk di carseat. Iya carseat di mobil saya memang cuman sebiji. Biasanya Ubii yang duduk di singgasana carseat meanwhile Aiden dipangku. Tapi, kadang saya dan Adit suka ajak Aiden jalan bertiga doank. Ya saya ngarep Aiden mau anteng di carseat dong. Why? Biar saya dan Adit bisa pegangan tangan di kursi depan. YHA.

Monday, November 7, 2016

Tips Menjaga Traffic Blog Ala Mami Ubii


Tips menjaga traffic blog ala Mami Ubii. Ada beberapa teman yang nanya gimana kok blog saya ramai. Selama ini biasanya saya jawab, "Aduh, gimana ya. Aku juga bingung.." Bukan karena niat hati mau pelit. Tapi sungguh saya bingung gimana jawabnya. Soalnya saya nggak pernah yang dengan sengaja merumuskan tips-tips tertentu untuk kemudian saya praktikkan. Semuanya bener-bener sambil jalan aja. Learning by doing kalau mau sok keminggris nya.


Makanya waktu Mak Ety, emak blogger dari Solo, meminta saya mengisi Arisan Ilmu KEB Solo, aduh saya nggak pede setengah mati lah. Setelah dikomporin sama Mak Indah Juli baru saya berani ngiyain. Walau belum jadi sih karena belom nemu waktu yang pas. **sok iyes, sok sibuque**

Jadi yaudah saya jembreng di sini aja, yes!

Friday, November 4, 2016

Hospital Review: RS JIH Yogyakarta


Rabu, 5 Oktober 2016 lalu saya terserang tifus dan harus rawat inap di RS JIH Yogyakarta. Pengalaman opname di sana menyenangkan buat saya. Judulnya opname tapi rasanya kayak me time (sambil diinfus). So, I wanna make a review about that hospital. Hehehe.


Review restoran dan review hotel sudah pernah. Dan sudah banyak. Jadi yuk ah bikin review rumah sakit di blog Diari Mami Ubii. Siapa tau ada yang butuh infonya. Bukannya ngedoain kalian sakit yang butuh opname loh ya.

Wednesday, November 2, 2016

#GesiWindiTalk: 5 Questions for Parents Part. 2

Di #GesiWindiTalk minggu lalu, saya dan Windi Teguh jawab 5 pertanyaan out of 100 pertanyaan yang kami ambil dari sini, website Ronit Baras, seorang parenting blogger and speaker.

Baca: 5 Questions for Parents Part. 1

Kali ini, kami mau lanjutin jawab 5 pertanyaan lagi, nomor 6 sampai 10.


Saya sengaja nggak nyicil baca 100 pertanyaan nya secara mendalam. Cuman baca sekilas aja. Baca pertanyaan nomor 6-10 ini bener-bener bikin saya mikir deh. Berat juga ternyata punya anak, yah. Hahaha.

So let's start!

Tuesday, November 1, 2016

Tips Menikmati Waktu Bersama Keluarga Ala Mami Ubii

[Sponsored Post]

Tips Menikmati Waktu Bersama Keluarga Ala Mami Ubii. Hal terbesar yang nggak saya sukai dari LDR-an sama Adit adalah family time kami jadi berkurang banget. Ya sih, Adit masih balik tiap akhir pekan. But, still, yang dulunya bisa menikmati waktu bersama tiap hari lalu sekarang cuma 2 hari dalam seminggu tuh rasanya kurang.

Baca: Diari Papi Ubii #4: The Motherf*cker Called Distance


Waktu bersama keluarga rasanya jadi nggak maksimal kalau Adit pulang ke Jogja dengan bawa kerjaan. Atau kadang dia udah nggak bawa kerjaan, tapi saya nya yang ada deadline tulisan. Jadi ya gitu, judulnya sih weekend bersama Papi, tapi nggak all out. 

Padahal kayaknya teori luangkan waktu bersama anak atau prioritaskan anak dulu itu terdengar sangat agreeable yah. But sometimes the reality is the opposite.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...